Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN Usaha Perseorangan (Sole proprietory) Persekutuan (Partnership) Koperasi (Cooperative) Perseroan / Korporasi (Coorporation)

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN Usaha Perseorangan (Sole proprietory) Persekutuan (Partnership) Koperasi (Cooperative) Perseroan / Korporasi (Coorporation)"— Transcript presentasi:

1 BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN Usaha Perseorangan (Sole proprietory) Persekutuan (Partnership) Koperasi (Cooperative) Perseroan / Korporasi (Coorporation)

2 Perusahaan Pereorangan (Sole Proprietory) Bisnis yang dimiliki dan biasanya dijalankan oleh satu orang yang bertanggung jawab atas semua hutang-hutangnya

3 Keuntungan Perusahaan Perseorangan Kebebasan Pengendalian perusahaan dilakukan sepenuhnya oleh pemilik tanpa memberi laporan kepada siapapun Kemudahan dalam pendirian Keharusan dokumen legal sangat terbatas. Semua laba hanya untuk pengusaha pereorangan Karena dikelolah sendiri maka keuntungan perusahaan hanya untuk pemilik Biaya awal pendirian yang rendah Pajak rendah Karena laba perusahaan pereorangan dianggap penghasilan pereorangan.

4 Kerugian Perusahaan peseorangan Tanggung jawab tanpa batas (unlimited liability) Para pemilik bertanggungjawab dalam pembayaran hutang- hutangnya Tidak adanya kontinuitas Usaha pereorangan akan bubar apabila pemiliknya meninggal Sumber daya perusahaan terbatas Dana dan ketrampilan yang dimiliki pengusaha terbatas.

5 Persekutuan (Partnership) Bisnis yang dimiliki oleh dua orang atau lebih secara bersama-sama

6 Bentuk Persekutuan Persekutuan Firma / Perusahaan Kemitraan Umum( General Partnership) Perusahaan kemitraan dimana semua mitra pengusaha mempunyai tanggung jawab tidak terbatas Persekutuan Komanditer (CV)/Perusahaan Kemitraan Terbatas (Limited Partnership) Perusahaan yang mempunyai beberapa mitra pengusaha dengan tanggung jawab terbatas.

7 Keanggotaan CV Mitra Pengusaha Terbatas ( Limited Partner) Mitra pengusaha dimana tanggungjawabnya terbatas atas modal atau properti yang mereka kontribusikan kedalam perusahaan kemitraan. Mitra Pengusaha Umum ( General Partner) Mitra pengusaha yang mengelola bisnis, menerima gaji, membagi laba/rugi dari pada bisnisnya dan mempunyai tanggungjawab tidak terbatas.

8 Kebaikan dan Keburukan Persekutuan Kebaikan Persekutuan –Kemampuan manajemen lebih besar –Pendirian Firma relatif lebih mudah –Kebutuhan modal lebih mudah terpenuhi. Keburukan Persekutuan –Tanggung jawab pemilik yang tidak terbatas terhadap seluruh hutang perusahaan –Kerugian yang diakibatkan oleh seorang anggota harus ditanggung bersama oleh anggota yang lain. –Kelangsungan perusahaan tidak menentu. (tidak adanya kontiunitas)

9 Koperasi (Cooperative) Bentuk organisasi dengan sekelompok usaha perorangan dan atau persekutuan sepakat untuk bekerjasama bagi kepentingan bersama

10 Unsur-unsur yang terkandung dalam koperasi Berasaskan kekeluargaan atau gotong royong Bertujuan untuk mengembangkan kesejahteraan anggota, dan masyarakat. Keanggotaan bersifat sukarela / atas dasar kekeluargaan Pembagian hasil usaha didasarkan atas keseimbangan jasa Kekuasaan tertinggi berada ditangan rapat anggota

11 Perseroan (Cooporation) Bisnis yang secara legal dianggap sebagai sebagai suatu entitas terpisah dari pemilik- pemiliknya dan bertanggung jawab atas hutang-hutangnya sendiri, tanggung jawab pemilik terbatas pada besarnya investasi mereka

