Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Animasi 2 Dimensi Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom. Animasi Animasi adalah teknik menggerakan serangkaian "objek". Efek bergerak dari "objek" diperoleh dengan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Animasi 2 Dimensi Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom. Animasi Animasi adalah teknik menggerakan serangkaian "objek". Efek bergerak dari "objek" diperoleh dengan."— Transcript presentasi:

1 Animasi 2 Dimensi Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom

2 Animasi Animasi adalah teknik menggerakan serangkaian "objek". Efek bergerak dari "objek" diperoleh dengan menggantikan sejumlah gambar "objek" secara cepat sehingga mata viewer tidak sempat melihat pergantian tersebut.

3

4

5 Animasi Kehalusan gerakan objek ditentukan oleh seberapa banyak gambar yang menunjukkan perubahan gerakan. Semakin banyak gambar perubahan gerakan maka gerakan tersebut akan nampak semakin halus. Pada awalnya setiap perubahan gerakan digambar menggunakan tangan. Hal tersebut tentunya membutuhkan keahlian khusus.

6 Animasi dengan komputer Ada dua jenis animasi 2 dimensi yang dapat dilakukan dengan menggunakan komputer :  Sprite  In Between (Tweening) Animasi sprite tidak berbeda dengan yang dilakukan oleh animator manual. Setiap perubahan gerakan disimpan sebagai file gambar terpisah dan kemudian file-file tersebut ditampilkan secara cepat.

7 Animasi Sprite Agar animasi sprite menghasilkan gerakan yang halus maka diperlukan cukup banyak file gambar. Algorithma dasar animasi sprite : Img = array berisi file gambar dari index = 1 sampai n lakukan gambar = Img [index] tampilkan gambar tunggu beberapa detik hapus gambar

8 Animasi Sprite Animasi sprite cocok digunakan untuk situasi dimana gerakan relatif tidak berubah. Aplikasi yang menggunakan teknik animasi sprite tidak interaktif karena gerakan "objek" sudah ditentukan terlebih dahulu.

9 In Betweening Animasi In Betweening adalah animasi yang menghitung perubahan lokasi dari titik-titik di "objek". Perubahan dihitung berdasarkan rumus : P(t) = (1 - t)*A + t*B dengan A menunjukkan posisi Awal dan B menunjukkan posisi Akhir dan t bergerak dari 0 menuju 1.


Download ppt "Animasi 2 Dimensi Hieronimus Edhi Nugroho,M.Kom. Animasi Animasi adalah teknik menggerakan serangkaian "objek". Efek bergerak dari "objek" diperoleh dengan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google