Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

BUMI MELAKIKAN 2 GERAKAN  Rotasi Bumi :  Gerakan bumi berputar pada porosnya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "BUMI MELAKIKAN 2 GERAKAN  Rotasi Bumi :  Gerakan bumi berputar pada porosnya."— Transcript presentasi:

1 BUMI MELAKIKAN 2 GERAKAN  Rotasi Bumi :  Gerakan bumi berputar pada porosnya

2  Rotasi bumi mengakibatkan peristiwa- peristiwa :  Terjadinya siang dan malam  Terjadinya gedrak semu harian matahari  Terjadinya perbedaan dan pembagian waktu

3  Revolusi Bumi  Peredaran bumi mengelilingi matahari

4  Revolusi Bumi mengakibatkan peristiwa :  Gerak semu tahunan matahari  Perubahan lamanya siang dan malam  Pergantian musim sepanjang tahun  Terlihat rasi bintang yang berbeda dari bulan ke bulan

5 GERAK SEMU TAHUNAN MATAHARI  Berlangsung terus antara garis balik utara dan garis balik selatan. Perubahan lamanya siang dan malam. Revolusi bumi tidak dapat kita rasakan, tetapi adanya revolusi bumi ditunjukan oleh terjadinya pergeseran lintasan mental sepanjang tahun. Revolusi bumi mengakibatkan terjadinya pergantian musim sepanjang tahun di daerah iklim.

6 PERGANTIAN SIANG DAN MALAM Permukaan bumi yang sedang menghadapi matahari mengalami siang. Sebaliknya permukaan bumi yang membelakangi matahari malam. Akibat rotasi bumi, permukaan bumi yang menghadap dan membelakangi matahari berganti secara bergantian. Ini adalah peristiwa siang dan malam. Karena periode peredaran semu harian matahari 24 jam.

7 PERBEDAAN WAKTU BERBAGI TEMPAT DIMUKA BUMI Seluruh permukaan bumi dibagi-bagi menurut jaring-jaring derajat. Jaring- jaring derajat itu dinamakan garis lintang dan garis bujur. Garis lintang adalah garis yang sejajar dengan garis tengah khatulistiwa,sedang garis bujur adalah garis yang sejajar dengan garis tengah kutub. Arah rotasi bumi sama dengan arah revolusinya, yakni dari barat ke timur. Itulah sebabnya matahari selalu terbit di timur terbenam di barat. Orang- orang yang berada di daerah timur akan mengamati matahari terbit dan matahari terbenam lebih cepat dari pada daerah yang berada di sebelah barat. Wilayah yang berada pada sudut 15 0 lebih ke timur akan mengamati matahari terbit lebih cepat satu jam.

8 GERAKAN SEMU HARIAN MATAHARI Bintang-bintang (termasuk matahari) yang tampak bergerak sebenarnya tidak bergerak. Akibat rotasi bumi dari arah barat ke timur, bintang-bintang tersebut tampak bergerak dari timur ke barat. Rotasi bumi tidak dapat kita saksikan, yang dapat kita saksikan adalah peredaran matahari dan benda-benda langit melintas dari timur ke barat. Oleh karena itu kita selalu menyaksikan matahari terbit disebelah timur dan terbenam di sebelah barat. Pergerakan dari timur ke barat yang tampak pada matahari dan benda-benda langit ini dinamakan gerak semu harian bintang. Karena gerak semu ini dapat di amati setiap hari, maka disebut gerak semu harian.

9 PERBEDAAN PERCEPATAN GRAVITASI DI PERNMUKAAN BUMI A. Rotasi bumi juga menyebabkan penggembungan di khatulistiwa dan pemapatan di kedua kutub bumi. Selama bumi mengalami pembekuan dari gas menjadi cair kemudian menjadi padat, Bumi berotasi terus pada porosnya. Ini menyebabkan menggebungan di khatulistiwa dan pemepatan di kedua kutub bumi sehingga seperti keadaannya sekarang. Karena percepatan gravitasi benbanding terbalik dengan kuadrat jari-jari, maka percepatan gravitasi tempat- tempat di kutub lebih besar daripada disekitar khatulistiwa.

10 THANXS YOU


Download ppt "BUMI MELAKIKAN 2 GERAKAN  Rotasi Bumi :  Gerakan bumi berputar pada porosnya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google