Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MK Komunikasi Massa Erman Anom, Ph.D. MEDIA MASSA INDONESIA Pengertian Media Massa Media Massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MK Komunikasi Massa Erman Anom, Ph.D. MEDIA MASSA INDONESIA Pengertian Media Massa Media Massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran."— Transcript presentasi:

1 MK Komunikasi Massa Erman Anom, Ph.D

2 MEDIA MASSA INDONESIA Pengertian Media Massa Media Massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran informasi secara massal dan dapat diakses oleh masyarakat secara massal pula. Fungsi Media Massa A. Fungsi Pengawasan Media Massa merupakan sebuah medium dimana dapat digunakan untuk pengawasan terhadap aktivitas masyarakat pada umumnya. Fungsi pengawasan ini bisa berupa peringatan dan kontrol sosial maupun kegiatan persuasif.

3 MEDIA MASSA INDONESIA B. Fungi Social Learning Media massa adalah guiding dan pendidikan sosial kepada seluruh masyarakat. Media massa bertugas untuk memberikan pencerahan kepada masyarakat. C. Fungsi Penyampaian Informasi Media massa memiliki fungsi utama yaitu menjadi proses penyampaian informasi kepada masyarakat luas. D. Fungsi Transformasi Budaya & Edukasi Melalui media massa perubahan-perubahan budaya yang disebabkan karena perkembangan telematika dapat diketahui masyarakat dunia. Media massa menjadi media yang setiap saat mendidik masyarakat supaya cerdas, terbuka pikirannya dan menjadi masyarakat yang maju. E. Fungsi Hiburan Media Massa juga berfungsi sebagai medium hiburan.

4 MEDIA MASSA INDONESIA Media massa adalah institusi yang berperan sebagai agent of change yaitu sebagai institusi pelopor perubahan. Begitupun dengan media massa yang ada di Indonesia. Media massa terdiri dari : (1) Media Cetak Yaitu surat kabar dan majalah. (2) Media Elektronik Yaitu radio, televisi dan media online (internet).

5 MEDIA MASSA INDONESIA Media Cetak terdiri dari : A. SURAT KABAR Sejarah Singkat Surat Kabar Surat Kabar merupakan media massa yang paling tua dibandingkan dengan jenis media massa lainnya. Sejarah telah mencatat keberadaan surat kabar dimulai sejak ditemukannya mesin cetak oleh Johann Guternberg di Jerman. A. Di Jerman Prototipe pertama surat kabar diterbitkan di Bremen Jerman pada tahun B. Di Inggris Di Inggris, surat kabar pertama yang masih sederhana terbit pada tahun 1621.Surat kabar harian yang pertama terbit adalah Daily Courant. C. Di Amerika Surat kabar harian pertama di Amerika serikat adalah Pennsylvania Evening Post dan Daily Advertiser yang terbit pada tahun 1973.

6 MEDIA MASSA INDONESIA D.Di Indonesia 1> Zaman Belanda, pada tahun 1828 di Jakarta diterbitkan Javasche Courant. 2>Zaman Jepang, pada saat itu surat kabar hanya bersifat propaganda dan memuji-muji pemerintah dan tentara Jepang. 3>Zaman Kemerdekaan, Surat Kabar Berita Indonesia yang diprakarsai Eddie Soeraedi berulang kali diberedel. 4>Zaman Orde Lama, Setelah Presiden Soekarno mengumumkan dekrit kembali ke UUD 45 tanggal 5 juli 1959, terdapat larangan kegiatan politik, termasuk pers. 5>Zaman Orde Baru, surat kabar orde baru yang tadinya dipaksakan untuk mempunyai “gantolan” (berafiliasi), kembali mendapatkan kepribadiannya. Misalnya Kedaulatan Rakyat berganti nama dengan Dwikora. 6>Zaman Reformasi, pada masa pascareformasi, SIUPP akhirnya dihapuskan. Sejak itulah jumlah penerbitan pers di Indonesia membengkak drastis. Delapan tahun sudah jalan kebebasan pres terbuka, tapi pers Indonesia belum menemukan jati dirinya. Pres Indonesia yang kebablasan dengan eksploitasi kekerasan, kriminalitas dan pronografi sebagai resep manjur untuk bertahan.

