Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Elemen-Elemen PIK. Langkah Utama Pengelolaan Publikasi Kontrol dan Implementasi Tinjauan Prosedur Definisi Sistem, Pemberian Kode, Dokumentasi Program,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Elemen-Elemen PIK. Langkah Utama Pengelolaan Publikasi Kontrol dan Implementasi Tinjauan Prosedur Definisi Sistem, Pemberian Kode, Dokumentasi Program,"— Transcript presentasi:

1 Elemen-Elemen PIK

2 Langkah Utama Pengelolaan Publikasi Kontrol dan Implementasi Tinjauan Prosedur Definisi Sistem, Pemberian Kode, Dokumentasi Program, Petunjuk Operasi, Prosedur Program, Pengujian Program, Pelaporan Aktivitas, Prosedur Personil. STANDARISASI

3 Elemen-Elemen Pengelolaan 1. Keputusan Kebijaksanaan Pengarahan dari Pimpinan Prosedur dan Standar Lokal Komunikasi Pengawasan Metode Perencanaan

4 Elemen-Elemen Pengelolaan 2. Pegawai Kebutuhan Staff Rekrutmen Pelatihan Rekrutmen dan pelatihan direncanakan dengan sangat cermat karena memakan waktu yang lama dan dapat mempengaruhi rencana implementasi.

5 Elemen-Elemen Pengelolaan 3. Sistem Analis Penelitian - Menerima penjelasan singkat mengenai suatu tugas dari pimpinan - Merencanakan studi dari sistem yang ada - Mewancarai semua staff yang berhubungan dengan tugas tersebut - Mendokumentasikan Prosedur

6 Desain dan Analisis Elemen-Elemen Pengelolaan Memberikan gambaran dari sistem baru yang diusulkan atau sistem hasil modifikasi dari model lama dan menuliskan Definisi Sistem yang baru kemudian menyerahkannya kepada pimpinan.

7 Definisi Sistem berisi : - Gambaran lengkap dari sistem yang diusulkan. Elemen-Elemen Pengelolaan - Semua informasi yang dibutuhkan oleh pimpinan berkaitan dengan sistem baru. - Spesifikasi program. - Prosedur administrasi dan informasi operasi. - Prosedur implementasi.

8 Elemen-Elemen Pengelolaan Implementasi - Latihan dan persiapan staff. - Konversi file. - Pengujian program/sistem. - Perubahan prosedur. - Freeze date, diijinkan jika tidak mengubah desain sistem hingga implementasi lengkap.

9 Elemen-Elemen Pengelolaan 4. Pemrograman Melakukan sutau rencana untuk pelaksanaan standar dan prosedur dengan melakukan aktivitas utama : - Flowcharting. - Pengkodean. - Dokumentasi program - Prosedur pengujian program

10 Elemen-Elemen Pengelolaan 5. Perencanaan Ruang Komputer Meliputi 3 bagian utama : Layout peralatan dalam ruang komputer. Kebutuhan fisik. Ruang kantor bagi personil Pengolahan Data.

11 Elemen-Elemen Pengelolaan Jadwal Instalasi mempertimbangkan : - Structural alteration, apakah komputer akan ditempatkan pada gedung baru atau gedung hasil modifikasi. - Persiapan tempat. - Instalasi mesin. - Adanya staff. - Akomodasi untuk peralatan dan staff. - Pengujian peralatan.

12 Elemen-Elemen Pengelolaan 6. Kontrol Ruang Komputer Prosedur standar bagian ruang komputer : Work assembly. Kontrol pekerjaan. Persiapan Data. Kontrol kualitas. Pemeliharaan dan penggunaan mesin.

13 Elemen-Elemen Pengelolaan 7. Perpustakaan Teknis Semua referensi yang berkaitan dengan hal bersifat teknis dan disediakan secepat mungkin untuk memudahkan perbaikan dan pengembangan. Perpustakaan ini berisi master copy seluruh dokumentasi secara lengkap.

14 Elemen-Elemen Pengelolaan 8. Perubahan Sistem Apabila terjadi perubahan sistem, maka pemilihan metode yang tepat merupakan keputusan yang utama dan perubahan akan disiapkan dengan hati- hati agar tidak terjadi kerusakan pada sistem yang telah berjalan.


Download ppt "Elemen-Elemen PIK. Langkah Utama Pengelolaan Publikasi Kontrol dan Implementasi Tinjauan Prosedur Definisi Sistem, Pemberian Kode, Dokumentasi Program,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google