Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 1 Agar mahasiswa dapat: –Memahami lingkup rekayasa perangkat lunak.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 1 Agar mahasiswa dapat: –Memahami lingkup rekayasa perangkat lunak."— Transcript presentasi:

1 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 1 Agar mahasiswa dapat: –Memahami lingkup rekayasa perangkat lunak Latar belakang Definisi Tujuan rekayasa perangkat lunak Ciri perangkat lunak yang direkayasa dengan baik Aplikasi perangkat lunak Mitos perangkat lunak –Memahami pengembangan perangkat lunak object oriented –Memahami proses perangkat lunak –Memahami model siklus hidup perangkat lunak –Memahami penjaminan kualitas perangkat lunak

2 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 2 Menurut Ian Sommervile RPL berkaitan dengan TEORI METODA ALAT-ALAT (TOOLS) untuk pengembangan perangkat lunak berkualitas tinggi dengan cara- cara cost-effective Menurut Fritz Bauer RPL adalah penetapan dan penggunaan prinsip-prinsip rekayasa yang tangguh/teruji dalam upaya memperoleh perangkat lunak secara ekonomis, handal dan bekerja efisien di mesin nyata

3 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 3 Menurut Mynatt RPL secara sederhana dinyatakan sebagai pendekatan sistematis untuk penciptaan dan pemilikan perangkat lunak Menurut IEEE Standard Glossary of Set Terminology (IEEE 83) RPL adalah pendekatan sistematis untuk pengembangan, operasi, pemeliharaan dan penghentian pemakaian perangkat lunak

4 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 4 Institute of Electrical and Electronics Engineers adalah sebuah organisasi profesi non-profit yang terdiri dari banyak ahli di bidang teknik yang mempromosikan pengembangan standar-standar dan bertindak sebagai pihak yang mempercepat teknologi-teknologi baru dalam semua aspek dalam industri dan rekayasa (engineering), yang mencakup telekomunikasi, jaringan komputer, kelistrikan, aerospace, dan elektronika. IEEE memiliki lebih dari anggota individual yang tersebar dalam lebih dari 150 negara. Aktivitasnya mencakup beberapa panitia pembuat standar, publikasi terhadap standar-standar teknik, serta mengadakan konferensi.industrirekayasa telekomunikasijaringan komputerkelistrikanelektronika IEEE Indonesia Section berada pada IEEE Region 10 (Asia Pacific). Ketua IEEE Indonesia Section tahun 2009 adalah Prof. Dr. Arnold Ph Djiwatampu. Saat ini IEEE Indonesia Section memiliki beberapa chapter, yaitu: –Communications Society Chapter –Circuits and Systems Society Chapter –Engineering in Medicine and Biology Chapter –Join Chapter of Education Society, Electron Devices Society, Power Electronics Society, Signal Processing Society –Joint chapter MTT/AP-S

5 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 5 Suatu proses untuk menyelesaikan masalah pelanggan melalui pengembangan dan evolusi sistematik dari sistem software yang besar dan berkualitas di dalam kendala biaya, waktu dan lain-lain. Memecahkan permasalahan pelanggan: –Ini merupakan sasaran dari software engineering –Beberapa solusi adalah dibeli, bukan dibangun –Menambahkan fitur-fitur yang tidak perlu tidak akan membantu pemecahan masalah –Ahli software harus berkomunikasi secara efektif untuk mengenali dan memahami permasalahan

6 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 6 Pengembangan dan evolusi tersistematik Suatu proses perekayasaan dengan melibatkan teknik-teknik terstruktur di dalam cara yang terorganisir Banyak praktik-praktik yang sudah distandarisasi, misalnya –IEEE atau ISO Kebanyakan pekerjaan development merupakan evolusi Sistem software yang besar dan berkualitas Teknik rekayasa software diperlukan karena sistem yang besar tidak dapat dipahami sepenuhnya oleh satu orang Kerja sama tim dan koordinasi sangat diperlukan Tantangan utama: membagi pekerjaan dan memastikan bahwa bagian-bagian dari sistem tersebut bekerja bersama Produk akhir yang dikeluarkan harus memenuhi syarat kualitas

