Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

SISTEM CARDIOVASCULARE 1.Munawar A420080107 2.Dhiyan WahananiA420100154 3.Yusufi Adi Sujatmiko A420100165 4.Hevi Al Azizah Riani A420100166 5.Nur Fitria.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "SISTEM CARDIOVASCULARE 1.Munawar A420080107 2.Dhiyan WahananiA420100154 3.Yusufi Adi Sujatmiko A420100165 4.Hevi Al Azizah Riani A420100166 5.Nur Fitria."— Transcript presentasi:

1 SISTEM CARDIOVASCULARE 1.Munawar A Dhiyan WahananiA Yusufi Adi Sujatmiko A Hevi Al Azizah Riani A Nur Fitria H.K A Endang Sriningsih A Uswatun Khasanah A Kelompok 5 Anatomi Fisiologi Manusia 2012

2 2. Alat Peredaran Darah 3. Alat Peredaran Darah Getah Bening 4. Kelainan Yang Berhubungan Dengan Sistem Cardiovasculare dan Darah 1. Plasma Darah

3 Plasma darah adalah komponen darah yang berbentuk cairan berwarna kuning yang menjadi medium sel-sel darah, dan menjadi tempat dimana sel darah di tutup. 1. Plasma Darah

4 Darah cair atau plasma darah adalah cairan darah berbentuk butiran-butiran darah. Di dalamnya terkandung benang-benang fibrin / fibrinogen yang berguna untuk menutup luka yang terbuka. Plasma darah merupakan komponen terbesar dalam darah, dimana besar volume nya 55% dari volume darah yang terdiri dari 90% berupa air dan 10% berupa larutan protein, glukosa, faktor koagulasi, ion mineral, hormon dan karbon dioksida.

5 Komponen Penyusun Plasma Darah Senyawa atau zat-zat kimia yang larut dalam cairan darah antara lain sebagai berikut. 1.Sari makanan dan mineral yang terlarut dalam darah, misalnya monosakarida, asam lemak, gliserin, kolesterol, asam amino, dan garam-garam mineral. 2.Protein yang terlarut dalam darah, molekul-molekul ini berukuran cukup besar sehingga tidak dapat menembus dinding kapiler. Protein yang terdiri atas : Albumin Globulin Fibrinogen

6 3.Enzim, hormon, dan antibodi yang terdiri atas : presipitin, lisin, antitoksin, sebagai zat-zat hasil produksi sel-sel. 4.Urea dan asam urat, sebagai zat-zat sisa dari hasil metabolisme. 5.O 2, CO 2, dan N 2 sebagai gas-gas utama yang terlarut dalam plasma darah.

7 Fungsi Plasma Darah Fungsi plasma darah adalah mengangkut sari makanan ke sel-sel serta membawa sisa pembakaran dari sel ke tempat pembuangan serta menghasilkan zat kekebalan tubuh terhadap penyakit atau zat antibodi.

8 A.Jantung, berperan sebagai pemompa dalam sistem peredaran darah. Dua rongga atas yang disebut dengan serambi (atrium) dan dua rongga bawah yang disebut bilik (ventrikel). B.Pembuluh Darah 2. Alat Peredaran Darah

9 Pembuluh Darah Pembuluh darah merupakan saluran tempat mengalirnya darah dari jantung ke seluruh tubuh dan sebaliknya. Pembuluh darah ada lima, yaitu : 1.Pembuluh Nadi (Arteri) 2.Pembuluh Balik (Vena) 3.Pembuluh Kapiler 4. Arteriole 5.Venule

10 Pembuluh Nadi (Arteri) Darah yang keluar dari jantung akan melalui pembuluh nadi. Darah yang keluar dari jantung tersebut banyak mengandung oksigen. Pembuluh Balik (Vena) Pembuluh balik merupakan pembuluh yang membawa atau mengalirkan darah dari seluruh tubuh ke jantung. Pembuluh Kapiler Pembuluh darah yang sangat halus dengan dinding yang sangat tipis dan berpori. Pembuluh ini merupakan bagian ujung dari pembuluh arteri dan vena. Pembuluh halus berfungsi sebagai tempat pertukaran antara oksigen dan karbon dioksida.

11 Arteriole, merupakan pembuluh darah kecil yang menghubungkan kapiler dengan arteri. Venule, merupakan pembuluh darah kecil yang menghubungkan kapiler dengan vena.

