Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TABIAT/ WATAK KEPEMIMPINAN Ari Wibowo, SHI., SH., MH Studi Kepemimpinan Islam.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TABIAT/ WATAK KEPEMIMPINAN Ari Wibowo, SHI., SH., MH Studi Kepemimpinan Islam."— Transcript presentasi:

1 TABIAT/ WATAK KEPEMIMPINAN Ari Wibowo, SHI., SH., MH Studi Kepemimpinan Islam

2 TEORI KELAHIRAN PEMIMPIN (1) 1.Teori Heriditas/Genetis Pemimpin muncul karena faktor keturunan. Keturunan orang-orang besar membawa sifat-sifat khusus yang secara genetis diwariskan oleh orang tuanya. Teori ini melahirkan corak kepemimpinan yang Monarki Absolut (turun temurun).

3 TEORI KELAHIRAN PEMIMPIN (2) 2.Teori Environmental/Sosial Pemimpin terlahir karena pengaruh faktor lingkungan. Pemimpin bukan terlahir karena faktor keturunan, namun semua orang memiliki potensi menjadi pemimpin, tergantung dari lingkungan yang mendidiknya. Pemimpin bisa terlahir dari interaksi dalam lingkungannya, juga bisa dibentuk melalui pendidikan.

4 TEORI KELAHIRAN PEMIMPIN (3) 3.Teori Campuran Keturunan seorang pemimpin terlahir memiliki bakat kepemimpinan. Hanya saja, bakat itu bisa berkembang dan bisa juga tidak. Bakat tersebut bisa berkembang melalui proses interaksi dengan lingkungan yang mendukungnya atau bisa juga berkembang melalui pendidikan.

5 TIPE KEPEMIMPINAN (1) 1.Kepemimpinan Otokratis Pemimpin yang bertindak semaunya. Tidak mau mendengar saran atau kritik dari orang lain. Mengaggap hanya dirinya yang paling benar, sehingga kemauannya harus dipatuhi.

6 TIPE KEPEMIMPINAN (2) 2.Kepemimpinan Militeristik Pemimpin memerankan kepemimpinannya seperti di dunia militer. Menggerakkan bawahannya dengan sistem perintah/komando. Disiplin dan formalistik. Perintah pemimpin mutlak harus dijalankan.

7 TIPE KEPEMIMPINAN (3) 3.Kepemimpinan Paternalistik Kepemimpinan yang mengandalkan figur. Segala keputusan diserahkan kepada figur tersebut.

8 TIPE KEPEMIMPINAN (4) 4.Kepemimpinan Demokratis Mengutamakan kerjasama. Terbuka, mau menerima saran atau kritik dari orang lain. Mengutamakan musyawarah dalam setiap pengambilan keputusan.

9 KEPEMIMPINAN EFEKTIF (1) Efektif = Tepat sasaran. Kepemimpinan efektif merupakan puncak dari keberhasilan seorang pemimpin. Pemimpin efektif adalah pemimpin yang dapat mempengaruhi orang lain (bawahannya) untuk bekerjasama dalam mencapai tujuan. Pemimpin efektif dapat bertindak dengan tepat dalam situasi dan kondisi tertentu.

10 KEPEMIMPINAN EFEKTIF (2) Atribut (Sifat yang khas) kepemimpinan efektif adalah: (Gadrner) 1.Kebugaran fisik dan stamina. 2.Intelegensia yang baik. 3.Kemauan menerima tanggung jawab. 4.Kemampuan melaksanakan tugas dengan baik. 5.Memahami kebutuhan orang lain. 6.Terampil berhubungan dengan orang lain. 7.Keinginan untuk berprestasi. 8.Kemampuan memotivasi. 9.Keberanian, keteguhan dan ketahanan pribadi. 10.Kepercayaan diri. 11.Dapat dipercaya 12.Kemampuan membuat skala prioritas. 13.Fleksibelitas.


Download ppt "TABIAT/ WATAK KEPEMIMPINAN Ari Wibowo, SHI., SH., MH Studi Kepemimpinan Islam."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google