7 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 7 Kendala waktu dan biaya SDM terbatas Keuntungan harus melebihi biaya Orang lain bisa berkompetisi untuk melakukan pekerjaan lebih murah dan lebih cepat Estimasi biaya yang tidak akurat akan menyebabkan kegagalan

8 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 8 PL bukan hanya program, tetapi juga dokumentasi untuk – Memasang (INSTALL) Apa yang dibutuhkan – Perangkat Keras – Perangkat Lunak – Kondisi yang harus dipersiapkan Prosedur yang harus dikerjakan – Langkah-langkah yang diperlukan – Apa yang boleh dan apa yang tidak boleh – Memakai (Use) Prakondisi – Apa yang perlu dilakukan sebelum memakai Poskondisi – Apa yang perlu dilakukan setelah memakai

9 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 9 –Mengembangkan (Develop) Apa kebutuhan user saat dikembangkan Apa tujuan sistem Apa yang telah dicapai Apa yang belum dicapai – Merawat (Maintain) Umur pakai Syarat penyimpanan Perubahan yang mungkin dilakukan Perubahan yang tidak mungkin dilakukan

10 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 10 Perekayasa PL harus menguasai –Teknologi komputer Ilmu dasar komputer Pengetahuan perangkat keras –Teknologi pengembangan PL meliputi teori, metodologi, alat-alat (tools) – Kemampuan berkomunikasi baik lisan maupun tertulis – Manajemen proyek Pembagian tugas & tanggung jawab di dalam kelompok Kendali waktu an biaya – Memahami kesulitan user Awam dengan metodologi dan teknologi

11 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 11 Banyak permasalahan pada sebuah PL datang dari asumsi-asumsi yang kebenarannya tidak dapat dipertanggungjawabkan Tiga kelompok yang terkait dalam pengembangan PL – MANAGEMENT (MANAJEMEN) Manajer Pengembang PL harus – Mengatur anggaran – Menjaga jadwal dari kelambatan – Meningkatkan kualitas – CUSTOMER (PEMAKAI) YANG MENGINGINKAN PL DIKEMBANGKAN – REKAN KERJA – BAGIAN LAIN » PEMASARAN » PERSONALIA » PEMBUKUAN » DLL – PIHAK LUAR, BERDASARKAN KONTRAK KERJA – PRACTITIONER (PENGEMBANG) YANG MENGEMBANGKAN PL – DIANTARANYA PROGRAMMER

12 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 12 MITOS DIPIHAK MANAJEMEN – MITOS ADANYA PANDUAN & PROSEDUR, PASTI LANCAR – KENYATAAN APAKAH: – DISADARI KEBERADAANNYA ? – LENGKAP ? – DIPAKAI ? – SESUAI KEBUTUHAN ? – MITOS PERALATAN BARU & MODERN – KENYATAAN PENGUASAAN TOOL LEBIH PENTING DARI HARDWARE/SOFTWARE – MITOS BILA TERLAMBAT, TAMBAH PROGRAMMER – KENYATAAN TAMBAH PROGRAMMER AKAN SEMAKIN LAMBAT

13 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 13 MITOS DIPIHAK PEMAKAI – MITOS TUJUAN SISTEM SECARA UMUM CUKUP UNTUK MEMBUAT PL, RINCIAN BELAKANGAN SAJA SAAT PROGRAM DIKEMBANGKAN – KENYATAAN RINCIAN KEBUTUHAN SANGAT PENTING – FUNGSI – PERFORMANCE – ANTAR-MUKA – BATASAN RANCANGAN – KRITERIA VALIDASI – DLL HANYA BISA DIPEROLEH DENGAN KOMUNIKASI YANG INTENSIF – MITOS PERANGKAT LUNAK BERSIFAT FLEKSIBEL PERUBAHAN KEBUTUHAN MUDAH DIAKOMODASI OLEH PENGEMBANG PL – KENYATAAN DAMPAK SANGAT BERGANTUNG PADA TAHAP MANA PERUBAHAN TERJADI

