Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Program perusak. Kode perusak dapat digolongkan dalam 3 macam golongan: virus, worm dan Trojan Horses,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Program perusak. Kode perusak dapat digolongkan dalam 3 macam golongan: virus, worm dan Trojan Horses,"— Transcript presentasi:

1 Program perusak

2 Kode perusak dapat digolongkan dalam 3 macam golongan: virus, worm dan Trojan Horses,

3 Virus Virus memiliki kemampuan jahat untuk mereproduksi diri mereka sendiri dan terdiri dari kumpulan kode yang dapat memodifikasi target kode yang sedang berjalan, atau dapat pula memodifikasi struktur internal target kode, sehingga target kode sebelum berjalan dipaksa menjalankan virus.

4 Virus masih dapat dibagi lagi dalam beberapa kategori: Boot Virus: Jika komputer dinyalakan, sebuah inisial program di boot sector akan dijalankan. Virus yang berada di boot sector disebut boot virus. File Virus: File virus adalah virus yang menginfeksi executable program. Dilaporkan bahwa hampir 80% virus adalah file virus. Multipartite Virus: Virus yang menginfeksi baik boot sector dan file. boot sector adalah 512 byte pertama di hardisk atau floppy disk. Macro Virus: Belakangan diketemukan. Targetnya bukan executable program, tetapi file dokument seperti Microsoft Excel atau Word. Ia akan memulai menginfeksi bila program aplikasi membaca dokumen yang berisi macro.

5 Contoh virus:rontokbro /brontok jenis program jahat yang menyebar lewat . Setelah menginfeksi sebuah komputer, Brontok akan menyebar juga lewat USB Flash Drive. Hasil infeksi Rontokbro (vaksincom)

6 Ciri komputer yang terinfeksi Rontokbro adalah terjadinya restart jika program tertentu dijalankan Satu hal yang menjadi kelebihan dari virus ini, walaupun komputer dalam posisi 'safe mode' komputer akan tetap restart,

7 Sensasi Kama Sutra Bikin Loyo PC Kamasutra.exe menyebar dengan modus iming-iming gambar porno, yang konon digemari pengguna internet bergender pria. Subjek (judul ) yang biasa dipakai: *Hot Movie* Arab sex DSC jpg Fuckin Kama Sutra pics Fw: SeX.mpg Fwd: Crazy illegal Sex! give me a kiss Miss Lebanon 2006 Part 1 of 6 Video clipe School girl fantasies gone bad The Best Videoclip Ever

8 Kamasutra.Exe ini tidak hanya membahayakan komputer yang terkena saja, namun seluruh data dalam jaringan yang tersambung dengan komputer tersebut. Firewall pun tidak mampu menahannya. Performa PC akan menurun dan perlahan data-data yang tersimpan akan rusak.

9 Worm Worm ditujukan kepada program yang mengkopi dirinya sendiri ke HANYA memory komputer. Perbedaan mendasar dari worm dan virus adalah, apakah menginfeksi target code atau tidak. Virus menginfeksi target code, tetapi worm tidak. Worm hanya ngendon di memory. Worm pada awalnya diketemukan di large computer (1970-an), dan akhir- akhir ini saja diketemukan di komputer kecil seperti PC. Terutama sejak 1999, dimana work banyak beredar melalui media . Contoh worm: I-Worm/Happy99(Ska), I- Worm/ExploreZIP, I-Worm/PrettyPark, I- Worm/MyPics

10 Worm pertama baru ditemukan dua tahun setelah kemunculan Brain.A. Worm Morris namanya. Saat itu, menyerang komputer Unix yang terhubung ke internet.

11 Worm Esek-esek Berkeliaran di Internet Perusahaan keamanan telah memperingatkan adanya penyebaran worm terkait. Menurut mereka, tersebut berisi worm dengan berbagai variasi subyek, termasuk 'School girl fantasies gone bad', 'Fwd: Crazy illegal Sex!' dan 'Arab sex DSC jpg'.

12 Trojan Horse Trojan Horse diproduksi dengan tujuan jahat. Berbeda dengan virus, Trojan Horse tidak dapat memproduksi diri sendiri. Pada umumnya, mereka dibawa oleh utility program lainnya. Utility program tersebut mengandung dirinya, atau Trojan Horse itu sendiri ber"lagak" sebagai utility program.


Download ppt "Program perusak. Kode perusak dapat digolongkan dalam 3 macam golongan: virus, worm dan Trojan Horses,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google