Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 MULIAKANLAH ALLAH DENGAN TUBUHMU! Oleh : John Maruli Situmorang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 MULIAKANLAH ALLAH DENGAN TUBUHMU! Oleh : John Maruli Situmorang."— Transcript presentasi:

1

2 1 MULIAKANLAH ALLAH DENGAN TUBUHMU! Oleh : John Maruli Situmorang

3 2 Betulkah Binatang haram menjadi halal setelah Yesus di salipkan? Apa Yang Alkitab Ajarkan Tentang “MAKANAN UMAT YANG BERBAHAGIA”? Muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”. Oleh : John Maruli Situmorang

4 3 Johanes 14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Johanes 14:15. "Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintah-Ku. 21 Barangsiapa memegang perintah-Ku dan melakukannya, dialah yang mengasihi Aku. Dan barangsiapa mengasihi Aku, ia akan dikasihi oleh Bapa-Ku dan Akupun akan mengasihi dia dan akan menyatakan diri-Ku kepadanya." Perlu kita ingat bahwa penurutan terhadap Firman Allah bukan supaya kita diselamatkan, tetapi kita menurut Firman Allah karena kita mengasihi Allah dimana kita telah diselamatkan oleh kasih karunia melalui iman (Efesus 2:8-10). “TIDAK MENGASIHI ALLAH PERTANDA KITA TINGGAL DALAM PERBUATAN DOSA”

5 4 1 Johanes 2:3-6. Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. 4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. 5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. 6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. 1 Johanes 3:4. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 1 Johanes 5:2 - 4 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah- Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita. 1 Johanes 2:3-6. Dan inilah tandanya, bahwa kita mengenal Allah, yaitu jikalau kita menuruti perintah-perintah-Nya. 4 Barangsiapa berkata: Aku mengenal Dia, tetapi ia tidak menuruti perintah-Nya, ia adalah seorang pendusta dan di dalamnya tidak ada kebenaran. 5 Tetapi barangsiapa menuruti firman-Nya, di dalam orang itu sungguh sudah sempurna kasih Allah; dengan itulah kita ketahui, bahwa kita ada di dalam Dia. 6 Barangsiapa mengatakan, bahwa ia ada di dalam Dia, ia wajib hidup sama seperti Kristus telah hidup. 1 Johanes 3:4. Setiap orang yang berbuat dosa, melanggar juga hukum Allah, sebab dosa ialah pelanggaran hukum Allah. 1 Johanes 5:2 - 4 Inilah tandanya, bahwa kita mengasihi anak-anak Allah, yaitu apabila kita mengasihi Allah serta melakukan perintah-perintah-Nya. 3 Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah- Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, 4 sebab semua yang lahir dari Allah, mengalahkan dunia. Dan inilah kemenangan yang mengalahkan dunia: iman kita.

6 5 2 Kor 11: Iblis menyamar - ajaran palsu Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja- pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. 11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka. 2 Kor 11: Iblis menyamar - ajaran palsu Sebab orang-orang itu adalah rasul-rasul palsu, pekerja- pekerja curang, yang menyamar sebagai rasul-rasul Kristus. 11:14 Hal itu tidak usah mengherankan, sebab Iblispun menyamar sebagai malaikat Terang. 11:15 Jadi bukanlah suatu hal yang ganjil, jika pelayan-pelayannya menyamar sebagai pelayan-pelayan kebenaran. Kesudahan mereka akan setimpal dengan perbuatan mereka. Perlu diingat dalam mengajarkan firman Tuhan sebagai berikut: Matius 24:24 - Mesias Palsu menyesatkan. Sebab Mesias-mesias palsu dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.

7 6 Mintalah tuntunan Rohul Kudus melalui berdoa sebelum membacanya. Biarkan Alkitab itu sendiri menafsirkan ayat alkitab itu. Bila anda mendapat satu ayat yang sulit dimengerti baca seluruh pasalnya serta lihat referensi ayat yang ada di footnote. Jangan menafsirkannya menurut kehendak kita atau menurut ajaran tradisi atau agama kita. Ambil bible dictionary bila perlu. Mintalah tuntunan Rohul Kudus melalui berdoa sebelum membacanya. Biarkan Alkitab itu sendiri menafsirkan ayat alkitab itu. Bila anda mendapat satu ayat yang sulit dimengerti baca seluruh pasalnya serta lihat referensi ayat yang ada di footnote. Jangan menafsirkannya menurut kehendak kita atau menurut ajaran tradisi atau agama kita. Ambil bible dictionary bila perlu. Perlu diingat dalam mempelajari firman Tuhan sebagai berikut: Firman Tuhan tidak pernah berobah – obah sebelun dan sesudah kedatangan Yesus.

