Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access).

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access)."— Transcript presentasi:

1 CDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access)

2 CDMA atau W-CDMA * Mempunyai kelebihan pada kecepatan transfer data yang memcapai 384 Kbps di luar ruangan dan 2 Mbps untuk aplikasi indoor *Generasi ini dapat menyediakan layanan multimedia seperti internet, video streaming, video telephony, dan lain-lain dengan lebih baik.

3 *Teknologi CDMA membuat kapasitas suatu sel menjadi lebih besar dibanding sistem GSM karena pada sistem CDMA setiap panggilan komunikasi memiliki kode-kode tertentu sehingga memungkinan banyak pelanggan menggunakan sumber radio yang sama tanpa terjadinya gangguan interferensi dan cros talk.

4 Beberapa faktor untuk menambah kapasitas dan coverage :  Sistem W-CDMA menggunakan 4 kali channel leih besar dibanding dengan channel narrowband CDMA, kapasitas bertambah 4 kalinya. Dengan bandwidth lebih besar memperbaiki efek frekuensi diversity dan oleh karena itu mengurangi efek fading.  Demodulasi koheren pada uplink memperbaiki coverage, W-CDMA menggunakan demodulasi pada uplink. Hal itu akan memberi 2-3 dB gain demodulasi converage.  Memberbaiki power control Pengurangan efek fading pada channel yang besar, akurasi power kontrol akan diperbaiki. Power kontrol pada up dan link, yang melawan efek fading dan mengurangi rata-rata level power, akan menambah kapasitas W-CDMA.

5 Kelebihan-kelebihan W-CDMA antara lain :  Mendukung untuk Adaptive Antenna Array (AAA). Teknik ini adalah untuk mengoptimalkan antena pattern pada mobile station. Hal ini akan memungkinkan pengguna spektrum yang efektif dan akan menmbah jumlah kapasitas.  Tidak memerlukan GPS untuk dinkronisasi pada base stations. W-CDMA mempunyai internal sistem untuk sinkronisasi pada base station, sehingga tidak membutuhkan eksternal sinkronisasi seperti GPS (Global Positioning System).

6 Perbedaan mendasar teknologi GSM dan CDMA  Perbedaan mendasar dari teknologi CDMA adalah sistem modulasinya. Modulasi CDMA merupakan kombinasi FDMA (Frekuensi Division Multiple Access) dan TDMA (Time Division Multiple Access). Pada teknologi FDMA, 1 kanal frekuensi melayani 1 sirkuit pada satu waktu, sedangkan pada TDMA, 1 kanal frekuensi dipakai oleh beberapa pengguna dengan cara slot waktu yang berbeda.

7 PERBANDINGAN CDMA DAN GSM

8  Mendukung untuk Hierarchical Cell Structurer (HCS). W-CDMA mendukung HCS dengan memperkenalkan metode hand off diantara carrier CDMA yang diberi nama Mobile Assited Inter-Frequency Hand-Off (MAIFHO)  Mendukung untuk deteksi multi user. Deteksi multi user akan membatasi interferensi pada suatu cell dan memberbaiki kapasitas.


Download ppt "CDMA (Wideband – Coded Division Multiple Access)."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google