Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BACKUP DATA. S EKILAS T ENTANG B ACKUP D ATA Backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan yang dapat di restore kembali.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BACKUP DATA. S EKILAS T ENTANG B ACKUP D ATA Backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan yang dapat di restore kembali."— Transcript presentasi:

1 BACKUP DATA

2 S EKILAS T ENTANG B ACKUP D ATA Backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan yang dapat di restore kembali apabila ada data yang hilang. Data salinan tersebut biasa disebut dengan backup. Backup berguna untuk dua tujuan utama yaitu : 1. Untuk mengembalikan (restore) data yang mengalami kerusakan akibat terhapus atau hilang. 2. Untuk mengembalikan file setelah mengalami kesalahan menghapus atau korups

3 B. M ETODE BACKUP DATA DAN METODE MANIPULASI DATA Beberapa metode backup data adalah sebagai berikut 1. Menyalin file (copying files) Membuat salinan file merupakan cara mudah dan banyak digunakan untuk melakukan backup. Hal ini berarti fungsi dasar yang termasuk dalam semua software backup dan semua Sistem Operasi. 2. Mengidentifikasi perubahan (identification of change) Beberapa filesystem memiliki archive bit untuk masing-masing file yang disebut dengan recently changed (perubahan yang terakhir). Beberapa software melihat dari tanggal dari sebuah file dan memadatkannya (compress) sebagai backup terakhir. 3. Block Level Incremental Beberapa metode backup yaitu dengan menyimpan blok perubahan di dalam sebuah file. Tetapi hal ini membutuhkan level tinggi antara filesystem dengan software backup.

4 M ETODE MANIPULASI DATA Seringkali manipulasi data digunakan untuk mengomptimalkan proses backup. Beberapa manipulasi dapat meningkatkan kecepatan backup, kecepatan restore, keamanan data dan penggunaan media penyimpanan. 1. Kompresi (Compression) Teknik kompresi merupakan teknik memadatkan data, dan menghemat ruang penyimpanan data. Metode kompresi biasanya tersedia dalam fasilitas tape drive hardware. 2. Duplikasi (Duplication) Beberapa pekerjaan backup adalah menduplikasi sebuah set penyimpanan media kedua. Hal ini dapat dilakukan dengan menyimpan salinan kedua (a second copy) pada lokasi yang berbeda atau pada media penyimpanan yang berbeda. 3. Enkripsi (Encryption) Kapasitas tinggi media penyimpanan yang dapat dipindah (removable storage media) memungkinkan data dapat hilang atau dicuri. Namun, enkripsi data dapat menyebabkan proses berjalan lambat, serta tidak efektif untuk data enkripsi.

5 M ACAM 2 P ROGRAM B ACKUP DATA Backup Data Windows Nero Hiren (Gost)


Download ppt "BACKUP DATA. S EKILAS T ENTANG B ACKUP D ATA Backup mengacu pada menyalin data, dimana data tersebut merupakan data salinan yang dapat di restore kembali."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google