Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4. Memahami peluang kejadian sederhana 4.1. Menentukan ruang sampel suatu percobaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4. Memahami peluang kejadian sederhana 4.1. Menentukan ruang sampel suatu percobaan."— Transcript presentasi:

1

2

3 STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4. Memahami peluang kejadian sederhana 4.1. Menentukan ruang sampel suatu percobaan

4 INDIKATORMATERI 1. Menentukan peluang suatu kejadian Kejadian acak Kejdian sederhana 2. Menentukan frekuensi nisbi (relatif) dari beberapa percobaan Frekuensi nisbi (relatif) 3. Menjelaskan pengertian ruang sampel, titik sampel suatu percobaan. Ruang sampel Titik sampel 4.Menentukan ruang sampel suatu percobaan dengan mendata titik sampelnya. Ruang sampel Titik sampel

5 Apakah sebenarnya yang dimaksud dengan PELUANG atau KEMUNGKINAN itu ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut, pelajarilah pengertian peluang & nilai peluang suatu kejadian berikut !!!

6 Lakukanlah percobaan-percobaan berikut Percobaan 1 Lemparkan sebuah mata uang logam. Dapatkah kamu memastikan sisi yang akan muncul, sisi angka atau sisi gambar? Percobaan 2 Lemparkan sebuah dadu. Dapatkah kamu memastikan muka dadu yang akan muncul? 1. Kejadian Acak LAKUKANLAH PERCOBAAN UNTUK MEMAHAMI PENGERTIAN KEJADIAN ACAK

7 Setelah melakukan percobaan, apa yang kamu pahami tentang Kejadian Acak ? Cek Jawaban Anda P e r t a n y a a n

8 Kejadian acak yaitu kejadian yang tidak dapat diperkirakan hasilnya sebelum terjadi

9 2. Kejadian Sederhana Misalkan sebuah kartu diambil secara acak dari seperangkat kartu bridge tersebut. Andaikan kartu yang terambil bergambar wajik, kejadian muncul kartu bergambar wajik pada pengambilan tersebut dinamakan kejadian sederhana karena munculnya kartu bergambar wajik pasti merah. Kejadian munculnya kartu berwarna merah dinamakan kejadian bukan sederhana karena munculnya kartu berwarna merah belum tentu bergambar wajik, tetapi mungkin bergambar hati.

10 Frekuensi relatif (nisbi) muncul kejadian A dirumuskan sebagai berikut Frekuensi relatif terkadang ditulis dalam bentuk persentase yaitu: 3. Frekuensi Relatif Cara menghitung peluang dengan pendekatan frekuensi relatif

11

12 Perhatikan sekeping mata uang logam dengan sisi-sisi ANGKA dan GAMBAR Sisi Angka (A)Sisi Gambar (G) Maka : Ruang Sampel (S)={ A, G } Titik Sampel=A dan G, maka n(S) = 2 4. Titik sampel & Ruang Sampel

13 !!! Perhatikan pelemparan sebuah dadu bersisi enam Maka : Ruang Sampel (S)={ 1, 2, 3, 4, 5, 6 } Titik Sampel= 1, 2, 3, 4, 5, dan 6, maka n(S) = 6 Kemungkinan Muncul : Angka 1 Angka 2 Angka 3 Angka 4 Angka 5 Angka 6 Pertanyaan : Apa yang dimaksud Titik Sampel dan Ruang Sampel ? Cek Jawaban Anda

14  Titik sampel : setiap anggota dari ruang sampel  Ruang Sampel:Kumpulan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan  Ruang Sampel:Kumpulan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan

15 Menentukan ruang sampel dari titik sampel Ada tiga cara : Mendaftar Tabel Diagram Pohon

16 Menentukan Ruang Sampel dengan Mendaftar Misal : Pada pelemparan dua keping uang logam sekaligus, Pada uang logam pertama sisi angka (A) pada uang logam kedua sisi gambar (G) Pada uang logam ketiga sisi angka (A) Maka ruang sampelnya adalah S = {AA, AG, GA, GG} dengan n (S)=4

17 Menentukan Ruang Sampel dengan Tabel Misal : Pada pelemparan dua keping uang logam sekaligus Misal : Pada pelemparan dua keping uang logam sekaligus I IIAG AAAAG GGAGG Kolom pertama Baris pertama Jadi, Ruang sampelnya adalah S={AA, AG, GA, GG}

18 Menentukan Ruang Sampel dengan Diagram Pohon Misal: Pada pelemparan dua keping logam sekaligus Jadi, Ruang sampelnya adalah S={AA, AG, GA, GG}

19 K E SI M P U L A N

20 Latihan soal Pilih salah satu jawaban yang benar! 1.Banyak titik sampel pada warna bendera negara kesatuan Republik Indonesia adalah… a. 0 buah b. 1 buah c. 2 buah d. 3 buah

21 Keciaaaan...nnnn...deh loo.!!! Aku akan coba lagi dan pasti bisa! Aku nyerah dehhh, dan lihat penyelesaiannya Refreshing dulu aaa….hhhhhhh………..

22 Jawaban: c. 2 buah Karena warna bendera negara R.I. terdiri dari warna merah dan putih. Dengan demikian, S={merah, putih} dan banyak titik sampelnya = 2 buah. Betul !!!

23 Pada pelemparan dadu sebanyak 150 kali, muncul muka dadu bernomor 3 sebanyak 25 kali. Berapakah frekuensi relatif munculnya muka dadu bernomor 3 ! 2. a. 0, 15 d. 0, 17 c. 6 b. 7

24 Keciaaaan...nnnn...deh loo.!!! Aku akan coba lagi dan pasti bisa! Aku nyerah dehhh, dan lihat penyelesaiannya Refreshing dulu aaa….hhhhhhh………..

25 Betul !!!

26

27 Diakhiri saja…..

28

29 1. Pada pelemparan 2 dadu bersama-sama. A adalah kejadian munculnya mata dadu berjumlah 5 dan B adalah kejadian munculnya mata dadu berjumlah 9. Peluang kejadian A atau B adalah Sebuah kantong berisi 6 bola merah dan 4 bola biru. Dilakukan pengambilan secara random 2 kali berturut-turut tanpa pengembalian. Peluang mendapatkan bola merah keduanya adalah Terambilnya 4 bola merah semuanya dalam sebuah kantong yang berisi 7 bola merah dan 4 bola putih

30 Ingatlah….. "Barang siapa bermain dadu, maka sungguh dia durhaka kepada Allah dan RasulNya." ( Riwayat Ahmad, Abu Daud, Ibnu Majah dan Malik)

31


Download ppt " STANDAR KOMPETENSI KOMPETENSI DASAR 4. Memahami peluang kejadian sederhana 4.1. Menentukan ruang sampel suatu percobaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google