12 Peredaran darah getah bening disebut juga peredaran limfe, dimana peredaran atau distribusi darah ke seluruh tubuh (jaringan) yang tidak selalu melewati pembuluh darah. Peredaran darah terbuka terdiri dari jantung yang merupakan pusat peredaran darah, sejumlah sinus rongga dan sejumlah arteri. Terdapat 4 macam jenis arteri, : Arteri Optalmik (mata), Dua arteri antena, dua arteri hati, dan arteri dorsal abdominalis 3. Alat Peredaran Darah Getah Bening

13 4. Kelainan Yang Berhubungan Dengan Sistem Cardiovasculare dan Darah

14 Kelainan pada Sistem Cardiovasculare Penyakit Cardiovasculare adalah nama untuk sekelompok gangguan jantung dan pembuluh darah. Diantaranya sebagai berikut : 1.Hipertensi : Tekanan darah tinggi. 2. Hipotensi : Tekanan darah rendah. 3.Penyakit Jantung Koroner : Penyakit pembuluh darah yang membentuk otot jantung.

15 4.Trombus dan embolus : Merupakan penyakit jantung yang disebabkan oleh penggumpalan di dalam pembuluh nadi jantung. 5.Gagal Jantung. 6.Penyakit Jantung Rematik : Kerusakan pada otot jantung yang disebabkan bakteri streptococcus. 7.Penyakit Jantung Bawaan : Kelainan struktur jantung pada saat lahir.

16 8.Kardiomiopati adalah penyakit pada otot jantung, yang umumnya diwariskan dari anggota keluarga (faktor turunan). 9.Stoke, Merupakan penyakit kaku yang menyerang anggota tubuh. diakibatkan oleh berhentinya suplai darah ke otak. Berhentinya suplai darah bisa diakibatkan adanya penyumbatan pembuluh darah atau pecahnya pembuluh darah.

17 10.Sklerosis merupakan pengerasan pada pembuluh darah. Pengerasan ini dapat terjadi karena pengendapan zat kapur atau lemak. Pengendapan zat kapur atau lemak menyebabkan menyempitnya pembuluh darah sehingga menghambat/menyumbat aliran darah. Atherosklerosis Penyumbatan pembuluh darah oleh lemak Arteriosklerosis Penyumpatan pembuluh darah oleh zat kapur

18 11.Kebocoran katup jantung, Kelainan ini disebabkan suatu infeksi sehingga katup jantung tidak dapat menutup dengan baik sehingga bocor. Katup jantung berfungsi untuk menjaga agar aliran darah tetap searah. 12.Pelebaran pembuluh darah, dapat dibedakan menjadi ambeien (wasir) dan varises. Ambeien terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di sekitar anus. Sementara itu, varises terjadi karena adanya pelebaran pembuluh darah balik di bagian kaki.

19 Leukimia : pertambahan jumlah sel darah putih tanpa terkendali dapat mengakibatkan leukosit memakan eritrosit sehingga tak berfungsi dalam membasmi kuman. Kelainan pada Darah

20 Leukopenia : Jumlah leukosit dalam darah kurang dari batas normal, sehingga pertahanan tubuh menjadi kurang. Hemofilia : Suatu penyakit pada manusia yang diakibatkan darah tidak dapat membeku secara wajar, merupakan penyakit akibat keturunan. Polisitemia : Berlebihnya volume sel darah merah. Sehingga meningkatkan kekentalan darah. Akibatnya, aliran darah terganggu dan kerja jantung meningkat.

21 Anemia : penyakit yang diakibatkan kekurangan jumlah sel darah merah, penyakit ini juga dapat disebabkan oleh penyakit malaria dan kekurangan zat besi. Penyakit malaria disebabkan oleh Plasmodium malariae, menyerang sel darah merah sehingga sel darah merah mati sebelum berumur 120 hari.

22 Thalassemia : Penyakit yang ditandai dengan bentuk sel darah merah yang tidak beraturan. Akibatnya daya ikat terhadap oksigen dan karbondioksida kurang. AIDS : Penyakit yang menyebabkan seorang tidak memiliki system imun. AIDS disebabkan oleh infeksi HIV. HIV mampu menyerang limfosit sehingga seseorang yang terserang oleh virus tersebut tidak memiliki kemampuan menghasilkan antibodi. Akibatnya, orang tersebut rentan terhadap penyakit lain.

23 Terimakasih


Download ppt "SISTEM CARDIOVASCULARE 1.Munawar A420080107 2.Dhiyan WahananiA420100154 3.Yusufi Adi Sujatmiko A420100165 4.Hevi Al Azizah Riani A420100166 5.Nur Fitria."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google