Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Grafika Komputer - Pengantar1 GRAFIKA KOMPUTER Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Grafika Komputer - Pengantar1 GRAFIKA KOMPUTER Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom."— Transcript presentasi:

1 Grafika Komputer - Pengantar1 GRAFIKA KOMPUTER Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom

2  Grafika komputer : suatu proses pembutan, penyimpanan dan manipulasi model dan citra.  Komponen : masukan, proses dan penyimpanan dan keluaran  Pengguna dapat mengendalikan isi, struktur dan kemunculanobjek serta menampilkan citra melalui suatu komponen dasar visual feedback Grafika Komputer - Pengantar 2

3 3 Grafika Komputer  Merupakan cabang ilmu komputer yang membahas algorithma untuk menampilkan simulasi (benda).  Grafika komputer tidak sama dengan pemrosesan citra (image processing)  Mata kuliah grafika komputer tidak membahas software komersial seperti adobe photoshop, corel draw dan sebagainya.  Mata kuliah grafika komputer juga tidak membahas tentang grafik bisnis, seperti diagram pie, diagram garis dan sebagainya.

4 Grafika Komputer - Pengantar 4 Grafika Komputer  Mencakup area :  Film (spesial effects)  Industri :  CAD  Automated machining  Visualisasi :  data ilmiah  hasil medik (scanning,X-Ray, MRI)  Permainan Komputer  Distribusi Online

5 Grafika Komputer - Pengantar 5 Film (Special effect)

6 Grafika Komputer - Pengantar 6 Film (Animasi)

7 Grafika Komputer - Pengantar 7 Industri / CADCAD

8 Grafika Komputer - Pengantar 8 Visualisasi data ilmiah

9 Grafika Komputer - Pengantar 9 Visualisasi data ilmiah

10 Grafika Komputer - Pengantar 10 Medical

11 Grafika Komputer - Pengantar 11 Permain (Game)

12 Grafika Komputer - Pengantar 12 Grafika Komputer  Tiga tema utama dalam grafika komputer :  Modeling  Bagaimana kita merepresentasikan (= memodelkan) objek 3 Dimensi ?  Bagaimana kita dapat membuat model dari objek-objek tertentu ?  Animation  Bagaimana kita merepresentasikan gerakan sebuah objek  Bagaimana kita dapat memberikan kendali kepada pembuat animasi (animator) dalam pembuatan animasi  Rendering  Bagaimana kita mensimulasikan formasi gambar  Bagaimana kita dapat mensimulasikan cahaya seperti pada dunia nyata?

13 Grafika Komputer - Pengantar 13 Modelling  Representasi objek / lingkungan  shape — geometri dari sebuah objek  appearance — emission, reflection, and transmission of light  Bagaimana kita dapat membuat model-model tesrebut ?  deskripsimanual (misal : menuliskan rumus)  manipulasi secara interaktif  menggunakan prosedur / program  melakukan pemindaian (scanning) dari objek riil

14 Grafika Komputer - Pengantar 14 Modelling

15 Grafika Komputer - Pengantar 15 Animasi  Bagaimana caranya kita menampilkan gerakan objek  posisi, sudut dan sebagainya sebagai fungsi dari waktu  Bagaimana caranya kita mengendailkan gerakan  membuat gerakan menggunakan tangan, mengisi keyframe  simulasi perilaku (membat program yang berfungsi sebagai "otak" dari sebuah objek)  simulasi fisika  menangkap gerakan

16 Grafika Komputer - Pengantar 16 Animasi

17 Grafika Komputer - Pengantar 17 Rendering  Bagaimana caranya kita meniru dunia nyata ?  cahaya yang datang difokuskan oleh lensa  energi cahaya mempengaruhi film  representasi gambar sebagai titik-titik / pixels (x,y)  membutuhkan representasi dari kamera  Bagaimana caranya kita meniru perilaku cahaya?  cahaya dianggap sebagai photon (partikel cahaya)  menangkap gerak lurus dari photon  membuat model interaksi antara cahaya dengan permukaan benda

18 Grafika Komputer - Pengantar 18 Rendering

19 Grafika Komputer - Pengantar 19 Proses PemodelanManipulasiVisualisasi Data Tampilan

20 CAD (Computer Aided Design)  Perangkat lunak yg penting dalam rekayasa,konstruksi arsitektur dan cabang yg berhubungan dengan dunnia yg dibangun lalu, sekarang atau masa depan.  Sering digunakan dalam kedokteran, ilmu pengetahuan dan teknologi untuk menjelaskan dan memvisualisasikan fenomena fisik  Suatu cara yg dibuat untuk mempermudah pekerjaan manusia dalam mendesain sesuatu baik electrical, mechanical, arcitectural atau lainnya dengan menggunakan komputer Grafika Komputer - Pengantar 20


Download ppt "Grafika Komputer - Pengantar1 GRAFIKA KOMPUTER Hieronimus Edhi Nugroho, M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google