Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HANDOUT 5 LD GAYA ATAU TIPE KEPEMIMPINAN. PENGELOMPOKAN TIPE KEPEMIMPINAN Sondang P.Siagian, mengelompokkan tipe kepemimpinan kepada lima golongan (lima.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HANDOUT 5 LD GAYA ATAU TIPE KEPEMIMPINAN. PENGELOMPOKAN TIPE KEPEMIMPINAN Sondang P.Siagian, mengelompokkan tipe kepemimpinan kepada lima golongan (lima."— Transcript presentasi:

1 HANDOUT 5 LD GAYA ATAU TIPE KEPEMIMPINAN

2 PENGELOMPOKAN TIPE KEPEMIMPINAN Sondang P.Siagian, mengelompokkan tipe kepemimpinan kepada lima golongan (lima tipe pemimpin), yaitu: 1. Tipe pemimpin yang otokratis, 2. Tipe pemimpin yang militeristis, 3. Tipe pemimpin yang paternalistis. 4. Tipe pemimpin yang kharismatis, dan 5. Tipe pemimpin yang demokratis.

3 TIPE OTOKRATIS Otokrasi berarti pemerintahan oleh seorang (seperti Tsar Rusia atau Louis XIV Perancis) atau oleh sekelompok orang (misalnya Nazi atau Fasis), dengan kekuasaan mutlak tanpa menghiraukan keinginan rakyat.(Isiklopedi Indonesia) Tipe kepemimpinan otokratis atau otoriter dapat diartikan sebagai tindakan menurut kemauan sendiri, setiap produk pemikirannya dipandang benar.

4 Kepemimpinan otokratis bertolak dari anggapan bahwa pimpinanlah yang mempunyai tanggung jawab penuh terhadap organisasi. Pemimpin otokratis berasumsi bahwa maju mundurnya organisasi hanya tergantung kepada dirinya. Sikapnya senantiasa mau menangnya sendiri, tertutup terhadap ide dari luar, dan hanya idenya yang dianggap akurat.(Sudarwan,2004)

5 SIFAT-SIFAT TIPE OTOKRATIS Sifat-sifat pemimpin yang otokratis adalah: 1. Menganggap organisasi sebagai milik pribadi. 2. Mengidentikkan tujuan pribadi dengan tujuan organisasi. 3. Menganggap bawahan sebagai alat semata-mata. 4. Tidak mau menerima kritik, saran, dan pendapat. 5. Terlalu bergantung kepada kekuasaan formalnya. 6. Dalam melakukan penggerakan sering mempergunakan pendekatan yang mengandung paksaan dan punitif (bersifat menghukum).(Sondang P.Siagian).

6 TIPE MILITERISTIK Sifat-sifat pemimpin yang militeristik. Perlu diketahui bahwa yang dimaksud dengan seorang pemimpin tipe militeristik berbeda dengan pemimpin organisasi milite. Seorang pemimpin yang bertipe militeristis ialah seorang pemimpin yang memiliki sifat-sifat : 1. Dalam menggerakkan bawahan sistem perintah yang lebih sering dipergunakan. 2. Senang bergantung kepada pangkat dan jabatannya. 3. Senang kepada formalitas yang berlebih-lebihan. 4. Menuntut disiplin yang tinggi dan kaku dari bawahan. 5. Sukar menerima kritik dari bawahan. 6. Menggemari upacara-upacara untuk berbagai keadaan.

7 TIPE PATERNALISTIK Sifat-sifat pemimpin tipe paternalistik : 1. Menganggap bawahannya sebagai manusia yang tidak dewasa. 2. Bersikap terlalu melindungi. 3. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengambil inisiatif dan mengambil keputusan. 4. Jarang memberikan kesempatan kepada bawahannya untuk mengembangkan daya kreasi dan fantasinya. 5. Sering bersikap maha tahu.

8 TIPE DEMOKRATIS Istilah demokratis berasal dari bahasa Yunani: demokratia; demos = rakyat, kratia = pemerintahan. Sistem pemerintahan yang mengakui hak segenap anggota masyarakat untuk mempengaruhi keputusan politik, baik secara langsung maupun tidak langsung.(Insiklopedi Indonesia). Sudarwan mengatakan bahwa inti demokrasi adalah keterbukaan dan keinginan memposisikan pekerjaan dari, oleh, dan untuk bersama.

