Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Polymorphism Siti Halisah 0857201000464. Ternyata polymorphism bisa dilakukan dengan 2 cara, hmm… Dari arti katanya sih brarti banyak bentuk, apanya yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Polymorphism Siti Halisah 0857201000464. Ternyata polymorphism bisa dilakukan dengan 2 cara, hmm… Dari arti katanya sih brarti banyak bentuk, apanya yang."— Transcript presentasi:

1 Polymorphism Siti Halisah

2 Ternyata polymorphism bisa dilakukan dengan 2 cara, hmm… Dari arti katanya sih brarti banyak bentuk, apanya yang banyak bentuk..?? Kalo diterjemahkan secara OOP ternyata adalah pemakaian beberapa methods atau properties dengan nama yang sama tetapi mempunyai fungsi yang berbeda. Ada 2 cara untuk melakukan polymorphism yaitu overloading dan overriding.

3 Overloading Overloading adalah pemakaian beberapa methods ataupun properties dengan nama yang sama, tetapi memiliki daftar parameter/argument yang berbeda. Perbedaan yang dimaksud adalah beda jumlah parameter, beda tipe data, atau beda keduanya (jumlah parameter dan tipe data). Methods ataupun properties yang hanya beda return value (nilai balik) tidak bisa dikatakan sebagai overloading. Keyword yang dipakai adalah Overloads. Jika dalam satu class, keyword ini bersifat optional artinya kita tidak harus menambahkan keyword Overloads ketika mendefinisikan beberapa methods ataupun properties yang menerapkan konsep overloading. Apabila kita tetap ingin memakainya, maka keyword Overloads harus digunakan di semua methods ataupun properties tadi. Apabila beda class, keyword Overloads ini harus digunakan.

4 Overriding Overriding adalah kemampuan class turunan untuk memodifikasi methods atau properties dari class induk. Dengan overriding kita bisa membuat implementasi baru pada methods atau properties di class turunan yang berbeda dengan methods atau properties yang ada pada class induk. Perbedaan utama antara Overloading dengan Overriding adalah pada pemakaian parameter. Pada overloading kita bisa mengubah parameter, sedangkan pada overriding kita tidak boleh mengubah parameter.

5 Ada beberapa keyword yang bisa dipakai di overriding, antara lain: 1.Keyword Overridable Keyword ini digunakan pada methods atau properties di class induk yang menandakan bahwa methods atau properties tadi bisa di-override pada class turunan. 2.Keyword Overrides Keyword ini digunakan pada class turunan yang menandakan bahwa methods atau properties tadi meng-override methods atau properties yang ada di class induk. 3.Keyword NotOverridable Keyword ini digunakan pada methods atau properties di suatu class yang menandakan bahwa methods atau properties tadi tidak bisa di-override pada class turunan. 4.Keyword MustOverride Seperti dijelaskan pada modul 2, keyword ini digunakan untuk mendeklarasikan abstract methods atau abstract properties. Hanya ada deklarasi header di sini, tanpa ada pendefinisian implementasi. Class yang mempunyai abstract methods atau abstract properties harus didefinisikan juga sebagai abstract class dengan keyword MustInherit.


Download ppt "Polymorphism Siti Halisah 0857201000464. Ternyata polymorphism bisa dilakukan dengan 2 cara, hmm… Dari arti katanya sih brarti banyak bentuk, apanya yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google