Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Masalah Kebijakan Pembangunan PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN EKONOMI, STRUKTUR EKONOMI NAMA KELOMPOK : 1.Hairus Zaman 100231100048 2.Arif Priya Santoso.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Masalah Kebijakan Pembangunan PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN EKONOMI, STRUKTUR EKONOMI NAMA KELOMPOK : 1.Hairus Zaman 100231100048 2.Arif Priya Santoso."— Transcript presentasi:

1 Masalah Kebijakan Pembangunan PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN EKONOMI, STRUKTUR EKONOMI NAMA KELOMPOK : 1.Hairus Zaman Arif Priya Santoso Aning Yuliana Desy Indria Rocmah Mahmudah Umroh Milla Firdiatiningsih

2 PENDAPATAN NASIONAL Adalah pendapatan yang diterima oleh suatu negara selama satu tahun yang diukur dengan nilai uang.

3 Konsep Pendapatan Nasional Produk Domestik Bruto (PDB) atau Gross Domestic Product (GDP) Adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara dalam suatu tahun tertentu (biasanya satu tahun) dengan menggunakan faktor-faktor produksi milik warga negara yg bersangkutan di dalam negeri dan milik warga asing yang bekerja di negara yang bersangkutan dalam suatu negara.

4 Produk Nasional Bruto (PNB) atau Gross National Product (GNP) Adalah nilai barang dan jasa yang dihasilkan dalam suatu negara dalam suatu tahun tertentu (biasanya satu tahun) dengan menggunakan faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga negara dari dalam negeri ditambah warga negara tersebut di luar negeri.

5 Metode Perhitungan Pendapatan Nasional Metode Produksi Adalah nilai barang dan jasa yang diproduksi di suatu negara dengan cara menjumlahkan nilai tambah (Value Added) yang diciptakan dalam tiap proses produksi yang diwujudkan oleh berbagai sektor dalam perekonomian.

6 Metode Pengeluaran Adalah dengan cara menjumlahkan semua pengeluaran atas barang dan jasa yg dihasilkan para pelaku ekonomi dalam perekonomian. Empat komponen pengeluaran dalam perekonomian yaitu: a.Pengeluaran Konsumsi RT (C) b.Pengeluaran Pemerintah (G) c.Pembentukan Modal Sektor Swasta (I) d.Eksport Neto (Luar Negeri) (X-M) Y = C + I+ G + (X-M)

7 Metode Pendapatan Adalah dengan cara menjumlahkan semua pendapatan yang diterima pemilik faktor produksi yg disumbangkan ke sektor produsen. Pendapatan yg berasal dari penggunaan faktor-faktor produksi, yaitu: a.Pendapatan para pekerja yaitu gaji dan upah (w) b.Modal dari usaha perseorangan atau perusahaan yaitu bunga (i) c.Pendapatan dari tanah atau bahan baku berupa sewa (r) d.Keuntungan perusahaan atau skill berupa profit (p) Y = w +i + r + p

8 PERTUMBUHAN EKONOMI Menurut Prof. Simon Kuznets : Kenaikan jangka panjang dalam kemampuan suatu negara untuk menyediakan semakin banyak barang barang ekonomi kepada penduduknya. Jadi, semakin cepat pertumbuhan ekonomi, semakin meningkat pendapatan perkapita, semakin cepat perubahan struktur ekonomi.

9 Pertumbuhan Ekonomi Harrod-Domar Pertumbuhan ekonomi yang mantap dan teguh (steady growth). Ada empat asumsi teori pertumbuhan perekonomian yang teguh yaitu: 1.Barang dan Modal telah mencapai kapasitas penuh 2.Tabungan proposional dengan pendapatan nasional 3.Rasio antara modal dan produksi tetap 4.Perekonomian dalam dua sektor

10 PERUBAHAN STRUKTUR EKONOMI Transformasi Structural Adalah serangkaian perubahan yang saling terkait satu dengan lainnya dalam aggregate demand, perdagangan LN, dan aggregate supply untuk mendukung pembangunan dan pertumbuhan ekonomi.

11 Analisis Perubahan Struktur Ekonomi S. Kuznets S. Kuznets menggunakan data time series negara-negara maju untuk melihat perubahan struktur ekonomi. Perubahan sektor ekonomi dalam pembentukan pendapatan nasional : a.Peranan sektor pertanian menurun b.Peranan sektor industri meningkat c.Peranan sektor jasa tidak stabil

12 Analisis Perubahan Struktur Ekonomi S. Kuznets Penyebab perubahan sektor ekonomi dalam pembentukan pendapatan nasional : a.Adanya hukum Engels b.Adanya perubahan struktur produksi industri yang bersifat compulsory dan inducive secara terus menerus c.Adanya comparative advantage pada produk sektor pertanian negara berkembang, sedangkan negara maju memiliki competitive advantage pada sektor industri

13 Analisis Perubahan Struktur Ekonomi S. Kuznets Perubahan struktur ekonomi dalam penyerapan tenaga kerja : a.Peranan sektor pertanian dalam menyediakan kesempatan kerja menurun. b.Peranan sektor industri dalam menyediakan kesempatan kerja mengalami kenaikan yang relatif. c.Peranan sektor jasa tidak mengalami perubahan yang berarti.

14 Analisis Perubahan Struktur Ekonomi S. Kuznets Perubahan struktur ekonomi Negara Indonesia dalam pembentukan pendapatan nasional : a.Sektor pertanian relatif tetap b.Sektor industri meningkat c.Sektor jasa menurun

15 ANALISIS DATA GNP TAHUN

16 Ekonomi mbahas uang melulu…! Terima Kasih


Download ppt "Masalah Kebijakan Pembangunan PENDAPATAN NASIONAL, PERTUMBUHAN EKONOMI, STRUKTUR EKONOMI NAMA KELOMPOK : 1.Hairus Zaman 100231100048 2.Arif Priya Santoso."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google