Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Testing dan Implementasi Sistem.  berdasarkan pada fungsi yang dispesifikasikan dari produk, tes dapat dilakukan dengan mendemonstrasikan tiap fungsi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Testing dan Implementasi Sistem.  berdasarkan pada fungsi yang dispesifikasikan dari produk, tes dapat dilakukan dengan mendemonstrasikan tiap fungsi."— Transcript presentasi:

1 Testing dan Implementasi Sistem

2  berdasarkan pada fungsi yang dispesifikasikan dari produk, tes dapat dilakukan dengan mendemonstrasikan tiap fungsi telah beroperasi secara penuh sesuai dengan yang diharapkan, dan sementara itu, pada saat yang bersamaan, dilakukan pencarian error pada tiap fungsi.

3  Black box testing, dilakukan tanpa pengetahuan detil struktur internal dari sistem atau komponen yang dites. juga disebut sebagai behavioral testing, specification-based testing, input/outp  Black box testing berfokus pada kebutuhan fungsional pada software, berdasarkan pada spesifikasi kebutuhan dari software.

4  Fungsi yang hilang atau tak benar  Error dari antar-muka  Error dari struktur data atau akses eksternal database  Error dari kinerja atau tingkah laku  Error dari inisialisasi dan terminasi

5  Bagaimana validasi fungsi yang akan dites?  Bagaimana tingkah laku dan kinerja sistem dites?  Kategori masukan apa saja yang bagus digunakan untuk test cases?  Sistem mempunyai toleransi jenjang dan volume data apa saja ?  Apa saja akibat dari kombinasi data tertentu yang akan terjadi pada operasi sistem?  Bagaimana batasan suatu kategori masukan ditetapkan?

6

7

8  Yaitu metode black box testing yang membagi domain masukan dari suatu program ke dalam kelas-kelas data, dimana test cases dapat diturunkan  Dapat juga diasumsikan bahwa masukan yang sama akan menghasilkan respon yang sama pula.

9  Boundary value analysis adalah suatu teknik disain test cases yang berguna untuk melakukan pengujian terhadap nilai sekitar dari pusat domain masukan.  Teknik boundary value analysis merupakan komplemen dari teknik equivalence partitioning.

10  Teknik ini merupakan suplemen dari equivalence testing dengan menyediakan cara untuk memilih kombinasi data input  Melibatkan kondisi input (cause) dan kondisi output (effect) untuk mencegah pendefinisian kasus uji yang terlalu banyak

11 Langkah :  Bagi-bagi spesifikasi kebutuhan menjadi bagian yang memiliki kemungkinan kerja  Definisikan cause dan effect berdasarkan spesifikasi kebutuhan  Analisa spesifikasi kebutuhan untuk membuat hubungan logika  Tandai graf untuk jalur yang tidak mungkin berhubungan dengan kombinasu cause/effect sesuai dengan batasan spesifikasi kebutuhan  Ubah graf menjadi tabel keputusan  kolom --> test case  baris --> cause/effect  Ubah kolom dari tabel keputusan menjadi kasus uji

12  Status yang terdapat di dalam program.  Transisi antar status-status tersebut.  Kejadian yang merupakan sebab dari transisi tersebut  Aksi-aksi yang dihasilkan

13  Dasar utama pemikirannya adalah melakukan analisa terhadap fungsi-fungsi yang terdapat pada suatu sistem, apakah fungsi-fungsi tersebut mempunyai kinerja sebagaimana yang diharapkan atau dispesifikasikan.

14  Use case  Comparison testing  Test Factor Analysis  Risk Based Testing  Syntax Testing  Cross-Functional Testing  Operational Profiling  Table & Array Testing  Orthogonal Array Testing


Download ppt "Testing dan Implementasi Sistem.  berdasarkan pada fungsi yang dispesifikasikan dari produk, tes dapat dilakukan dengan mendemonstrasikan tiap fungsi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google