Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Struktur dan Fungsi Tumbuhan Paku Oleh: Aliyah Sekar Ayu (X3/02) Devi Astuti (X3/05) Alfian Ikhwanul (X3/20) Febby Akzan Zulfikha (X3/24) Hafidz Miftah.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Struktur dan Fungsi Tumbuhan Paku Oleh: Aliyah Sekar Ayu (X3/02) Devi Astuti (X3/05) Alfian Ikhwanul (X3/20) Febby Akzan Zulfikha (X3/24) Hafidz Miftah."— Transcript presentasi:

1 Struktur dan Fungsi Tumbuhan Paku Oleh: Aliyah Sekar Ayu (X3/02) Devi Astuti (X3/05) Alfian Ikhwanul (X3/20) Febby Akzan Zulfikha (X3/24) Hafidz Miftah Rosyadi (X3/25)

2 Tumbuhan paku tersebar di seluruh bagian dunia, kecuali daerah bersalju abadi dan derah kering (gurun). Total spesies yang diketahui hampir (diperkirakan 3000 diantaranya tumbuh di Indonesia). Sebagian besar tumbuh di daerah tropika basah yang lembab. Paku merupakan kelompok tumbuhan yang berklorofil, hidup sebagai saprofit dan ada yang epifit.

3 Tumbuhan paku merupakan tumbuhan berkormus dan berpembuluh yang paling sederhana. Terdapat lapisan pelindung sel (jaket steril) di sekeliling organ reproduksi. Sistem transport internal, hidup di tempat yang lembab. Akar serabut berupa rhizoma, ujung akar dilindungi kaliptra. Sel-sel akar membentuk epidermis, korteks, dan silindris pusat (terdapat xilem dan floem).

4 Struktur Penting Tumbuhan Paku 1. Lapisan pelindung sel (jaket steril) yang terdapat di sekeliling organ reproduksi. 2. Embrio multiseluler yang terdapat dalam arkegonium. 3. Kutikula pada bagian luar. 4. Sistem transport internal yang mengangkut air dan zat makanan dari dalam tanah. Sistem transport ini sama baiknya seperti pengorganisasian transport air dan zat makanan pada tumbuhan tingkat tinggi.

5

6 Fungsi Bagian Tumbuhan Paku - Akar, berfungsi untuk mencari makanan (mineral dan zat hara), dapat bersumber dari tanah, atau tumbuhan besar yang menjadi inangnya. - Batang, berfungsi sebagai sistem transportasi mineral dan zat hara ke daun. - Daun : Di helaian daun bagian bawah terdapat sorus. Di dalam sorus terdapat sporangium-sporangium (kotak spora) yang menyimpan spora. Spora berperan sebagai alat perkembangbiakan paku.

7 Sori (sorus) : terdapat di bawah helaian daun, bentuknya oval atau bulat. Di dalamnya terdapat sporangium.

8

9

10 Struktur Sorus Bagian luar dari sorus berbentuk selaput tipis yang disebut indusium. Bagian dalam sorus terdapat kumpulan sporangium yang didalamnya berisi ribuan spora.

11 Jika daun sporofil (daun fertil) diletakkan di atas permukaan kertas polos, maka bentuk spora akan terlihat seperti serbuk bedak berwarna hitam, coklat, kemerahan, kuning atau hijau tergantung jenis tumbuhan pakunya. Masing-masing spora akan tumbuh menjadi paku dewasa melalui proses yang kompleks.

12


Download ppt "Struktur dan Fungsi Tumbuhan Paku Oleh: Aliyah Sekar Ayu (X3/02) Devi Astuti (X3/05) Alfian Ikhwanul (X3/20) Febby Akzan Zulfikha (X3/24) Hafidz Miftah."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google