Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

JARINGAN KOMUNIKASI DATA Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "JARINGAN KOMUNIKASI DATA Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan."— Transcript presentasi:

1 JARINGAN KOMUNIKASI DATA Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan protokol dan media transmisi tertentu. Berdasarkan luas area cakupan yang dicapai jaringan komputer dapat diklasifikan menjadi : Local Area Network (LAN) dan Wide area Network (WAN). Luas cakupan LAN lebih kecil dari WAN biasanya terdiri dari sekelompok gedung yang saling berdekatan.

2 TOPOLOGI JARINGAN Topologi jaringan merupakan suatu cara untuk menghubungkan komputer atau terminal-terminal dalam suatu jaringan. Model dari topologi jaringan yang ada antara lain: Star, Loop, ring dan Bus.

3 Topologi Jaringan Terdapat beberapa topologi yaitu: 1.Jaringan Bintang (Star Network) 2.Jaringan Pohon (Tree Network) 3.Jaringan Garis Lurus (Bus Network) 4.Jaringan Cincin (Ring Network)

4 Jaringan Bintang (Star Network) –Pemasangan/perubahan stasiun sangat mudah dan tidak mengganggu bagian lain –Kontrol terpusat –Kemudahan deteksi dan isolasi kesalahan/kerusakan

5 Jaringan Pohon (Tree Network) Keuntungan –Kontrol manajemen lebih mudah karena terpusat dibagi-bagi dalam jenjang - jenjang Kerugian –Bila satu node rusak maka node jenjang bawahnya tidak dapat berfungsi

6 Jaringan Garis Lurus (Bus Network) Keuntungan –Layout kabel sederhana –Mudah dikembangkan –Bila salah satu node rusak, tidak akan mengganggu node yang lain Kerugian –Kepadatan lalu lintas –Bila bus rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

7 Jaringan Cincin (Ring Network) Keuntungan –Layout kabel sederhana –Mudah dikembangkan –Bila salah satu node rusak, tidak akan mengganggu node yang lain Kerugian –Kepadatan lalu lintas –Bila link rusak, maka jaringan tidak bisa berfungsi.

8 Peralatan Jaringan Pada saat sinyal dikirim melalui jaringan, maka sinyal tersebut harus dikuatkan dengan beberapa peralatan:

9 Repeater memperkuat dan melakukan refresh pada sinyal sehingga dapat dikirim lebih jatuh. Bridges menghubungkan jaringan yang menggunakan sambungan fisik yang berbeda semisal menghubungkan pengkabelan twisted pair dengan coaxial cable.

10 Router membaca alamat pesan dan memforward pesan tersebut ke komputer berikutnya sampai pada akhir tujuan. Gateways menghubungkan dua jaringan yang menggunakan protokol yang berbeda sehingga jaringan tersebut dapat saling berkomunikasi satu sama lain.


Download ppt "JARINGAN KOMUNIKASI DATA Jaringan Komunikasi data atau Jaringan Komputer merupakan sekumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain menggunakan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google