8 7 Milik Siapakah tubuh kita kita? I Korintus 6:19, 20: “Atau tidak tahukah kamu, bahwa tubuhmu adalah bait Roh Kudus yang diam didalam kamu, Roh Kudus yang kamu peroleh dari Allah – dan bahwa kamu bukan milik kamu sendiri? Sebab kamu telah dibeli dan harganya telah lunas dibayar: Karena itu muliakanlah Allah dengan tubuhmu!”. Ayat yang lain mengatakan : I Kor 3:16, 17. Tidak tahukah kamu, bahwa kamu adalah bait Allah dan bahwa Roh Allah diam di dalam kamu? Jika ada orang yang membinasakan bait Allah, maka Allah akan membinasakan dia. Sebab bait Allah adalah kudus dan bait Allah itu ialah kamu.

9 8 Bagaimana tubuh kita harus dipersembahkan kepada Allah? Mengapa Allah membatasi makanan umatNya? Umat kudus bagi Tuhan jangan sekali-kali mencemarinya dengan makanan yang haram - Tubuhmu adalah persembahan yang kudus. Roma 12:1 Karena itu, saudara-saudara, demi kemurahan Allah aku menasihatkan kamu, supaya kamu mempersembahkan tubuhmu sebagai persembahan yang hidup, yang kudus dan yang berkenan kepada Allah: itu adalah ibadahmu yang sejati. Baca Kel 15:26, Kel 23:25 Ulangan 14:2 sebab engkaulah umat yang kudus bagi TUHAN, Allahmu, dan engkau dipilih TUHAN untuk menjadi umat kesayangan-Nya dari antara segala bangsa yang di atas muka bumi.“ 14:3 "Janganlah engkau memakan sesuatu yang merupakan kekejian.

10 9 Apa makanan yang disediakan Allah bagi Manusia mengingat bahwa tubuh kita adalah milik Tuhan? Kejadian 1 : 29 Berfirmanlah Allah: "Lihatlah, Aku memberikan kepadamu segala tumbuh-tumbuhan yang berbiji di seluruh bumi dan segala pohon-pohonan yang buahnya berbiji; itulah akan menjadi makananmu. (makanan kelas 1) Setelah manusia berdosa (Adam dan Hawa) diusir dari Taman Eden – maka tambahan menu makanan manusia yaitu TUMBUH-TUMBUHAN dan SAYUR SAYURAN. Kejadian 3:18 semak duri dan rumput duri yang akan dihasilkannya bagimu, dan tumbuh-tumbuhan di padang akan menjadi makananmu (makanan kelas 2); -umur manusia rata- rata 6 – 9 ratus tahun – Kej 5.

11 10 Apa makanan yang disediakan Allah bagi Manusia? Kesimpulan: Makanan manusia ialah biji-bijian, buah-buahan, sayur sayuran. Daging yang tidak haram adalah makanan emergency bila tidak ada biji-bijian/buah/Sayur. Setelah Air bah maka Allah mengijinkan Manusia untuk memakan Daging. Kejadian 9:3 Segala yang bergerak, yang hidup, akan menjadi makananmu. Aku telah memberikan semuanya itu kepadamu seperti juga tumbuh-tumbuhan hijau. 9:4 Hanya daging yang masih ada nyawanya, yakni darahnya, janganlah kamu makan. (setelah manusai memakan daging – yaitu makanan kelas 3 maka umur manusia itu merosot menjadi rata-rata 70 thn – Mazmur 90 :10).

12 11 Kej 7:2. Dari segala binatang yang tidak haram haruslah kauambil tujuh pasang, jantan dan betinanya, tetapi dari binatang yang haram satu pasang, jantan dan betinanya; 7:3 juga dari burung-burung di udara tujuh pasang, jantan dan betina, supaya terpelihara hidup keturunannya di seluruh bumi. 7 pasang yang tidak haram untuk makanan mereka dan untuk terpelihara hidup keturunannya. Juga untuk persembahan korban bakaran diatas mezbah pada Tuhan (Kej. 8:20). 1 pasang yang haram untuk terpelihara hidup keturunannya bukan untuk dimakan. Jadi Kejadian 9:3 Segala yang bergerak yang dimaksud adalah sebagian dari jenis 7 pasang binatang yang tidak haram dan tidak boleh memakan yang haram supaya terpelihara hidup keturunannya di seluruh bumi karena tidak adalagi penciptaan. Tubuh manusia tidak akan menjadi khudus apabila masuk sesuatu yang haram kedalamnya, dan tubuh kita adalah persembahan yang khudus dan hidup bagi Allah (Rom 12:1-2). Apa kata Alkitab tentang Nuh dan Binatang yang masuk ke Bahtera?

