Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 H ypertext M arkup L anguage (HTML) adalah suatu file teks sederhana yang mengandung perintah-perintah berupa TAGS sehingga sebuah web browser dapat.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " H ypertext M arkup L anguage (HTML) adalah suatu file teks sederhana yang mengandung perintah-perintah berupa TAGS sehingga sebuah web browser dapat."— Transcript presentasi:

1

2  H ypertext M arkup L anguage (HTML) adalah suatu file teks sederhana yang mengandung perintah-perintah berupa TAGS sehingga sebuah web browser dapat menampilkan suatu halaman dengan display tertentu.  Hyper Text Markup Language (HTML) adalah bahasa yang digunakan dalam menulis sebuah halaman web.  Apa itu hypertext?? hypertext adalah beberapateks yang ada dalam dokumen HTML memuat informasi yang menghubungkan ke lokasi yang berbeda baik dalam satu struktur dokumen atau ke alamat lain di internet.

3  Mark up Language ? mark up language merupakan bagian spesifik pada dokumen yang mengindikasikan bagaimana suatu informasi akan ditampilkan pada web browser.  Web browser itu apa sih? web browser adalah perangkat lunak yang mulanya hanya untuk menampilkan dokumen web /HTML. contoh web browser?  HTML merupakan pengembangan dari standar format dokumen teks yang disebut dengan SGML (Standard Generalized Markup Language).

4  HTML pertama kali diperkenalkan oleh Tim Barness Lee yang berkerja di CERN dan dipopulerkan pertama kali dengan menggunakan browser Mosaic  Sejak tahun 1990, HTML terus berkembang.

5  Untuk mendesain sebuah halaman web dapat dilakukan dengan dua cara: a. Menggunakan web editor seperti Microsoft Front Page atau Macromedia Dreamweaver. b. Menggunakan text editor sederhana seperti Notepad.  Dalam sebuah file HTML terdapat TAGS yang penulisannya selalu dalam tanda kurung “ ”. Tag ini juga bisa diikuti oleh atribut – atribut tertentu.

6  Tag HTML digunakan untuk menandai element HTML  Tag HTML biasanya berpasangang seperti dan  Tag yang pertama adalah start tag dan tag yang kedua adalah end tag.  Tag dalam HTML tidak case sensitif

7  Sintak dari tag HTML adalah sebagai berikut : 1. Nama tag Semua tag HTML memiliki nama; contoh tag disebut tag html. 2. Atribut Tidak semua tag HTML memiliki atribut. Atribut biasanya terletak setelah nama dari tag tersebut, contoh:.

8  Overlaping (kurang baik)  Bested Tags (baik)

9  Dokumen HTML diawali dengan tag, tag tersebut berfungsi sebagai deklarator bahwa dokumen tersebut adalah dokumen html. Agar dapat dieksekusi oleh browser file dokumen tersebut harus berformat.htm atau.html.  Struktur dokumen HTML ada dua yaitu header dan body dibatasi dengan tag dan tag.  Gambarnya

10 Sintaknya sebagai berikut : ……………… ………………

11  HTML Untuk penanda bahwa dokumen yang dibuat adalah dokumen web  Head Header menjelaskan properti dari dokumen HTML, diantaranya adalah judul dan hubungan dengan dokumen html yang lain.  Title merupakan komponen dari Tag Head, yang digunakan untuk mendiskripsikan header halaman web.

12  Body Body dari suatu dokumen HTML merupakan tempat diletakannya isi dari dokumen html tersebut. Atribut untuk tag diantarnya adalah BACKGROUND,BGCOLOR

13 Latihan 1 Hallo Saya HTML

14

15  Komentar adalah bagian dari kode HTML yang diabaikan oleh browser.  Kegunaan komentar dalam kode HTML adalah sebagai keterangan yang berguna bagi pembaca kode.  Sebuah keterangan diawali dengan.  Di dalam kedua tanda tersebut, Anda bisa memberikan keterangan apa saja dan bahkan bisa mencakup beberapa baris.  Cara penulisan :

16 Latihan 1 Hallo Saya HTML

17

18      sampai


Download ppt " H ypertext M arkup L anguage (HTML) adalah suatu file teks sederhana yang mengandung perintah-perintah berupa TAGS sehingga sebuah web browser dapat."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google