Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ALI SUBKHI, 5201406551 Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ALI SUBKHI, 5201406551 Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik."— Transcript presentasi:

1 ALI SUBKHI, Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

2 Identitas Mahasiswa - NAMA : ALI SUBKHI - NIM : PRODI : Pendidikan Teknik Mesin - JURUSAN : Teknik Mesin - FAKULTAS : Teknik - ali_subkhi pada domain ymail.com - PEMBIMBING 1 : Hadromi, S.Pd, MT - PEMBIMBING 2 : Drs. Karsono, M.Pd - TGL UJIAN :

3 Judul Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik Mesin Universitas Negeri Semarang

4 Abstrak Permasalahan yang diungkapkan dalam skripsi ini adalah adakah peningkatan hasil belajar mahasiswa d3 otomotif teknik mesin universitas negeri semarang pada kompetensi sistem pengapian konvensional dengan menggunakan alat peraga sistem pengapian. Peneliti ini bertujuan untuk mengetahui seberapa besar peningkatan hasil belajar mahasiswa D3 melalui alat peraga pada kompetensi sistem pengapian. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa D3 otomotif universitas negeri semarang yang berjumlah 36 mahasiswa satu kelas dibagi dua kelompok, untuk kelompok eksperimen 18 mahasiswa dan kelompok control 18 mahasiswa. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa D3 Teknik Mesin yang mengambil mata kuliah kelistrikan otomotif khususnya sistem pengapian di jurusan teknik mesin universitas negeri semarang. Pada penelitian ini, peneliti berperan sebagai pengajar yang menjelaskan materi sistem pengapian konvensional dengan bantuan alat peraga, sedangkan dosen sebagai pengamat yang akan mengamati peneliti dalam menyampaikan materi pembelajaran, dan juga mengamati mahasiswa dalam mengikuti kegiatan pembelajaran. Hasil analisis data mendapatkan bahwa ada peningkatan hasil belajar kelistrikan otomotif dengan menggunakan alat peraga sistem pengapian. Pada hasil nilai rata-rata kelas eksperimen sebelum menggunakan alat peraga sistem pengapian pre test sebesar 56,11 dan nilai rata-rata setelah menggunakan alat peraga sistem pengapian post test sebesar 73,33. Sehingga dapat dikatakan bahwa penggunaan alat peraga sistem pengapian konvensional pada mata kuliah kelistrikan otomotif telah berjalan dengan baik karena hasil belajar mahasiswa yang mengikuti perkuliahan mata kuliah kelistrikan otomotif mengalami peningkatan 30,68 % setelah menggunakan alat peraga sistem pengapian.

5 Kata Kunci Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif,Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional

6 Referensi Poerwodarminto, 2005: Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka Darsono Belajar dan pembelajaran. Semarang : ikip pers Sudjana, N Media pengajaran. Bandung: CV Alfabeta Sudjana Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar baru Sudjana Dasar-dasar proses belajar mengajar. Bandung : Sinar baru Arikunto, Suharsimi Manajemen penelitian. Jakarta : Rineka cipta Arikunto, Suharsimi Prosedur Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara Arikunto, Suharsimi Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara Samsudi, Disain Penelitian Pendidikan. Semarang : UNNES Pers Sudjana Metoda Statistika. Bandung: Tarsito

7 Terima Kasih


Download ppt "ALI SUBKHI, 5201406551 Peningkatan Hasil Belajar Kelistrikan Otomotif dengan Menggunakan Alat Peraga Sistem Pengapian Konvensional pada Mahasiswa D3 Teknik."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google