13 12 Binatang khusus apa dikatakan Allah tidak layak untuk dimakan? Jawab: “Juga babi, karena memang berkuku belah, tetapi tidak memamah biak, haram itu bagimu. Daging binatang-binatang itu janganlah kamu makan dan janganlah kamu terkena bangkainya.” Ulangan 14:8. Baca Imamat 17:7,8. Catatan : Ada dua pasal penuh, Imamat 11 dan Ulangan 14, seluruhnya diperuntukkan memberikan daftar binatang yang halal dan haram. Baca Markus 5:1-13. Dimana dinyatakan Yesus memandang Babi tidak layak untuk makanan manusia. Jika kawanan 2000 ekor babi layak untuk makanan Dia tidak akan membiarkan pembinasaan babi itu.

14 13 Apa Ciri-ciri binatang yang diijinkan Tuhan boleh dimakan? Imamat 11:4 - Ciri-ciri Binatang berkaki empat yang boleh dimakan adalah : Setiap binatang yang berkuku belah dan memamah biak boleh kamu makan. 11:4 - Unta memamah biak tetapi tidak berkuku belah = Haram. 11:7 - Babi berkuku belah tetapi tidak memamah biak = haram. Baca buku Imamat 11 dan Ulangan 14 Daftar binatang kejijikan(haram) dan tidak haram. Segala yang bersirip dan bersisik di dalam air boleh kamu makan. Segala yang bersirip tetapi tidak bersisik = haramSegala yang bersirip tetapi tidak bersisik = haram Segala yang bersisik tetapi tidak bersirip = haramSegala yang bersisik tetapi tidak bersirip = haram Imamat 11: 9 - yang hidup di air yang boleh dimakan adalah: Imamat 11: burung dan belalang yang bisa dimakan (baca)

15 14 Adam - Nuh = 1056 tahun Adam - Air bah = 1656 tahun Adam - Jakup lahir = 2421 tahun Lamanya Yakub mengembara = 130 tahun(Kej 47 : 8-9) Lamanya B.Israel di tawan di Mesir 430 tahun (Kel 12:40 Jadi dari Air Bah hingga keluarnya B.Israel dari Mesir menuju tanah Kanaan kurang lebih 1350 tahun…..Dengan kata lain bahwa adanya binatang haram bukan saat adanya B. Israel, jauh sebelumnya sudah dinyatakan Tuhan kepada Nuh.

16 15 Apa benar binatang haram menjadi halal setelah Yesus di salibkan? Jawab: Suatu kekeliruan besar terjadi di dunia umat Tuhan yang mengatakan bahwa makanan haram menjadi tidak haram lagi setelah kematian Yesus di salip. Alasan ini tidak berdasarkan Alkitabiah. Kenapa? Yesus tidak berobah-obah, dulu maupun hari ini dan sampai selama- lamanya (Ibrani 13:8). Yesus datang bukan untuk membuat binatang yang haram menjadi tidak haram. Tidaklah benar bila Tuhan kita berobah-obah. Dulu haram sekarang menjadi halal. Artinya Tuhan Yesus berobah-obah khusus untuk binatang haram. Sekali lagi mari kita perbaharui pendapat yang sangat keliru ini dan mari kita trima firmanNya seutuhnya.

17 16 Apa yang telah di palangkan di kayu salib? Hari-hari Raya ini hanyalah bayangan yang wujudnya adalah Yesus Kristus. MENGAPA HARI-HARI RAYA INI DIBERIKAN? Untuk menerangkan kepada B. Israel bahwa sekali kelak Juru Selamat dunia akan datang, Allah akan menjelma menjadi manusia dan kemudian mati menggantikan manusia sebagai anak Domba Allah. Johanes 1:29. Epesus 2:15 sebab dengan mati-Nya sebagai manusia Ia telah membatalkan hukum Taurat dengan segala perintah dan ketentuannya, untuk menciptakan keduanya menjadi satu manusia baru di dalam diri-Nya, dan dengan itu mengadakan damai sejahtera, 1. Hukum Taurat yang mengatur upacara korban Harian/mingguan/bulanan di kaabah 2. Hukum Taurat yang mengatur hari raya tahunan dan sabat tahunan Kolose 2:14 dengan menghapuskan surat hutang, yang oleh ketentuan-ketentuan hukum mendakwa dan mengancam kita. Dan itu ditiadakan-Nya dengan memakukannya pada kayu salib:

