Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PEMOGRAMAN JARINGAN ‘ROUTING’. Pengertian Routing Routing adalah proses mentransfer data di sebuah internetwork dari host sumber kehost tujuan. Konsepnya,

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PEMOGRAMAN JARINGAN ‘ROUTING’. Pengertian Routing Routing adalah proses mentransfer data di sebuah internetwork dari host sumber kehost tujuan. Konsepnya,"— Transcript presentasi:

1 PEMOGRAMAN JARINGAN ‘ROUTING’

2 Pengertian Routing Routing adalah proses mentransfer data di sebuah internetwork dari host sumber kehost tujuan. Konsepnya, pengirim paket akan menguji tujuan dari paket apakah tujuan IP berada pada jaringan lokal atau tidak. Jika tidak, pengirim paket akan meminta bantuan ke router yang terhubung dengannya dan paket diberikan ke router untuk diteruskan.

3 Konsep Pengiriman Paket melalui Router

4 Implementasi

5 Router yang mempunyai tabel routing yang dikelola secara manual disebut sebagai static routing. Tabel tersebut berisi daftar jaringan yang dapat dicapai oleh router tersebut. Static routing dapat mempelajari jaringan yang berada di sekelilingnya secara terbatas (bila hanya 2 jaringan), tapi bila terdapat banyak jaringan, maka administrator harus mengelola tabel routing tersebut secara cermat.

6 Pengertian NAT NAT (Network Address Translation) adalah suatu metode untuk menghubungkan lebih dari satu komputer ke jaringan internet dengan menggunakan satu alamat IP. NAT merupakan teknologi yang memungkinkan jaringan IP Private,software yang melakukan NAT yang memungkinkan seluruh koneksi rumahan berbagi koneksi internet melalui satu IP address. NAT berlaku sebagai penerjemah antara dua jaringan.

7 TIPE NAT Ada dua tipe NAT yaitu : Statik, Translasi Static terjadi ketika sebuah alamat lokal (inside) di petakan ke sebuah alamat global/internet (outside). Alamat lokal dan global dipetakan satu lawan satu secara Statik. Dinamik NAT dengan Pool (kelompok), Translasi Dinamik terjadi ketika router NAT diset untuk memahami alamat lokal yang harus ditranslasikan, dan kelompok (pool) alamat global yang akan digunakan untuk terhubung ke internet.

8 Alasan Menggunakan NAT 1. Menghemat IP legal yang diberikan oleh ISP (Internet service provider). 2. Mengurangi terjadinya duplikasi IP address pada jaringan. 3. Menghindari proses pengalamatan kembali pada saat jaringan berubah. 4. Meningkatkan fleksibilitas untuk koneksi ke internet.

9 Implementasi NAT

10 NAT merupakan suatu mekanisme merubah atau tranaslasi IP private menjadi IP public dan sebaliknya. Dari mekanisme di atas, dapat dilihat bahwa NAT bekerja dengan cara melakukan translasi pada IP. Ini berarti NAT berada pada layer 3 dari OSI Model. NAT juga sangat bermanfaat dalam menjaga jaringan lokal(trust) dari jaringan luar(untrust). Karena sesungguhnya jaringan global (internet) tidak bisa membaca alamat IP private (kecuali dengan aplikasi bantuan).

11 Pengertian Proxy Proxy merupakan prinsip pihak pertama dan pihak kedua tidak secara langsung berhubungan, akan tetapi masing- masing berhubungan dengan perantara. Proxy server adalah sebuah komputer server atau program komputer yang dapat bertindak sebagai komputer lainnya untuk melakukan request terhadap content dari Internet atau intranet.

12 Fungsi Proxy Filtering: Bekerja pada layer aplikasi yang berfungsi sebagai firewall packet filtering yang digunakan untuk melindungi jaringan lokal dari serangan atau gangguan yang berasal dari jaringan internet. Berfungsi melakukan filtering atas paket yang lewat dari dan ke jaringan- jaringan yang dihubungkan Dapat dikonfigurasi untuk menolak akses ke situs web tertentu pada waktu- waktu tertentu. Caching : Proxy server memiliki mekanisme penyimpanan obyek-obyek yang sudah pernah diminta dari server-server di internet disebut dengan cache server Disimpan dalam ruang disk yang disediakan (cache).

13 Implementasi Proxy

14 Cara kerja Proxy server memotong hubungan langsung antara pengguna dan layanan yang diakases. Dilakukan pertama-tama dengan mengubah alamat IP, membuat pemetaan dari alamat IP jaringan lokal ke suatu alamat IP proxy, yang digunakan untuk jaringanluar atau internet. Pada prinsipnya hanya lamat IP proxy tersebut yang akan diketahui secara umum di internet, Berfungsi sebagai network address translator.

15 Pengertian VLAN VLAN (Virtual LAN) merupakan merupakan fungsi logic dari sebuah switch. Switch berfungsi untuk memisahkan network segmen secara logical dalam satu Segmen. Switch bekerja pada OSI data link layer dan berdasarkan pada MAC Address. Fungsi logic mampu membagi jaringan LAN ke dalam beberapa jaringan virtual.

16 Konfigurasi VLAN

17 Cara Kerja VLAN Semua informasi yang mengandung penandaan / pengalamatan suatu vlan (tagging) disimpan dalam suatu database, jika penandaannya berdasarkan port yang digunakan maka database harus mengindikasikan port- port yang digunakan oleh VLAN. Untuk mengaturnya maka biasanya digunakan switch/ bridge yang manageable atau yang bisa diatur. Switch/bridge inilah yang bertanggung jawab menyimpan semua informasi dan konfigurasi suatu VLAN dan dipastikan semua switch/bridge memiliki informasi yang sama.

18 Implementasi VLAN


Download ppt "PEMOGRAMAN JARINGAN ‘ROUTING’. Pengertian Routing Routing adalah proses mentransfer data di sebuah internetwork dari host sumber kehost tujuan. Konsepnya,"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google