Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

CDMA Code Division Multiple Access. CDMA Teknologi CDMA dipelopori oleh Qualcomm, menyajikan kapasitas suara dan data yang sangat baik untuk jaringan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "CDMA Code Division Multiple Access. CDMA Teknologi CDMA dipelopori oleh Qualcomm, menyajikan kapasitas suara dan data yang sangat baik untuk jaringan."— Transcript presentasi:

1 CDMA Code Division Multiple Access

2 CDMA Teknologi CDMA dipelopori oleh Qualcomm, menyajikan kapasitas suara dan data yang sangat baik untuk jaringan telepon tetap maupun telepon selular. Karena keunggulan tersebut, CDMA merupakan landasan dari pelayanan teknologi 3G

3 CDMA bekerja dengan mengkonversi suara menjadi informasi digital, yang ditransmisikan sebagai sinyal radio melalui jaringan wireless. Dengan menggunakan kode yang unik untuk membedakan tiap-tiap panggilan yang berbeda, CDMA memungkinkan lebih banyak pengguna untuk saling berbagi gelombang udara pada waktu yang bersamaan, tanpa cross- talk atau interferensi.

4 Perbedaan CDMA dengan teknologi Pendahulunya FDMA 1 Kanal Frekuensi melayani 1 sirkuit pada satu waktu

5 TDMA 1 Kanal frekeunsi dipakai oleh beberapa pengguna dengan cara slot waktu yang berbeda

6 CDMA Beberapa pengguna bisa dilayani pada waktu bersamaan dan frekuensi yang sama, dimana pembedaan satu dengan yang lainnya ada pada sistem coding-nya,shg pengguna spektrum frekuensinya teknologi CDMA sangat efisien.

7 Keuntungan utama CDMA atas TDMA dan FDMA adalah bahwa kode CDMA yang tersedia berjumlah tak hingga. Hal ini membuat CDMA secara ideal cocok bagi sejumlah besar pemancar yang masing-masing menjangkitkan sejumlah kecil trafik pada selang waktu tak teratur, karena hal itu menghindari overhead untuk mengalokasi dan men-dealokasi secara terus-menerus sejumlah terbatas slot waktu ortogonal atau kanal frekuensi ke pemancar individual. Pemancar CDMA dengan begitu saja mengirim ketika mereka mempunyai sesuatu untuk dikirim dan diam ketika tidak.

8 Kelebihan dan Kekurangan CDMA Kelebihan dibanding GSM: 1.Suara digital lebih jernih 2. Kapasitas CDMA jauh lebih besar, untuk satu kanal 8 x kapasitas AMPS dan 4 x kapasitas GSM sehingga investasi operator jauh lebih rendah. 3. Pada CDMAOne, kapasitas suara -yang dihitung dalam erlang- per sektor di BTS (base transceiver station) mencapai 52,5 erlang, pada GSM hanya 13,2 sampai 32,8 erlang. 4. CDMA juga menghadirkan berbagai aplikasi canggih semisal LBS (location based service) pemetaan, mobile Internet kecepatan tinggi, pesan multimedia, permainan (games), gambar, konferensi video, dan banyak lagi yang melebihi kemampuan GSM.

9 Kelemahan dibandingkan dengan GSM : Luas cakupan BTS pada CDMA sangat tergantung dari berapa pelanggan yang menggunakannya. Beda dengan GSM, berapa pun yang menggunakan, cakupannya tetap. Cakupan CDMA (maksimal) sama dengan GSM, tergantung dari berapa frekuensi yang digunakan. Makin kecil frekuensinya, makin luas cakupannya. Kalau seluler, CDMA atau GSM, menggunakan frekuensi 1900 MHz, cakupannya hanya sekitar 2 km, dengan 800 MHz bisa sampai 5-6 km. Namun, dengan 450 MHz, seperti yang digunakan PT Mobisel, bisa sampai 30 km, bahkan hingga 120 km dengan antena khusus. GSM berkemampuan roaming. Pemilik GSM dapat menggunakan ponsel di luar domisili atau operatornya, CDMA belum mampu


Download ppt "CDMA Code Division Multiple Access. CDMA Teknologi CDMA dipelopori oleh Qualcomm, menyajikan kapasitas suara dan data yang sangat baik untuk jaringan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google