Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENDALI SAKLAR JARAK JAUH DAN OTOMATISASI SAKLAR DENGAN RTC BERBASIS ATMega8535 Wahyu Setiawan 10406738 Teknik Elektro Universitas Gunadarma.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENDALI SAKLAR JARAK JAUH DAN OTOMATISASI SAKLAR DENGAN RTC BERBASIS ATMega8535 Wahyu Setiawan 10406738 Teknik Elektro Universitas Gunadarma."— Transcript presentasi:

1 PENGENDALI SAKLAR JARAK JAUH DAN OTOMATISASI SAKLAR DENGAN RTC BERBASIS ATMega8535 Wahyu Setiawan Teknik Elektro Universitas Gunadarma

2 ABSTRAKSI Penulisan ini dibuat karena Kemajuan teknologi dibidang elektronika saat ini berkembang cepat sekali dan berpengaruh dalam pembuatan alat-alat canggih dengan bantuan mikrokontroler untuk kemudahan dan efisiensi waktu. Dengan mikrokontroller hanya dengan penekanan tombol saklar elektronik yang tersambung dapat bekerja, dan dengan setting waktu yang ada dalam RTC alat tersebut akan bekerja otomatis sesuai dengan perintah yang dimasukkan, Oleh karena itu, penulis berinisiatif untuk membuat suatu alat yang digunakan sebagai pengendali jarak jauh dan menggunakan Real Time Clock untuk otomatisai gerak nya.

3 Latar Belakang & Pembatasan Masalah Latar Belakang masalah : Kemajuan teknologi dibidang elektronika berpengaruh dalam pembuatan alat-alat canggih, yaitu alat yang dapat bekerja secara otomatis dan memiliki ketelitian tinggi dengan bantuan mikrokontroler, penulis membuat alat yang bisa mengontrol saklar dari jarak jauh dan RTC sebagai otomatisasi pewaktuannya Pembatasan Masalah meliputi : Alat yang dibuat berbasis mikrokontroler Remote kontrol yang digunakan adalah remote kontrol TV dengan frekuensi 36kHz Jarak Jangkau Remote sejauh 4 meter Ruangan yang digunakan disesuaikan dengan kemampuan remote TV Beban menggunakan lampu 5 W Catu daya tidak dibahas, karena penulis memanfaatkan adapator keluaran D-Link

4 Tujuan dan Metodologi Penelitian Tujuan Penelitian : Tujuan yang ingin dicapai adalah membuat alat yang dapat dikontrol dengan menggunakan remote kontrol TV untuk mengaktifkan peralatan yang terkoneksi pada alat tersebut yaitu lampu, dan dengan RTC saklar yang telah terhubung akan aktif dan mati secara otomatis sesuai tanggal jam dan menit yang telah dimasukkan. Metodologi Penelitian : 1. Studi literatur 2. Perencanaan dan pembuatan alat 3. Pengujian alat 4. Analisa data

5 Rancangan

6 Gambar rangkaian

7 Flowchart

8

9 Kesimpulan Detektor infra merah dapat mendeteksi sinyal remote kontrol televisi pada jarak lebih kurang 4 meter dengan sudut lebih kurang 60o dari detektor infra merah. Saklar yang terkoneksi pada mikrokontroller dapat dikontrol pada jarak jauh dan ada empat tombol remote kontrol yang digunakan sebagai fungsi mematikan dan menghidupkan peralatan tombol “power”, “1”, “2”, dan “3”, “menu”, “ok”. Dengan penambahan RTC mikrokontroller ini dapat bekerja pada tiga mode hitung mundur menit, hitung mundur jam, dan mode jadwal. Dengan mode jadwal mikrokontroller dapat menghidupkan dan mematikan saklar secara otomatis sesuai hari, jam dan menit yang ditentukan. Dengan mengatur hitung mundur menit dan jam mikrontroller dapat mematikan semua saklar yang hidup secara otomatis.

10 Saran Beberapa tambahan yang diperlukan dalam meningkatkan kemampuan alat in adalah: Agar seluruh fungsi tombol dapat dimaksimalkan, maka beban yang akan dikontrol oleh remote dapat ditambahkan. Sistem ini dapat dikembangkan dengan membuat remote sendiri yang dapat bersinkronisasi dengan TSOP4836.


Download ppt "PENGENDALI SAKLAR JARAK JAUH DAN OTOMATISASI SAKLAR DENGAN RTC BERBASIS ATMega8535 Wahyu Setiawan 10406738 Teknik Elektro Universitas Gunadarma."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google