Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Apakah Astronomi? Cabang ilmu pe- ngetahuan tertua yang dikenal ma- nusia. Ho..ho..ho.. Lebih tua dari saya?

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Apakah Astronomi? Cabang ilmu pe- ngetahuan tertua yang dikenal ma- nusia. Ho..ho..ho.. Lebih tua dari saya?"— Transcript presentasi:

1

2 Apakah Astronomi? Cabang ilmu pe- ngetahuan tertua yang dikenal ma- nusia. Ho..ho..ho.. Lebih tua dari saya?

3 Sejak Kapan Manusia Mengamati Langit? Sejak manusia muncul di muka Bumi, tentunya! Itu sih, saya juga tahu…

4 Manusia mengamati ge- rak benda langit dan perubahan posisi yang dialaminya. Whuzz… Jangan lupa, manusia pun berusaha memahami keter- aturan & memanfaat- kannya untuk kepen- ngan praktis.

5 Untuk Apa Saja? Penentuan waktu bercocok tanam. (tentu saja, saat itu belum ada traktor!) Keperluan navigasi sebagai penunjuk arah ketika berlayar. Orang-orang Mesir Kuno, yang sezaman dengan era Megalitikum, juga telah mengetahui bahwa munculnya Sirius (bintang paling terang di langit malam) untuk pertama kali dari kaki langit sebelah timur sebelum terbitnya Matahari menjadi pertanda akan pasangnya sungai Nil. orang-orang Funisia dan Minoan telah menggunakan arah terbit dan terbenam bintang-bintang seba- gai alat bantu navigasi mereka.

6 Untuk keperluan upacara keagamaan dan pemujaan. Bangsa Mesir Kuno percaya bahwa jiwa raja-raja mereka yang telah meninggal akan menetap di langit dan menjelma menjadi bintang-bintang, sehingga mereka pun merasa berkepentingan untuk tetap memberi perlindungan seperti yang mereka berikan di Bumi, yaitu dengan simbol berupa sphinx.

7 Bila kita perhatikan langit dengan saksama, akan kita sadari bahwa paduan antara rasi Eridanus (Sungai Eridanus) dan Lepus (Kelinci) mengungkap dengan jelas bahwa bangsa Mesir Kuno sudah menggunakan langit sebagai sarana pemujaan. Paduan kedua rasi tersebut menggambarkan sphinx, Sang Penjaga, di tempat peristirahatan terakhir para pembesar mereka. SkyMap Pro

8 Sejak manusia mulai menalar keteraturan yang teramati, muncullah sistem penanggalan (time reckoning). Sistem penanggalan yang mula-mula ada adalah sistem penanggalan Bulan (lunar calendar), yang didasarkan pada perubahan penampakan wajah Bulan dari malam ke malam.

9 Bagaimana Saat Ini? Dari sekadar mempelajari gerak dan posisi benda langit, manusia pun ingin mengetahui fisis benda langit tersebut. Kelahiran ASTROFISIKA Hip-hip hura Bravo…!


Download ppt "Apakah Astronomi? Cabang ilmu pe- ngetahuan tertua yang dikenal ma- nusia. Ho..ho..ho.. Lebih tua dari saya?"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google