Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Kebudayaan Mesir Pertemuan 3 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Kebudayaan Mesir Pertemuan 3 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010."— Transcript presentasi:

1

2 Kebudayaan Mesir Pertemuan 3 Matakuliah: W Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb

3 Bina Nusantara University 3 Mesir Kuno Mesir yang terletak di arah timur laut benua Afrika merupakan salah satu peradaban terkuat dan peradaban yang bertahan terlama pada era kuno. Pada era Neolitikum, sebelum 7000 SM, komunitas petani telah menetap di lembah sungai Nil. Mereka menggunakan peralatan dari batu dan membuat benda dari gading dan tulang. Hingga sebelum penyatuannya pada tahun 3100 SM, Mesir terbagi menjadi Mesir Atas di selatan dan Mesir Bawah di utara.

4 Bina Nusantara University 4 Mesir Kuno Mesir terletak pada wilayah geografis yang penting, karena berada di wilayah sungai Nil yang merupakan sungai terpanjang di dunia. Karena suburnya wilayah yang dilalui sungai tersebut, maka Mesir sering disebut ‘anugerah sungai Nil’.

5 Bina Nusantara University 5 Mesir Kuno The Palette of Narmer Dari Hierakonpolis

6 Bina Nusantara University 6 Kepercayaan Mesir Mesir menganut aliran politheis (kepercayaan terhadap banyak dewa). Dewa melambangkan setiap aspek dari alam; mereka mempengaruhi kehidupan manusia dan mengatur alam semesta. Dewa juga dapat muncul dalam berbagai wujud; manusia, hewan atau perpaduan antara hewan dan manusia. Beberapa dewa mereka yang terkenal antara lain: Amon, Anubis, Aten, Bes, Hapy, Hathor, Horus, Imhotep, Isis, Maat, Mut, Osiris, Ptah, Ra (Re), Serapis dan Seth.

7 Bina Nusantara University 7 Kepercayaan Mesir Book of The Dead

8 Bina Nusantara University 8 Hasil Kebudayaan Piramida Merupakan salah satu peninggalan penting dalam kebudayaan Mesir. Piramida digunakan sebagai makam raja-raja Mesir kuno yang dikenal dengan sebutan Firaun. Namun demikian, berabad abad piramida sering digunakan sebagai sasaran penjarahan dan perampok makam karena para raja-raja membawa harta kekayaannya dan segala macam artefak guna di alam baka, sekalipun diberi perlindungan dengan semacam kutukan-kutukan untuk mencegahnya.

9 Bina Nusantara University 9 Hasil Kebudayaan Sehingga pada masa raja-raja mesir kuno berikutnya, makam raja-raja dan para bangsawan ditempatkan pada lembah yang tersembunyi seperti halnya makam Raja Tutankhamun yang ditemukan secara utuh dan lengkap.

10 Bina Nusantara University 10 Kepercayaan Mesir Piramida di Giza

11 Bina Nusantara University 11 Sumber A History of Western Art; page A World of Art; page


Download ppt "Kebudayaan Mesir Pertemuan 3 Matakuliah: W0482 - Sejarah Seni Rupa Barat Tahun: Feb - 2010."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google