7 MEDIA MASSA INDONESIA B.MAJALAH Sejarah Singkat Majalah Keberadaan majalah sebagai media massa terjadi tidak lama setelah surat kabar. Sebagaimana surat kabar, sejarah majalah diawali dari negara-negara Eropa dan Amerika. A. Di Inggris Majalah pertama di Inggris (london) adalah Review yang diterbitkan oleh Daniel Depoe pada tahun B. Di Amerika Benjamin Franklin telah memelopori penerbitan majalah di Amerika tahun 1740 yakni General Magazine dan Historical Cronicle. C. Di Indonesia Sejarah keberadaan majalah sebagai media massa di Indonesia dimulai menjelang dan pada awal kemerekaan Indonesia. 1> Awal Kemerdekaan Soemanang,SH., Menerbitkan majalah Revue Indonesia. 2> Zaman Orde Baru Sejarah mencatat majalah Star Weekly serta majalah mingguan yang terbit di Bogor, Gledek, yang hanya berumur beberapa bulan saja.

8 MEDIA MASSA INDONESIA 3> Zaman Orde Baru Awal orde baru (1966) banyak majalah yang terbit dan cukup beragam jenisnya, diantaranya majalah Selecta pimpinan Sjamsudin Lubis, majalah sastra Horison pimpinan Mochtar Lubis, Panji Masyarakat dan majalah Kiblat- keduanya majalah Islam- yang semuanya terbit di Jakarta, serta majalah Adil yang terbit di Solo. 4> Zaman Reformasi Tidak diperlukan lagi Surat Izin Usaha Penerbitan Pers (SIUPP) di zaman reformasi,membuat berbagai pihak menerbitkan majalah baru yang sesuai dengan tuntutan pasar. Sistem nilai yang berbeda antara masyarakat Indonesia dengan Amerika Serikat, negara asal majalah Playboy, membuat majalah pria dewasa ini sempat ditolak keberadaannya di Indonesia melalui aksi dan demo brutal oleh beberapa ormas agama.

9 MEDIA MASSA INDONESIA Media Elektronik A. Radio Siaran Radio adalah media massa elektronik tertua dan sangat luwes. Selama hampir satu abad lebih keberadaannya, radio siaran telah berhasil mengatasi persaingan keras dengan bioskop, rekaman kaset, televisi, televisi kabel, electronic games dan personal cassette players. 1. Radio Siaran di Indonesia Perkembangan radio siaran di Indonesia dimulai dari masa penjajahan Belanda, penjajahan Jepang, Zaman kemerdekaan dan zaman Orde Baru. A. Zaman Belanda Radio siaran yang pertama di Indonesia ialah Bataviase Radio Vereniging (BRV) di Batavia (Jakarta tempo dulu) yang resminya didirikan pada tanggal 16 Juni 1925 pada saat Indonesia masih dijajah Belanda. B. Zaman Jepang Ketika Belanda menyerah pada jepang tanggal 8 Maret 1942, sebagai konsekuensinya, radio siaran yang tadinya berstatus perkumpulan swasta dinonaktifkan dan diurus oleh jawatan khusus bernama Hoso Kanri Kyoku yang merupakan pusat siaran di Jakarta.

10 MEDIA MASSA INDONESIA C.Zaman Kemerdekaan Pada tanggal 11 September 1945, RRI resmi didirikan. D.Zaman Orde Baru Sampai tahun 1966 RRI adalah satu-satunya radio siaran di Indonesia. E.Zaman Reformasi Pada era reformasi bermunculan radio siaran-siaran swasta.

11 MEDIA MASSA INDONESIA TELEVISI Dari semua media televisilah yang paling berpengaruh pada kehidupan manusia. Sejarah Singkat Televisi Penemuan televisi telah melalui berbagai eksperimen yang dilakukan ilmuwan akhir abad 19 dengan dasar penelitian yang dilakukan oleh James clark Maxwell dan Heinrich Hertz serta penemuan Marconi pada tahun Siaran Televisi di Indonesia Penyiaran melalui media televisi di Indonesia dimulai pada tanggal 24 Agustus 1962, bertepatan dengan dilangsungkannya pembukaan Pesta Olahraga se-Asia IV atau Asean Games di Senayan. Sejak itulah Televisi Republik Indonesia yang disingkat TVRI dipergunakan sebagai panggilan stasiun (station call) hingga sekarang.

