Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Sesi 2 Basic Setup. MENGAKTIFKAN ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE Program ACCURATE Accounting Software yang telah terinstall dalam komputer, dapat kita aktifkan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Sesi 2 Basic Setup. MENGAKTIFKAN ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE Program ACCURATE Accounting Software yang telah terinstall dalam komputer, dapat kita aktifkan."— Transcript presentasi:

1 Sesi 2 Basic Setup

2 MENGAKTIFKAN ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE Program ACCURATE Accounting Software yang telah terinstall dalam komputer, dapat kita aktifkan dengan cara: 1. Klik tombol Start 2. Programs/All Program 3. CPSSoft 4. Accurate V3 (Cara yang sama dapat kita lakukan dengan mengklik icon ACCURATE yang ada pada desktop komputer)

3 Lanjutan … 5. Pada tampilan Welcome To ACCURATE, klik salah satu tombol berikut ini: a. Create New Company : klik pilihan ini untuk membuat database baru b. Open Existing Company : klik pilihan ini untuk membuka (mengaktifkan) database yang sudahada. c. Open Last Company : klik pilihan ini untuk membuka (mengaktifkan) kembali database terakhir yang digunakan. d. Explore Sample Company : klik pilihan ini untuk menjelajahi database Contoh. e. Close : klik pilihan ini untuk menutup tampilan Welcome To ACCURATE, jika kita tidak ingin membuat atau membuka database ACCURATE.

4 MEMBUAT DATABASE Proses pembuatan database baru dilakukan dengan langkah sebagai berikut: 1. Aktifkan program ACCURATE Accounting Software. 2. Pada tampilan Welcome To ACCURATE [Selamat datang di ACCURATE]  klik tombol Create New Company  [Buat Data Perusahaan] 3. Pilih local [Lokal], lalu isikan nama file [berkas]. 4. Klik OK 5. Proses pembuatan file baru akan dijalankan, sampai muncul form isian Login : isikan SUPERVISOR dan password [kata kunci] SUPERVISOR, lalu klik OK.

5 QUICK SETUP (Persiapan Singkat) Persiapan singkat adalah fitur untuk membantu pengguna ACCURATE dalam menyiapkan data-data perusahaan yang akan digunakan dalam ACCURATE Accounting Software (Setup Awal). Aktifitas ini hanya bisa diisikan oleh User dengan Level Admin. Walaupun begitu dapat diisikan oleh beberapa user sekaligus (tentunya level admin) secara bersamaan untuk mempercepat proses pengisian saldo awal. Pada tampilan Welcome To ACCURATE Version 3 Quick Setup, terdapat halaman pilihan Bahasa. Pada halaman ini pengguna dapat memilih bahasa yang akan digunakan.

6 Persiapan singkat ini dibagi dalam 2 level persiapan yaitu: 1. Basic Setup ( Persiapan Standar) 2. Advance Setup (Persiapan Mahir) Jika Anda belum memiliki pembukuan yang baik dan rapi, maka sangat dianjurkan untuk melakukan setup awal dengan memakai Basic Setup. Tetapi jika perusahaan telah mempunyai pembukuan yang rapi, maka disarankan untuk mengisi data awal (setup awal) melalui Advance Setup.

7 BASIC SETUP (Persiapan Standar) Persiapan standar ditujukan untuk membantu Anda mempersiapkan laporan keuangan serta akuntansiyang sederhana serta memiliki pengetahuan akuntansi secara umum. Persiapan ini memiliki sifat yang tidak detail dan sangat mudah dipahami.

8 Persiapan Standar (Basic Setup) terdiri dari beberapa langkah yang dibagi menjadi 4 Tahapan: 1. Currency & Company Info (Mata uang dan Informasi Perusahaan) 1.1 Company Info, terdiri dari: a. Nama Perusahaan : nama lengkap perusahaan, yang akan muncul pada header setiap kali Anda mencetak invoice dan laporan (Max. 60 karakter) b. Alamat : alamat perusahaan (Max. 3 x 35 karakter) c. Mata Uang Default : uang dasar yang dipakai oleh perusahaan dalam pencatatan laporan keuangan (Umumnya menggunakan mata uang IDR) d. Nomor Seri Faktur Pajak : nomor serial yang diperoleh dari KPP (Kanto Pelayanan Pajak) setempat. Nomor ini berfungsi sebagai nomor seri pencetakan faktur pajak standart e. NPWP : nomor register pajak (Nomor Pokok Wajib Pajak) f. NPPKP : Nomor Pengukuhan Pengusaha Kena Pajak g. Tanggal Pengukuhan PKP : Tanggal pengukuhan perusahaan ditetapkan sebagai Pengusaha Kena Pajak. h. Jenis Usaha : Jenis Perusahaan (Perusahaan Bergerak di bidang apa). i. KLU SPT : Kode Lapangan Usaha. 1.2 Currency : Masukkan mata uang yang Anda gunakan: a. Nama : nama mata uang yang digunakan b. Tukar : nilai tukar dari mata uang yang Anda buat. (Rate.1. adalah nilai tukar dari mata uangdefault Anda. c. Negara : negara dari mata uang yang bersangkutan d. Simbol : simbol dari mata uang uang yang digunakan.

9 2. Cash & Bank (Kas & Bank) Merupakan form yang digunakan untuk mengisikan jumlah uang atau dana yang Anda miliki saat ini. Nilai dari jumlah uang /dana yang diisikan harus disesuaikan dengan saldo di Buku Bank Anda dan dengan jumlah uang yang terdapat pada kas Anda. Dalam tahap ini Anda diminta untuk memasukkan nama Kas dan Bank beserta sado yang Anda miliki, hal. hal yang harus diisi: - Kolom Nama : Isi dengan nama dari Kas atau Bank yang Anda miliki - Kolom Mata Uang : Isi dengan jenis mata uang yang Anda gunakan untuk Bank dan Kas yang bersangkutan. - Kolom Tgl Saldo : Isi dengan tanggal awal yang dijadikan batasan oleh ACCURATE dalam menyajikan laporan keuangan atau tanggal awal penggunaan ACCURATE (Start Date). - Kolom Saldo Terakhir : Isi dengan saldo terakhir dari Kas dan Bank Anda


Download ppt "Sesi 2 Basic Setup. MENGAKTIFKAN ACCURATE ACCOUNTING SOFTWARE Program ACCURATE Accounting Software yang telah terinstall dalam komputer, dapat kita aktifkan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google