14 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 14 MITOS DIPIHAK PENGEMBANG – MITOS PROGRAM SELESAI, PEKERJAAN SELESAI – KENYATAAN 50% - 70% USAHA DIHABISKAN SETELAH PROGRAM DISERAHKAN KE USER UNTUK PERTAMA KALINYA – MITOS KUALITAS HANYA BISA DIKETAHUI SETELAH PROGRAM BERJALAN (RUNNING) – KENYATAAN KUALITAS DAPAT DIJAGA SEJAK PL DIKEMBANGKAN – MITOS YANG DISERAHKAN KE USER ADALAH PROGRAM – KENYATAAN YANG DISERAHKAN ADALAH KONFIGURASI PERANGKAT LUNAK – PROGRAM DITAMBAH DOKUMENTASI

15 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 15 Penerapan disiplin sistematika perangkat lunak ditujukan untuk membantu: –Menghasilkan sistem RPL yang berkualitas dengan ongkos yang murah dan tepat waktu –On Time delivery –Memenuhi user requirement –Dokumentasi yang baik Tanda-tanda terjadinya kekeliruan dalam penerapan RPL –Produk diberikan terlambat –Melebihi anggaran –Tidak sesuai kebutuhan user –Proyek besar ditinggalkan sebelum produk diberikan

16 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 16 RPL menghasilkan produk berbentuk perangkat lunak lengkap dengan dokumentasinya Dua macam RPL: –Generik → Produkyang dikembangkan untuk dijual kepada publik –Spesifik → Produck yang dikembangkan khusus untuk sebuah perusahaan

17 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 17 Ciri PL yang direkayasa dengan baik – Mudah dirawat Dilengkapi dokumentasi Perubahan dapat dilakukan dengan biaya minimum – Dapat diandalkan Bekerja seperti yang diharapkan Gagal hanya bila keluar dari spesifikasinya – Bekerja Efisien Tidak memboroskan sumber daya : memori, prosesor, penyimpanan dll –Mempunyai antar muka pemakai yang baik Dibuat sesuai dengan tingkat kemampuan pemakai

18 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 18 Pengembangan RPL menjadi suatu disiplin ilmu yang mempunyai landasan kuat –Agar dapat memprediksi waktu, usaha, dan ongkos pengembangan PL –Adanya kualitas buruk pada PL dan peran RPL sebagai upaya pencarian cara perbaikan kualitas PL –Perubahan rasio antara biaya perangkat keras dan perangkat lunak yang saat ini cenderung menjadikan PL sebagai komponen vital/kritis dan lebih mahal dibandingkan perangkat keras –Perkembangan pada perangkat keras memberi tantangan pembuatan PL baru yang dapat memanfaatkan fitur-fitur perangkat keras –Perkembangan pada teknik-teknik PL –Permintaan yang meningkat terhadap PL dengan spesifikasi yang lebih kompleks

19 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 19 RPL merupakan aktifitas – aktifitas yang berkaitan dengan – Proses Pengembangan PL sehingga rasional dan tepat waktu – Metode Cara teknis dalam membangun RPL pada kegiatan penetapan kebutuhan, analisis, perancangan, pembangunan program, pengujian – Alat / Kakas (Tools) Mendukung pelaksanaan proses dan metode

