Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >"— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : >

3 3 Outline Materi Materi 1 : MACAM-MACAM BAHAN DALAM INDUSTRI

4 4 PENGGOLONGAN BAHAN INDUSTRI Logam Ceramic Polymer Gelas/Kaca Komposit

5 5 LOGAM Logam adalah bahan padat yang keras tetapi dapat ditempa. Logam dapat dikelompokan menjadi ferrous dan non ferrous. Campuran logam disebut Alloys. Sifat logam : Mengkilap Kuat Mudah dibentuk Dapat menghantarkan listrik & panas

6 6 CERAMICS  Keramik adalah bahan padat anorganik bukan logam.  Contoh keramik : Silikon oksida, alunium oksida, kalsiumoksida, magnesium oksida, kalium oksida dan natrium oksida  Bahan baku keramik : kaolin, serisit, kuarsa, felspar.

7 7 POLYMER Polimer merupakan bahan yang memiliki berat molekul > , tersusun dari monomer yang saling berikatan kovalen. Contoh polimer : polietilen, polipropilen, polivinilklorid dll. Polimer yang dapat dibentuk kembali dengan pemanasan disebut termoplastik, sedang kan yang tidak dapat dibentuk kembali disebut termoset.

8 8 GELAS DAN KACA Gelas adalah zat padat amorf yang terbentuk saat transformasi dari cair menjadi kristal. Gelas dapat diklasifikasikan berdasarkan penggunaannya dan komposisi kimianya. Komponen utama gelas dan kaca adalah silikon oksida, natrium oksida atau alumunium oksida.

9 9 COMPOSITES Komposit merupakan campuran bahan yang tersusun dari dua/lebih bahan dasar, contohnya : fiberglass,sement, cermet dll Bahan komposit alam contohnya : kayu pinus, ash, oak, hemlock dll

10 10 > SELAMAT BELAJAR


Download ppt "1 Pertemuan > > Matakuliah: >/ > Tahun: > Versi: >"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google