18 17 Apa yang telah di palangkan di kayu salib? Hukum Taurat Upacara Tahunan dan Sabat Tahunan. Contoh: Hari Raya Paskah (Imamat 23:5, 6) - Hari ke-14 Bulan I; - diganti dengan Perjamuan kudus (1 Kor 11:23-26) Hari Raya Roti Tak Beragi (Im 23:6-8) - Hari ke Bulan I; Hari Raya Unjukan Hulu Hasil (Im 23:10-12) Hari ke-16 Bulan I; Hari Raya 7 Minggu - Pentakosta (Imamat 23:15, 16) Hari ke-50 sesudah Hari ke-16 Bulan I; Hari Raya Meniup Serunai (Imamat 23:24, 25) Hari pertama Bulan VII; Hari Raya Pendamaian (Imamat 23:27, 28) Hari ke-10 Bulan VII; Hari Raya Pondok Daun (Im 23:34, 35) Hari ke Bulan VII. Ada 2 jenis hari sabat: 1. Hari Sabat hari ke-7 yang di buat pada waktu penciptaan - Sabat mingguan = Sabtu. Sabat inilah yang tercamtum dalam 10 Hukum Taurat yang di tulis oleh Jari Allah(Kel 31:18). Tidak di palangkan 2. Hari Sabat hari ke-7 tahunan - muncul saat tibanya hari raya tahunan diatas untuk B. Israel. Bisa jatuh pada hari Minggu - Senin - Selasa - Rabu - Kamis - Jumat - Sabtu. Inilah yang dipalangkan.

19 18 Apa yang telah di palangkan di kayu salib? Semua hukum taurat yang mengatur upacara di kaabah dimana wujudnya adalah Yesus Kristus termasuk Sunat. Baca Ulangan 23 dan Efesus hukum taurat tidak dipalangkan karena bukan bersifat lambang tetapi itu adalah gambar tabiat Allah sendiri yaitu hukum kasih - Kasih kepada Allah (Hukum 1-4) dan Kasih kepada manusia (hukum 5- 10). Baca Keluaran 20:3-17 Salip bukan untuk menghalalkan binatang haram menjadi haram. Firman Tuhan tidak pernah berobah-obah sama seperti Yesus tidak berobah-obah. Ibarani 13:8. Tidak ada satu ayat didalam Alkitab yang merubah binatang haram menjadi halal setelah Yesus di salip.

20 19 Apa maksud mimpi Petrus “semua halal bagi Tuhan”? Kisah 10:11 – 15 Tampak olehnya langit terbuka dan turunlah suatu benda berbentuk kain lebar yang bergantung pada keempat sudutnya, yang diturunkan ke tanah. 12 Di dalamnya terdapat pelbagai jenis binatang berkaki empat, binatang menjalar dan burung. 13 Kedengaranlah olehnya suatu suara yang berkata: "Bangunlah, hai Petrus, sembelihlah dan makanlah!” 14 Tetapi Petrus menjawab: "Tidak, Tuhan, tidak, sebab aku belum pernah makan sesuatu yang haram dan yang tidak tahir." 15 Kedengaran pula untuk kedua kalinya suara yang berkata kepadanya: "Apa yang dinyatakan halal oleh Allah, tidak boleh engkau nyatakan haram." Apa arti kain lebar yang berisi pelbagai jenis binatang yang turun dari langit dalam penglihatan Petrus? Jawab: “Ia berkata kepada mereka, kamu tahu betapa kerasnya larangan bagi seorang Yahudi untuk bergaul dengan orang-orang yang bukan Yahudi atau masuk kerumah mereka. Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir…. Lalu mulailah petrus berbicara, katanya: Sesungguhnya aku telah mengerti, bahwa Allah tidak membedakan orang. Setiap orang dari bangsa manapun yang takut akan Dia dan yang mengamalkan kebenaran berkenan kepadaNya…. Ketika mereka mendengar hal itu, mereka menjadi tenang, lalu memuliakan Allah, katanya, jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.” Kisah 10:28, 34, 35, Kisah 11:18.

