Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Arkiani Kramadisastra Primasha Syafira Noor Rahma XI IPA 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Arkiani Kramadisastra Primasha Syafira Noor Rahma XI IPA 1."— Transcript presentasi:

1 Arkiani Kramadisastra Primasha Syafira Noor Rahma XI IPA 1

2 FOR YOUR INFORMATION

3

4

5

6

7

8 Penyakit dan kelainan sistem peredaran darah Kelainan pada sistem peredaran darah atau sistem transportasi manusia dapat terjadi karena bawaan sejak lahir, kecelakaan, penyakit-penyakit tertentu dalam waktu yang lama. Penyakit akan terjadi di organ tubuh, jika terjadi infeksi, sementara sistem pertahanan sudah tidak sanggup menanggulanginya.

9  Hemofilia, adalah penyakit menurun yang disebabkan darah sukar atau sulit mebeku jika tubuh terluka. Hal ini disebabkan pada darah yang tidak memiliki antihormon globulin. Diturunkan secara hederitas  Sicle cell anemia, adalah penyakit keturunan yang bentuk sel darah merahnya tidak normal ( sel darah merah membentuk bulan sabit ). Sicle cell anemia membuat kemampuan unuk mengikat O2 maupun CO2 menjadi berkurang.  Thalaremia, adalah penyakit akibat eritrosit bentuknya tidak beraturan yang memyebabkan kemampuan mengikat gas berkurang.

10  Anemia, adalah penyakit kekurangan hemoglobin dalam eritrosit yang disebabkan kekurangan zat besi ( Fe ). Penyakit kekurangan eritrosit dalam darah karena dimakan kuman (misalnya karena kasus penderita sakit cacing tambang).  Anemia pernisiosa ( anemia addison ), adalah suatu penyakit yang disebabkan ketidakmampuan menyerap vitamin B12.  Hipertensi ( tekanan darah tinggi ), yaitu tekanan darah seseorang diatas normal / melebihi normal.

11  Hipotensi ( tekanan darah rendah ), yaitu tekanan darah dibawah normal.  Erythroblastosis foetalis, adalah penyakit kuning pada bayi yang disebabkan oleh kerusakam sel-sel darah oleh antibodi rhesus ibu.  Leukemia ( kanker darah ), yaitu reproduksi sel darh putih ( leukosit ) yang tidak terkendali, sehingga sel darah merah dimakannya ( memakan sel darah merah ).  Trombus dan embulus, yaitu penyakht jantung yang disebabkan oleh adanya gumpalam di dalam arteri coronaria ( nadi tajuk ). Penyakit ini sering disebut penyakit jantung koroner.

12  Sklerosis adalah penyakht pengerasan dan penyumbatan pembuluh darah akibat penimbunan lemak ( artherosklerosis ) dan penimbunan senyawa kapur ( arteriosklerosis ).  Aneurisma, yaitu penyakht pelebaran pembuluh arteri karena lemahnya dinding pembuluh.  Aneurisma aortic yang menonjol di dinding aorta, arteri terbesar dari tubuh. Hal ini disebabkan karena diseksi aorta (robekan pada dinding aorta) atau cacat pada dinding aorta. menggelembung pecahnya dapat menyebabkan perdarahan berat atau perdarahan. Aneurisma aorta dapat dikembangkan sebagai komplikasi penyakit lain seperti obesitas, aterosklerosis, dan tekanan darah tinggi.

13  Varises, yaitu pelebaran pebuluh vena. Varises yang terdapat di dekat anus disebut ambeien atau wasir. Varises yang terdapat di bagian vena rektum disebut hemeroid.  Arteriosklerosis yaitu pengerasan pembuluh nadi karena endapan lemak berbentuk plak (kerak) yaitu jaringan ikat berserat dan sel-sel otot polos yang di infiltrasi oleh lipid (lemak).  Embolus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang bergerak.

14  Trombus yaitu tersumbatnya pembuluh darah karena benda yang tidak bergerak.  Thalasemia yaitu anemia yang diakibatkan oleh rusaknya gen pembentuk hemoglobin yang bersifat menurun.  Hemeroid (ambeien) yaitu pelebaran pembuluh darah di sekitar dubur

15  Angina Angina adalah rasa sakit atau ketidaknyamanan di daerah dada, yang disebabkan karena penyumbatan pada pembuluh darah yang menuju ke jantung. Gejala-gejala angina diamati ketika ada kekurangan pasokan oksigen dan darah ke otot- otot jantung. Biasanya, nyeri dada berlangsung selama sekitar 10 menit.  Aritmia Aritmia adalah masalah jantung, ditandai dengan ketidakteraturan dalam irama jantung. Gejala pada sistem ini dapat bervariasi dari sangat lambat untuk irama jantung yang cepat. Aritmia bisa menjadi bawaan atau masalah yang diperoleh. Dalam kasus aritmia yang diperoleh, dapat terjadi pada setiap tahap kehidupan.

16  Penyakit Vaskular Peripheral Penyakit pembuluh darah perifer adalah gangguan pada pembuluh darah yang bukan merupakan bagian dari otak dan jantung. Penyakit ini disebabkan karena kandungan asam lemak dalam arteri dari bagian kaki. Hal ini dapat keturunan atau berkembang sebagai komplikasi dari obesitas, tekanan darah tinggi, dan merokok.  AIDS (Acquired Immunodeficiency Syndrome) Penyakit AIDS disebabkan oleh virus, yaitu HIV (Human Immunodeficiency Virus) yang menyerang sel darah putih manusia. Pada pengidap penyakit AIDS, sel darah putihnya lebih cepat mati dan tidak berfungsi. Hal tersebut terjadi karena penyakit AIDS merupakan penyakit yang menyerang system kekebalan tubuh sehingga kekebalan tubuh tidak berfungsi.

17  Elefantiasis Penyumbatan aliran pembuluh limfa akibat infeksi cacing Filaria.  Jantung Kooroner jantung Kooroner,yang merupakan salah satu penyakit yang mematikan.Penyakit ini disebabkna tersumbatnya pembuluh darah arteri oleh lemak,sehingga aliran darah menuju jantung menjadi tidak lancar.  Sklerosis Penyakit pengerasan pembuluh nadi.Gangguan ini dapat disebabkan oleh dua hal,yaitu karena endapan lemak yang disebut aterosklerosis,dan disebabkan oleh endapan kapur atau arteriosklerosis.

18  Hemo li Hemo li merupakan penyakit yang menyebabkan darah sukar membeku bila terjadi luka. Kelainan ini disebabkan oleh faktor keturunan ( genetik). Ke-lainan tidak dapat diobati, tetapi dapat dicegah. Penderita harus menghindari terjadinya pendarahan agar darah tidak mengalir terus.

19


Download ppt "Arkiani Kramadisastra Primasha Syafira Noor Rahma XI IPA 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google