Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

HIPO (Hierarchy plus Inpot-Proses-Output). PENGERTIAN HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "HIPO (Hierarchy plus Inpot-Proses-Output). PENGERTIAN HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya."— Transcript presentasi:

1 HIPO (Hierarchy plus Inpot-Proses-Output)

2 PENGERTIAN HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya untuk meningkatkan efesiensi usaha perawatan program. Tapi sekarang HIPO juga banyak digunakan sebagai alat desain dan teknik dokumentasi dalam siklus pengembangan sistem.

3 TUJUAN HIPO Untuk struktur yang memungkinkan fungsi suatu sistem dapat dimengerti. Untuk menguraikan fungsi-fungsi yang akan dikerjakan oleh suatu program yang dipakai untuk melaksanakan fungsi-fungsi tersebut. Untuk memberikan deskripsi vizual dari input yang akan dipakai serta output yang akan dihasilkan oleh masing-masing fungsi dari tiap- tiap tingkat diagram. Menghasilkan output yang benar dan dapat memenuhi kebutuhan user.

4 JENIS-JENIS DIAGRAM DALAM PAKET HIPO Daftar isi vizual/ Visual Tabel of Contens (VTOC), yang terdiri dari satu diagram hierarki atau lebih. Diagram Ringkasan/ Overview Diagram yaitu suatu seri diagram fungsional. Masing-masing diagram dihubungkan dengan salah satu fungsi sistem. Diagram Rinci/ Detail Diagram yaitu suatu seri dagram fungsional dan masing-masing diagram dihubungkan dengan sebuah sub-fungsi sistem.

5 Daftar isi vizual/ Visual Tabel of Contens (VTOC) VTOC menggambarkan seluruh program HIPO baik rinci maupun ringkasan yang terstruktur. Pada diagram ini nama dan nomor dari program HIPO diidentifikasikan. Struktur paket diagram dan hubungan fungsi juga diidentifikasikan dalam bentuk hierarki.

6 GAMBAR

7 Diagram Ringkasan/ Overview Diagram Overview diagram menggambarkan fungsi dan referensi utama dari suatu sistem. Fungsi dan referensi ini diperlukan oleh program untuk memperluas fungsi sampai uraian yang terkecil. Diagram ini berisi input, proses, output dari fungsi khusus.

8 GAMBAR

9 Diagram Rinci/ Detail Diagram Diagram rinci merupakan diagram yang paling rendah yang terdapat dalam paket HIPO. Diagram rinci berisi unsur-unsur paket dasar. Fungsi dari diagram ini adalah menjelaskan fungsi-fungsi khusus, menunjukkan item-item output dan input yang khusus dan menunjukkan diagram rinci lainnya.

10 GAMBAR

11


Download ppt "HIPO (Hierarchy plus Inpot-Proses-Output). PENGERTIAN HIPO (Hierarchy plus Input-Proses-Output) merupakan alat dokumentasi program yang berdasarkan fungsinya."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google