Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1. Mesin Bor (terdiri dari Mesin Penggerak dan Gear Box) Mesin PenggerakYamaha, 3HP, 2 stroke./RPM 3800 Ignition system TCI ( Transistor Controlled.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1. Mesin Bor (terdiri dari Mesin Penggerak dan Gear Box) Mesin PenggerakYamaha, 3HP, 2 stroke./RPM 3800 Ignition system TCI ( Transistor Controlled."— Transcript presentasi:

1

2

3

4 1. Mesin Bor (terdiri dari Mesin Penggerak dan Gear Box) Mesin PenggerakYamaha, 3HP, 2 stroke./RPM 3800 Ignition system TCI ( Transistor Controlled Ignition) Strarting system Recoil Strarter Fuel Gasoline and oil mixture Fuel consumption 1,5 L / h Fuel tank capacity 3,25 L Gear Box Tecumsech type Clucth Automatic Cluch RPM Mast / Menara Bor Sistem Knock Down, menjadi 4 bagian yang masing-masing bagian dapat dibawa oleh 2 orang dengan mudah. Kapasitas pemboran 100 meter, coring N size Sistem operasional Manual dan semi mekanik (dengan tambahan Winch mekanik)

5 Peralatan tambahan untuk 1 (satu) unit mesin bor Portable 01-X No.UraianJumlah Stang bor /rod, ukuran meter Core barrel single NX panjang 1,0 meter Corebarrel double NLMC panjang 5 feet Water swivel Pompa pembilas -Mesin Penggerak: Honda, 8 HP, 4 Tax -Pompa : Yamamoto,YM – 90 PS -Debit : 65 – 78 L / menit. -Tekanan : 600 – 700 Kg / Cm 2 -Ukuran : 60 x 42 x 55 Cm -Berat: 36 Kg Pompa pengantar / pompa supply air -Mesin penggerak: Yamaha MT110S, 3,5 HP, 2 Tak -Pompa : TG -Total Head : 24 m -Debit : 6000 lt / Jam -Suction : 4 m -Rpm : Berat : 17 Kg Slang pembilas, max tekanan 10 Kg / Cm 2, 0 1 inch Slang pengantar, 0 ½ inch Mata Bor / Bit Tungsten Tackel, kekeuatan 2,5 ton Kunci pipa ukuran 36 “ Kunci rantai Ukuran 36 “ Safety Camp / Klem rod Peti peralatan Ukuran 1 m x 80 Cm Kabel Baja / Sling untuk transport alat Klem U untuk sling Portable Winch,daya angkat 1 ton, 8 HP Spare Part mesin penggerak Mur dan Baud berbagai ukuran P3K Kunci Peralatan untuk service mesin NB : Triple tube corebarrel NQ, satu set jika ada perjanjian. 70 batang 1 unit 10 Meter 100 Meter 4 unit 1 unit 3 unit 1 unit 11 unit 50 Meter 4 unit 1 unit LS 1 set

6 Mesin bor 01-X ini adalah juara ke-3 pada Lomba Rancang Bangun Teknologi 2000 yang diselenggarakan oleh BPPT dalam kaitannya dengan “Hari kebangkitan Teknologi Nasional” (HAKTERNAS) pada 10 Agustus 2000 dan dalam rangka Hari Ulang Tahun BPPT ke 20. Alat ini dirancang untuk dapat dipakai dalam berbagai pekerjaan suatu operasi pemboran dengan kedalaman sampai 50 (tanpa rig) dan 100 meter (memakai rig) dengan diameter lobang bor 4 inchi. Mesin bor 01-X ini dibuat dengan teknologi sederhana, tetapi hasilnya hampir dapat menyamai mesin bor merk YBM D.O buatan Jepang, bahkan pada beberapa hal banyak yang lebih menguntungkan, terutama dalam segi biaya pemboran per meter nya. Mesin bor 01-X ini bagian-bagiannya dibuat dengan sistem knock down, sehingga memudahkan mobilisasinya maupun setting nya serta dapat dibawa dengan mudah ketempat-tempat yang aksesnya cukup sulit. Mesin bor 01-X ini menggunakan mesin 2 langkah dengan 3,5 HP dan beratnya hanya 15 Kg termasuk Gear Box nya, RPM mesin ini dapat mencapai 2300 dan direduksi oleh gear box untuk disalurkan ke rangkaian stang bor dan mata bor nya. Sedangkan untuk pompa pembilas dapat memakai semua jenis pompa. Rangka/sasis terbuat dari besi I beam dan menara bor terbuat dari plat besi yang keseluruhannya dapat dibongkar-pasang dengan mudah. Sedangkan peralatan tambahan yang diperlukan dapat disesuaikan dengan pekerjaannya. Pada dasarnya mesin bor 01-X ini diharapkan dapat memenuhi sebagian kecil kebutuhan akan peralatan bor dengan harga yang cukup murah dibandingkan dengan mesin-mesin bor buatan luar, tetapi tetap dengan kemampuan yang sebanding, sehingga dapat terjangkau oleh siapapun yang membutuhkannya.