20 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 20 a.Proses – Merupakan kerangka kerja untuk tugas-tugas yang diperlukan dalam membangun PL yang berkualitas tinggi –Mendefinisikan kerangka kerja untuk sekumpulan bidang proses pokok ( key process area ) Tercapai sasaran penerapan RPL yang efektif Sebagai basis kendali manajemen Merupakan konteks penerapan metode teknis, produk kerja (model, dokumen, data, laporan, formulir-formulir, dsb) b.Metode –Tata cara teknis untuk membangun PL –Mencakup seluruh aktifitas dalam RPL yang meliputi rekayasa kebutuhan ( rekayasa sistem, rekayasa bisnis ), analisis dan perancangan, pengujian, prototyping dsb sesuai paradigma yang dipilih

21 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 21 c.Alat / Kakas (Tools) – CASE ( Computer Aided Software Engineering) merupakan PL untuk mendukung pengembangan PL – CASE menggabungkan antara lain perangkat keras, PL dan basis data RPL ( berisi informasi/dokumen analisis, rancangan source code dan testing ) untuk menciptakan lingkungan RPL

22 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 22 ~ : Paradigma Terstruktur –Analisis sistem terstruktur, desain komposit/terstruktur, pemrograman terstruktur, pengujian terstruktur. –Membawa perkembangan besar terhadap industri software. –Tetapi hanya baik untuk program kecil (katakan, baris kode). –Tidak begitu sesuai dengan program-program besar (katakan, baris kode). –Tidak begitu baik di dalam aspek pemeliharaan software (karena pemisahan antara action-oriented dan data-oriented di dalam paradigma terstruktur). Paradigma Object-Oriented –Suatu obyek adalah suatu komponen software yang menggabungkan baik data maupun aksi yang menangani data tersebut.

23 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 23 Paradigma Terstruktur Tahap Kebutuhan Tahap Spesifikasi (Analisis) Tahap Perencanaan Tahap Desain Tahap Implementasi Tahap Integrasi Tahap Pemeliharaan Retirement Paradigma Object-Oriented Tahap Kebutuhan Tahap Analisis Object-Oriented Tahap Perencanaan Tahap Desain Object-Oriented Tahap Pemrograman Object- Oriented Tahap Integrasi Tahap Pemeliharaan Retirement

24 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 24 3 fase tahapan aktifitas RPL a)Fase pendefinisian – Fokus pada pertanyaan apa, meliputi ▫Informasi yang perlu diolah ▫Fungsi / kinerja yang perlu dilakukan ▫Perilaku sistem yang diharapkan ▫Interface ▫Konstrain dan validasi b)Fase pengembangan – Fokus pada pertanyaan bagaimana, meliputi ▫Struktur data ▫Fungsi diimplementasikan ▫Rincian prosedur ▫Interface ▫Penerjemahan rancangan ke bahasa pemrograman ▫Testing

25 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 25 c)Fase Suporting – Fokus pada perubahan ▫Korekasi kesalahan ▫Kebutuhan user ▫Adaptasi jika ada evolusi lingkungan PL dan perangkat keras

26 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 26 ▫Aktifitas pada RPL berbeda-beda sesuai paradigma atau model proses yang dipilih ▫Aktifitas terdiri dari 2 bagian besar »Aktifitas teknis / dasar pengembangan atau aktiitas operasional »Aktifitas payung ▫Aktifitas penjaminan kualitas PL ( software quality assurance ) ▫Aktifitas manajemen konfigurasi ▫Aktifitas manajemen proyek ▫Aktifitas untuk peningkatan kematangan proses pengembangan dan kemampuan organisasi pengembang

27 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 27 ▫Sehingga ada 5 kategori kegiatan saat pengembangan PL »Aktifitas teknis / dasar pengembangan »Aktifitas penjaminan kualitas PL »Aktifitas manajemen konfigurasi »Aktifitas manajemen proyek »Aktifitas peningkatan kematangan proses dan kemampuan organisasi