12 MEDIA MASSA INDONESIA MEDIA ONLINE ( INTERNET) Nilai yang ditawarkan internet dapatlah dikiaskan sebagai sistem jalan raya dengan transportasi berkecepatan tinggi yang memperpendek perjalanan atau dapat diibaratkan sebuah perpustakaan yang dapat dikunjungi setiap saat, dengan kelengkapan buku, sumber informasi dan kemungkinan penulusuran informasi yang tak terbatas. Menurut Laquey (1997), asal mula internet adalah tercipta oleh sebuah ledakan yang tak terduga tahun 1969, yaitu dengan lahirnya Arpanet, suatu proyek eksperimen Kementian Pertahanan Amerika Seriat bernama DARPA (Departemen of Defense Advanced Research Project Agency).

13 MEDIA MASSA INDONESIA Media merupakan Industri dan dapat menciptakan lapangan pekerjaan, barang, jasa serta menghidupkan industri lain yang terkait. Media merupakan alat kontrol, sumber kekuatan, manajemen dan inovasi dalam masyarakat. Dengan adanya media maka tumbuhlah industri yang akhirnya dapat menjadi pegangan hidup bagi insan media. Apalagi setelah diperkuat dengan dikeluarkannya UU Penanaman Modal tahun 1969 dan puncaknya UU no.20/1994. Dalam UU no. 20/1994 ini dinyatakan untuk mempercepat peningkatan dan perluasana kegiatan ekenomian dan pembangunan nasional pada umumnya, maka diperlukan perluasan iklim usaha yang semakin mantap dan lebih menjamin kelangsungan penanaman modal asing.

14 MEDIA MASSA INDONESIA Dengan terjadinya perubahan struktur politik dan ekonomi diberbagai dunia serta meluasnya globalisasi perekonomian dunia, banyak dunia yang dulunya sangat tertutup bagi penanaman modal asing, sekarang telah membuka kesempatan sebesar-besarnya kepada modal asing dalam rangka meningkatkan kesempatan kerja, pertumbuhan dan memperluas kegiatan ekonominya. Keadaan ini telah berlangsung bersamaan dengan upaya bangsa Indonesia lebih meningkatkan dan memperluas kegiatan ekonomi serta memperbaharui pembangunan nasionalnya dengan memberikan peranan yang besar dalam masyarakat dan dunia usaha dalam pembiayaan pembangunan. Dengan adanya UU No.20 tahun 1994 maka media massa di Indonesia semakin tumbuh dan berkembang menjadi industri Bisnis yang dapat menghidupi orang banyak terutama insan-insan media.

15 MEDIA MASSA INDONESIA Kesimpulan Media Massa memiliki fungsi yaitu Fungsi pengawasan, social learning, penyampaian informasi, Transformasi budaya dan hiburan. Media massa idealismenya sebagai alat perjuangan Nasional. Sejalan dengan perkembangannya dan didukung oleh UU no.20 th 1994 sebagai dasar hukum, maka media massa tumbuh sebagai Industri bisnis yang dapat menghidupi masyarakat banyak dan meningkatkan percepatan ekonomi dan memiliki peranan yang besar bagi pembangunan nasional.

16 MEDIA MASSA INDONESIA DAFTAR PUSTAKA Ardianto Elvinaro, Komala Lukiato, Karlinah Siti : Komunikasi Massa. Suatu pengantar, Edisi revisi. Bandung : Simbiosa Rekatama Media. Wiryanto Teori Komunikasi Massa. Jakarta : Grasindo. Mc Quail, Denis Mass Communication theory : an introduction. Edisi ke-2. London : Sage Publications.

17 TERIMA KASIH


Download ppt "MK Komunikasi Massa Erman Anom, Ph.D. MEDIA MASSA INDONESIA Pengertian Media Massa Media Massa adalah media komunikasi dan informasi yang melakukan penyebaran."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google