7  Mesin bor 01-X ini telah mengalami uji coba yang cukup teruji untuk berbagai pekerjaan pemboran, seperti: ◦ Eksplorasi pasir bangunan ◦ Pemboran Geoteknik dengan memenuhi semua standar yang diminta para klien pemboran. ◦ Pemboran air tanah perumahan (untuk pompa jet pump) ◦ Eksplorasi batubara / coring dan non-coring di daerah Gerunggang Kaltim (dekat daerah PT. Arutmin). ◦ Eksplorasi / Bed rock sampling di daerah pertambangan Emas Ciemas Jampang Kulon (mesin ini dipakai oleh Parry Corporation Ltd, Australia). ◦ Eksplorasi tailing emas di daerah pertambangan emas lobong donok,Bengkulu ( mesin ini dibeli 2 unit oleh PT.Sugico ). ◦ Eksplorasi batubara / coring dan touch coring diprabumulih, Palembang (mesin ini dibeli sebanyak 2 unit oleh PT.Sugico). ◦ Eksplorasi tambang emas di Nagroe, Aceh (mesin ini dibeli 1 unit oleh PT.Media telesindo). ◦ Pemboran horizontal untuk pekerjaan pemasangan kabel optic internet di Surabaya (mesin portable ini dibeli 1 unit oleh PT.Conectix). ◦ Pemboran untuk penelitian tanah / soil investigation di Papua, Irian Jaya ( mesin ini dibeli 1 unit oleh PT.Portal Engineering Perkasa).

8  Prinsip Kerja Mesin Prinsip kerja dari mesin bor ini hampir sama dengan mesin-mesin bor lainnya yang selama ini dipakai di berbagai pekerjaan pemboran, yaitu mesin penggerak memutarkan rangkaian stang bor dan mata bor dan menekannya dengan stir pemutar atau mengangkat rangkaian stang bor, dengan memakai air pembilas yang berasal dari pompa pembilas/pompa lumpur. Mesin penggerak ini mempunyai reduction gear dengan sistem automatic clutch/kopling otomatis. Jika pada lubang bor atau mata bor terjadi kemacetan/stuck, maka automatic clutch akan bekerja sehingga tidak akan mengakibatkan kerusakan pada mesin penggerak. Pada mesin bor ini, naik-turun nya rangkaian stang bor dilakukan secara manual, dan jika perlu dibantu dengan alat tackel.  Bagian-Bagian Mesin Bor 01-X Mesin bor ini terdiri dari 3 bagian besar yang dapat dipisah-pisahkan dengan cepat dan mudah, ketiga bagian itu adalah: 1. Sasis Tempat bertumpunya menara bor yang terbuat dari besi I beam yang dapat dipisah pada saat moving dilapangan. 2. Menara Bor Berupa 3 lempengan plat besi tebal 5mm dengan panjang 2 meter dan lebar 0,75 meter. Pada menara bor ini terdapat roda-roda gigi yang dihubungkan dengan rantai yang berfungsi untuk menaik-turunkan rangkaian stang bor. Selain itu mesin penggerak juga berada di menara bor pada rel-rel yang ada di menara bor. 3. Mesin Penggerak Mesin yang dipakai adalah motor bensin 2 langkah (two stroke), 3,5 HP, 2300 RPM dengan As vertikal. Yang penting untuk motor penggerak ini mempunyai As vertikal, merk/tipe apa saja dapat dipakai. Mesin penggerak ini bersatu dengan reduction gear dan terhubung dengan automatic clutch, yang mana stang bor akan berputar jika putaran cukup dan tidak akan berputar jika putarannya rendah. Kopling ini berguna juga jika terjadi kemacetan/stuck pada lubang bor/mata bor. Karena jika terjadi kemacetan/stuck akibatnya tidak akan sampai ke mesin penggerak.

9 Mesin Bor 01-XYBM-D.O Sistem PerakitanKnock DownMenyatu Berat Total 15 Kg Engine + 50 Kg Menara Bor = 100 Kg 270 Kg Engine Kg Menara Bor = 570 Kg Kapasitas70 m – 100 m (B rod)50 m (B rod) Hoisting700KgTergantung Cat Head Power3,5 HP8 HP Spindle speed200 RPM MovingMudahSulit PengoperasianMudahPerlu pelatihan PerawatanMudah dan sedikitMahal dan banyak Crew3-4 orang4-6 orang Pemakaian Eksplorasi Batubara Eksplorasi Mineral Eksplorasi BGI Eksplorasi Geoteknik Eksplorasi Air Eksplorasi Batubara Eksplorasi Mineral Eksplorasi BGI Eksplorasi Geoteknik Eksplorasi Air

10 Mesin bor portable tanpa rig / menara Lokasi pemboran yang sulit dijangkau,karena areanya berlumpur atau rawa

11 Mesin bor portable dengan mast/menara Mesin bor portable dengan menara

12 Cuplikan video saat running

13 Mesin bor portable tanpa menara Automatic Hammer

14

15 Hoisting plug dan water swipel SPT

16 Pemboran horizontal 30 meter Pemboran horizontal pemasangan kabel optik disurabaya

17

18

19 C.V. BORHAN N SONS DRILLING SERVICE KOMP Perumahan Binamaraga Blok 1 no.40 Bandung Telp : Contact Person : Burhannudin B E( ) Theissen khadafi( )


Download ppt "1. Mesin Bor (terdiri dari Mesin Penggerak dan Gear Box) Mesin PenggerakYamaha, 3HP, 2 stroke./RPM 3800 Ignition system TCI ( Transistor Controlled."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google