28 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 28 ▫Ditinjau dari aktivitasnya, maka PL adalah a)Mendefinisikan proses pengembangan yang digunakan b)Mengelola proyek pengembangan c)Mendeskripsikan / menspesifikasikan produk perangkat lunak yang dikehendaki d)Merancang produk e)Implementasi rancangan atau coding f)Testing g)Memadukan bagian-bagian produk dan testing secara keseluruhan h)Maintenain i)Manajemen konfigurasi j)Melakukan penjaminan kualitas produk yang dihasilkan k)Kegiatan untuk peningkatan kematangan proses pengembangan dan kemampuan organisasi pengembang

29 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 29

30 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 30 ▫Contoh ▫Proses design terdiri dari aktifitas – Melakukan perancangan sistem/arsitektur – Melakukan perancangan basis data (optional) – Melakukan perancangan interface – Memilih atau mengembangkan algoritma (optional) – Malakukan perancangan rinci (perancangan objek)

31 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 31 ▫Aktifitas perancangan basis data terdiri dari – Melakukan review terhadap basis data relational – Melakukan review terhadap basis data berorientasi objek – Membuat rekomendasi pembelian

32 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 32 ▫Berkaitan dengan administrasi dan pengelolaan aktivitas-aktivitas teknis – Pelacakan dan pengendalian proyek perangkat lunak – Review teknik secara formal – Penjaminan kualitas PL – Manajemen konfigurasi PL – Penyiapan dan produksi dokumen – Manajemen resiko

33 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 33 ▫ Software Engineering Institute (SEI) mengembangkan model kematangan kemampuan organisasi dalam mengelola proyek pengembangan PL → “process maturity” ▫ Model yang dikembangkan Capability Maturity Model (CMM) ▫ Kemampuan organisasi menciptakan produk berkualitasi bergantung pada banyak faktor baik teknis maupun manusia ▫ Faktor manusia menyangkut ▫ Kompetensi individu ▫ Manajemen ▫ Proses

34 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 34 ▫ Menyediakan metode estimasi dan perencanaan yang menunjukkan bagaimana cara melacak kinerja dibandingkan dengan rencana ▫ Mendefinisikan ketrampilan yang harus dimiliki rekayasawan ▫ Digunakan untuk mngembangkan kebiasaan pemrograman tertentu yang terukur ( lama coding, berapa linecode, berapa cacat )

35 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 35 –Sasaran: –Membangun tim yang diarahkan sendiri a)3-20 rekayasawan b)Menetapkan tujuan sendiri c)Menetapkan proses dan rencana sendiri d)Melakukan pelacakan pekerjaan –Cara pengelolaan tim –Meningkatkan CMM –Menyediakan peningkatan untuk menuju organisasi yang matang –Memberi fasilitas pengajaran mengenai tim di universitas dan industri

36 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 36 –TSP menekankan pada inisiatif tim dan interaksi bottom-up untuk peningkatan derajat profesionalisme di antara rekayasawan

37 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 37 ▫ Ada 5 level a)Level 1: Initial –Organisasi belum mempunyai metode formal, konsisten dan standar mengenai cara pembangunan sistem –Masing-masing pengembang bertindak sebagai seniman, anarki b)Level 2: Repeatable –Telah ada konsensus di organisasi mengenai cara melakukan sesuatu tapi belum diformalkan dan tertulis –Proses pengembangan sistem stabil lewat manajemen biaya dan jadwal, namun keberhasilan bergantung pada intuisi manajer proyej

38 SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 38 ▫ Ada 5 level c)Level 3: Defined –Telah terdapat proses pengembangan sistem yang formal dan terdokumentasi –Inspeksi dilaksanakan d)Level 4: Managed –Organisasi telah menerapkan pengukuran proses formal dan terhadap produknya e)Level 5: Optimizing –Usaha meningkatkan bagian proses yang ditemukan masih lemah dan tidak efisien –Gagasan dan teknologi yang inovatif


Download ppt "SOFTWARE ENGINEERING STIMIK CILEGON Date Edition Version Page : Agustus 2008 : 1.0 : 1 Agar mahasiswa dapat: –Memahami lingkup rekayasa perangkat lunak."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google