Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Soal-soal Latihan Peluang Workshop Olimpiade Matematika SD.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Soal-soal Latihan Peluang Workshop Olimpiade Matematika SD."— Transcript presentasi:

1 1 Soal-soal Latihan Peluang Workshop Olimpiade Matematika SD

2 2 1. Sebuah dadu mempunyai enam sisi. Berapa peluang kejadian: (a) munculnya mata dadu dengan angka prima? (b) munculnya mata dadu dengan angka lebih dari 4?

3 3 2. Dua buah dadu, masing-masing mempunyai enam sisi. Berapa peluang kejadian: (a) jumlah kedua mata dadu sama dengan 11? (b) jumlah kedua mata dadu lebih besar dari 8? (c) jumlah kedua mata dadu ganjil? (d) jumlah kedua mata dadu sama dengan 1?

4 4 3. Sebuah kotak berisi 10 bola yang terdiri dari 4 bola biru dan 6 bola putih. Jika dari kotak tersebut diambil 4 bola secara acak, berapapeluang kejadian yang terambil: (a) semuanya bola? (b) semuanya bola putih? (c) dua bola biru dan dua bola putih? (d) sekurang-kurangnya tiga bola putih?

5 5 4.Sebuah kotak berisi 12 bola yang terdiri dari 3 bola merah, 4 bola hijau, dan 5 bola putih. Jika dari kotak tersebut diambil 5 bola secara acak, berapa peluang kejadian yang terambil: (a) semuanya bola putih (b) dua bola merah, dua bola hijau, dan satu bola putih (c) empat bola hijau dan satu bola merah (d) sekurang-kurangnya empat bola putih

6 6 5.Pada sebuah kotak terdapat 6 bola kuning dan 4 bola biru, akan diambil 3 buah bola satu demi satu tanpa pengembalian. Tentukan peluang yang terambil, pertama kuning, kedua kuning, dan yang ketiga biru!

7 7 6. Satu pak kartu terdiri dari 52 kartu. Kartu tersebut terdiri dari 4 jenis, yaitu:  sekop dan  keriting berwarna hitam. hati dan  wajik berwarna merah. Setiap jenisnya terdiri atas kartu 2, 3, 4, 5, 6, 7, 8, 9, 10, J, Q, K, dan A. Jika ingin diambil satu kartu secara acak, berapakah peluang kejadian yang terambil: (a) kartu Q wajik (b) kartu hati (c) kartu J (d) kartu berwarna merah (e) kartu bernomor 3 (f) kartu bernomor ganjil (g) kartu bernomor prima (h) kartu bukan K

8 8 7. Seseorang ingin dipilih dari tujuh orang di bawah ini. Pria : Budi, Iwan, Hasan Wanita : Lina, Susi, Indah, Dini Berapakah peluang kejadian yang terpilih: (a) Hasan (b) bukan Hasan (c) wanita (d) seorang yang namanya diawali huruf I (e) seorang yang namanya diakhiri huruf I

9 9 8. Tiga pasang suami istri duduk berderetan pada kursi yang panjang. Berapakah peluang setiap suami duduk di sebelah istrinya masing- masing?

10 10 9. Kelompok ‘ Matematika Asyik ’ beranggotakan 10 siswa dan 12 siswi. Berapakah peluang terbentuknya pengurus yang terdiri dari 2 siswa dan 1 siswi?

11 Sebuah dadu dan uang logam dilempar secara bersamaan. Tentukan peluang kejadian munculnya mata dadu angka 3 dan sisi uang logam adalah angka!

12 Tentukan peluang diambilnya 2 kartu K dari kartu remi jika: (a) dengan pengembalian (b) tanpa pengembalian

13 Dari lima murid yang berusia 6,7,8,9,dan 10 ingin dipilih 2 orang secara acak. Berapa peluang jika selisih usianya paling sedikit 2 tahun?

14 Sebuah kotak terdiri dari m bola putih dan n bola hitam. Dua bola diambil secara acak tanpa pengembalian. Toto ingin mengambil satu bola dari masing- masing warna. Buktikan bahwa peluang kejadiannya adalah

15 Pak Gokil pergi mengunjungi rumah Pak Jaim, teman yang sudah lama tidak dijumpainya. Ia mengetahui bahwa Pak Jaim telah menikah dan mempunyai dua orang anak yang berusia 16 dan 13 tahun. Namun, ia tidak mengetahui jenis kelamin mereka. (a) Ketika Pak Gokil mengetuk pintu rumah Pak Jaim, seorang anak perempuan yang menjawab. Berapakah peluang kejadian anak Pak Jaim yang lain adalah perempuan? (b) Sekarang, perhatikan kasus yang hampir sama. Ketika Pak Gokil mengetuk pintu rumah Pak Jaim, seorang anak perempuan yang menjawab. Ia berkata, “ Saya adalah anak tertua di keluarga kami. Saudara saya sedang bermain basket. ” Berapakah peluang kejadian anak Pak Jaim yang lain adalah perempuan?

16 Misalkan kamu menulis 2006 surat dan mengalamatkan 2006 amplop. Dengan mata tertutup, kamu memasukkan secara acak satu surat ke dalam satu amplop. (a) Berapakan peluang kejadian hanya satu amplop yang memuat surat yang salah? (b) Berapakan peluang kejadian tepat dua amplop yang memuat surat yang salah dan amplop yang lain memuat surat yang benar?


Download ppt "1 Soal-soal Latihan Peluang Workshop Olimpiade Matematika SD."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google