9 Tipe kepemimpinan demokratis bertolak dari asumsi bahwa hanya dengan kekuatan kelompok, tujuan-tujuan yang bermutu dapat dicapai Pemimpin yang demokratis berusaha lebih banyak melibatkan anggota kelompok dalam mencapai tujuan-tujuan. Tugas dan tanggung jawab dibagi-bagi menurut bidang masing- masing.

10 CIRI-CIRI TIPE DEMOKRATIS Ciri-ciri pemimpin yang demokratis adalah: 1. Dalam proses penggerakan bawahan selalu bertitik tolak dari pendapat bahwa manusia itu adalah makhluk yang termulia di dunia. 2. Selalu berusaha mensinkronisasikan kepentingan dan tujuan organisasi dengan kepentingan dan tujuan pribadi dari para bawahannya. 3. Senang menerima saran, pendapat, dan bahkan kritik dari bawahannya.

11 Ciri-ciri pemimpin demokratis lanjutan 4. Selalu berusaha mengutamakan kerja sama dan teamwork dalam usaha mencapai tujuan. 5. Memberikan kebebasan yang seluas-luasnya kepada bawahannya untuk berbuat kesalahan yang kemudian dibimbing dan diperbaiki agar tidak lagi berbuat kesalahan yang sama. 6. Selalu berusaha untuk menjadikan bawahannya lebih sukses daripadanya. 7. Berusaha mengembangkan kapasitas diri pribadinya sebagai pemimpin.

12 Secara implisit tergambar bahwa Untuk menjadi pemimpin tipe demokratis bukanlah suatu hal yang mudah untuk dicapai. Akan tetapi karena pemimpin yang demokratislah yang paling ideal, alangkah baiknya jika semua pemimpin berusaha menjadi seorang pemimpin yang demokratis.(Sondang P.Siagian, 1977)

13 TIPE KHARISMATIK Hingga sekarang ini para sarjana belum berhasil menemukan sebab-sebab mengapa seseorang pemimpin memiliki kharisma. Yang diketahui ialah bahwa pemimpin yang demikian mempunyai daya tarik yang amat besar dan karenanya pada umumnya mempunyai pengikut yang jumlahnya sangat besar, meskipun para pengikut itu sering pula tidak dapat menjelaskan mengapa mereka menjadi pengikut pemimpin itu. (Sondang P.Siagian, 1977)

14 TIPE DEVELOPER DAN TIPE COMPROMISER Tipe developer (pembangun) Sifatnya: kreatif, dinamis, inovatif, memberikan atau melimpahkan wewenang dengan baik, menaruh kepercayaan kepada bawahan. Tipe compromiser (kompromi) Sifatnya: kurang tegas pendiriannya (plintat-plintut), selalu mengikuti angin tanpa pendirian, tidak mempunyai keputusan, berpandangan pendek dan sempit. (Kartini Kartono, 2008)

15 TIPE PEMIMPIN PERMISIF Kata permisif bisa berarti: boleh, serba mmeng-ya-kan, tidak mau ambil pusing, tidak bersikap dalam makna sikap sesungguhnya, dan apatis. Pemimpin permisif tidak mempunyai pendirian yang kuat, sikapnya serba boleh. Pemimpin yang termasuk ke dalam kategori ini biasanya terlalu banyak mengambil muka dengan dalih untuk mengenakan individu yang dihadapinya.

16 CIRI-CIRI TIPE PERMISIP Ciri-ciri pemimpin yang permisif antara lain adalah: 1. Tidak ada pegangan yang kuat dan kepercayaan rendah pada diri sendiri. 2. Mengiyakan semua saran. 3. Lambat dalam mengambil keputusan. 4. Banyak “mengambil muka” kepada bawahan. 5. Ramah dan tidak menyakiti bawahan. (Sudarwan:77). Kesimpulan yang dapat dibuat, bahwa kepemimpinan adalah kompleks dan gaya kepemimpinan yang paling tepat tergantung pada beberapa variabel yang saling berhubungan. (Handko: 306)


Download ppt "HANDOUT 5 LD GAYA ATAU TIPE KEPEMIMPINAN. PENGELOMPOKAN TIPE KEPEMIMPINAN Sondang P.Siagian, mengelompokkan tipe kepemimpinan kepada lima golongan (lima."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google