12 Jenis Korporasi Korporasi Tertutup (Private Corporation) Korporasi yang sahamnya dipegang hanya oleh beberapa orang dan tidak dapat dijual kepada masyarakat umum. Korporasi Publik ( Public Corporation) Korporasi yang sahamnya secara luas dipegang dan dapat dijual kepada masyarakat umum

13 Kepemilikan saham dan hak-hak pemegang saham Saham (Stock) Suatu bagian kepemilikan dalam sebuah korporasi Stockholder / Shareholder Pemilik bagian saham dalam sebuah korporasi Dividen bagian keuntungan yang diperoleh pemegang saham Jenis- Jenis Saham –Saham Biasa (Common Stock) Saham yang menjamin adanya hak memberikan suara (Voting) kepada korporasi tetapi memiliki klaim terakhir atas kekayaan korporasi

14 Jenis-Jenis Saham –Saham Preferen (Preferred Stock) Saham yang menjamin deviden tetap bagi pemegangnya dan memiliki perioritas klaim atas kekayaan korporasi tetapi tidak memiliki hak memberikan suara (voting) dalam korporasi –Saham Bonus Saham yang diberikan secara cuma-cuma karena keuntungan perusahaan dimasa yang lalu dalam bentuk cadangan yang terlalu besar dan perlu dikurangi.

15 Jenis-Jenis Saham –Saham Pendiri Saham yang diberikan kepada pendiri perseroan karena jasa-jasanya pada masa pendirian perusahaan –Saham Kosong (Repurchase Stock) Saham yang dibeli kembali oleh perseroan dari pemmegang saham yang kemudian disimpan dan tidak ikut serta lagi dalam modal perseroan

16 Kebaikan dan Keburukan Korporasi Kebaikan Korporasi –Adanya tanggung jawab yang terbatas dari pemegang saham terhadap hutang-hutang. –Mudah mendapatkan tambahan dana atau modal –Kelangsungan hidup PT lebih terjamin. –Terdapat efisiensi pengelolaan sumber dana dan efisiensi kepemimpinan. Keburukan Korporasi –PT merupakan subyek pajak tersendiri dan dividen yang diterima oleh pemegang saham dikenakan pajak lagi sebagai pajak pendapatan perseorangan. –Pendirian PT tidak mudah. –Kurang terjaminnya rahasia perusahaan.

17 METODE UNTUK MEMILIKI BISNIS YANG ADA Mengambil kepemilikan dari bisnis yang ada Membeli bisnis yang ada Orang yang akan membeli bisnis harus mempertimbangkan: –A–Apakah mereka mempunyai keahlian menjalankan bisnis. –H–Harus membandingkan keuntungan yang diharapkan dari bisnis itu dengan modal yang diperlukan untuk membeli pada permulaannya. –V–Volume penjualan yang lalu digunakan untuk mempertimbangkan volume penjualan yang akan datang. –P–Pelanggan yang ada.

18 Franchise (Waralaba) Jenis Waralaba Distributor (distributorship) Seorang dealer boleh menjual produk yang dihasilkan oleh sebuah manufaktur. Bisnis gaya rantai (Chain style Business) Suatu perusahaan diperbolehkan menggunakan nama dagang suatu perusahaan lain dengan mengikuti petunjuk yang berhubungan dengan harga atau penjualan produk tersebut. Pengaturan manufaktur (manufacturing arrangement) Sebuah perusahaan diperkenankan menghasilkan produk pemakai formula yang diberikan oleh perusahaan lain.

19 –Keuntungan Waralaba Gaya pengelolaan yang telah terbukti Nama yang telah di kenal Dukungan dana –Kerugian Waralaba Berbagi keuntungan Pengendalian manajemen Menciptakan pesaing sendiri.

20 Thank you Don”t Forget your homework and……… bye….bye


Download ppt "BENTUK-BENTUK PERUSAHAAN Usaha Perseorangan (Sole proprietory) Persekutuan (Partnership) Koperasi (Cooperative) Perseroan / Korporasi (Coorporation)"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google