Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Jogjakarta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Jogjakarta."— Transcript presentasi:

1 Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Jogjakarta

2 Pembagian periodesasi perkembangan pemikiran Islam  Pertama, perlu diketahui bahwa bahasan ini tak lepas dari bahasan-bahasan berkenaan dengan Sejarah Pensyariatan Islam (Tarikh al-Tasyri’i’l Islamiy).  Kedua, apabila demikian, maka pada dasarnya telah muncul pembagian periodesasi perkembangan pemikiran Islam berdasarkan konsep sejarah. Ali Jumah menyatakan bahwa Ulama seolah-olah hampir menyepakati adanya 6 periode sejarah (Ali Jumah, 1996: 153).

3 Enam Periode Sejarah Pensyariatan Islam  Dalam karyanya al-Madkhal, Ali Jum’ah menyebutkan enam periode tersebut sebagai berikut: 1. Periode Kenabian ( عصر النبوة ) yang dinyatakan sebagai periode Nas ( عصر النص ). 2. Periode Khulafâ` al-Râsyidîn, yaitu periode transfer nas dari Rasulullah Saw kepada para sahabat, ketetapannya, dan ijtihad pada persoalan-persoalan baru ( عصر نقل النص وضبطه والإجتهاد في أهم الوقائع الحادثة ) 3. Periode ketiga yang dimulai dari berakhirnya Khulafâ` al- Râsyidîn sampai abad kedua Hijriyah. 4. Periode keempat yang dimulai dari 101 H – 310 H. 5. Periode kelima yang dimulai dari pertengahan abad ke-5 H sampai runtuhnya Daulah Abbasiyah di Baghdad tahun 656 H / 1258 M. 6. Periode keenam yang dimulai dari runtuhnya Baghdad sampai saat ini.

4 Dari keenam periode tersebut, paling tidak bisa kita kategorikan menjadi: 1. Periode Klasik 2. Periode Pertengahan 3. Periode Modern 4. Periode Kontemporer Empat kategori periode pemikiran Islam berdasarkan pembagian enam periode dejarah pensyariatan Islam

5 Outline Pembahasan :  Pemikiran Islam periode Rasulullah  Pemikiran Islam periode Khulafâ` al-Râsyidîn  Pemikiran Islam Klasik: (1) Syiah; (2) Khawarij; (3) Muktazilah; (4) Ahl al-Sunnah Wa’l Jamâ’ah; (5) Madzâhibu’l Arba’ah (Imam Abu Hanifah, Imam Malik, Imam Syafi’I, Imam Ahmad bin Hanbal  Pemikiran Islam Pertengahan, di antaranya: Imam Ghozali, Imam Syatibi, Ibnu Taimiyah  Pemikiran Islam Modern, di antaranya: Muhammad bin Abdul Wahab, Muhammad Abduh, Muhammad Iqbal, Qasim Amin.  Pemikiran Islam Kontemporer, di antaranya Yusuf Qardzawi, Fazlurrahman, Taha Jabir Ilwani.  Pemikiran Islam di Indonesia: Muhammadiyah-NU

6 Pemikiran Islam Periode Rasulullah  Pada periode ini pemikiran Islam merupakan pemikiran murni. Hal ini didasarkan pada hirarki transfer ilmu secara langsung dari Allah Swt. kepada Rasulullah Saw.  Konsep pemikiran yang ditanamkan awal kali kepada Rasulullah adalah konsep Iqra` (QS. Al-Alaq: 1-5).  Keaslian atau kemurnian pemikiran yang dijaminkan Allah kepada Rasulullah Saw. Berdasarkan pada firman-Nya: Wa mâ yanthiqu ‘ani’l hawâ in huwa illâ wahyun yûhâ  Konsep Iqra` ini kemudian diajarkan Rasulullah Saw kepada para sahabatnya untuk kemudian mereka menyebarkannya dengan dasar pemikiran tersebut.  Pada periode ini praktis tidak ada perbedaan-pertentangan terkait dengan hukum maupun teologi.  Hal ini dikarenakan Rasulullah Saw sebagai sentral ilmu. Apa yang ditanyakan sahabat kepadanya, maka akan dijawab.


Download ppt "Pendidikan Ulama Tarjih Muhammadiyah (PUTM) Jogjakarta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google