21 20 Apa maksud mimpi Petrus “semua halal bagi Tuhan”? Kesimpulan: Petrus tidak pernah memakan makanan yang haram (ayat 14) Semua jenis binatang tersebut melambangkan semua manusia. bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir….”( Penglihatan Petrus bukan soal makanan haram atau halal. Semua jenis binatang tersebut melambangkan semua manusia. “Tetapi Allah telah menunjukkan kepadaku, bahwa aku tidak boleh menyebut orang najis atau tidak tahir….”(ayat 28, 34,35). Jadi kepada bangsa-bangsa lain juga Allah mengaruniakan pertobatan yang memimpin kepada hidup.” Kisah 11:18. Kisah 10 perlambang pekabaran Injil kepada semua manusia dan sekarang ini masih ada tugunya. Sebagai peringatan bahwa keselamatan terbuka kepada semua Bangsa. Selama ini keselamatan ada di pihak B. Israel - Joh 3:16 Kanon.. Betapa kerasnya larangan bagi seorang Jahudi untuk bergaul dengan orang-orang bukan Jahudi. Kis 10:28

22 21 Apa yang alkitab katakan tentang orang yang makan babi pada saat kedatangan Yesus ke dua kali? Jesaya 66:15. Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta-kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api. 16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya. Jesaya 66:17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang-binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN.

23 22 Markus 7:15 Apapun dari luar, yang masuk ke dalam seseorang, tidak dapat menajiskannya, tetapi apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya- Apa maksudnya? Salah satu alasan mengapa umat Tuhan (KRISTEN) menganggap semua binatang “halal” dan boleh dimakan ialah Markus 7:15. Apa maksud Yesus yang terkandung dalam ayat tersebut? Topik Markus 7 membahas “Perintah Allah dan Adat istiadat Yahudi” bukan mengenai makanan haram atau halal. Markus 7 sama sekali tidak membahas makanan halal dan haram. Markus 7 sama sekali tidak membahas makanan. Markus 7 sama sekali tidak membicarakan jenis makanan yang di makan oleh murid Yesus. Markus 7 – yang di permasalahkan oleh Ahli Taurat dan orang Farisi adalah cara makan murid-murid Yesus yaitu makan dengan tidak membasuh tangan lebih dulu dan menurut adat istiadat orang Jahudi itu sama dengan tangan najis/haram.

24 23 Apa arti dari yang masuk tidak menajiskan tetapi yang keluar yang menajiskan menurut Markus 7? MARKUS 7 : (Mat 15: 1-20) MARKUS 7 : Perintah Allah dan Adat istiadat Yahudi (Mat 15: 1-20) 7:1. Pada suatu kali serombongan orang Farisi dan beberapa ahli Taurat dari Yerusalem datang menemui Yesus. 7:2 Mereka melihat, bahwa beberapa orang murid-Nya makan dengan tangan najis, yaitu dengan tangan yang tidak dibasuh. 7:3 Sebab orang Farisi seperti orang Yahudi lainnya tidak makan kalau tidak melakukan pembasuhan tangan lebih dulu,karena berpegang pada adat istiadat nenek oyang mereka 7:5... orang Farisi dan ahli-ahli Taurat itu bertanya kepada-Nya: "Mengapa murid-murid-Mu tidak hidup menurut adat istiadat nenek moyang kita, tetapi makan dengan tangan najis?" 7:6 Jawab-Nya...: "Benarlah nubuat Yesaya tentang kamu, hai orang munafik! … : Bangsa ini memuliakan Aku dengan bibirnya, padahal hatinya jauh dari pada-Ku. 7:7 Percuma mereka beribadah kepada-Ku, sedangkan ajaran yg mereka ajarkan ialah perintah manusia. 7:8 Perintah Allah kamu abaikan untuk berpegang pada adat istiadat manusia."

25 24 MARKUS 7 - MEMBAHAS ADAT ISTIADAT BUKAN MAKANAN 7:17... murid-murid-Nya bertanya kepada-Nya tentang arti perumpamaan itu. 7:18 Maka jawab-Nya: "Apakah kamu juga tidak dapat memahaminya? Tidak tahukah kamu bahwa segala sesuatu dari luar yang masuk ke dalam seseorang tidak dapat menajiskannya, 7:19 karena bukan masuk ke dalam hati tetapi ke dalam perutnya, lalu dibuang di jamban?" Dengan demikian Ia menyatakan semua makanan halal. 7:20 Kata-Nya lagi: "Apa yang keluar dari seseorang, itulah yang menajiskannya, 7:22 perzinahan, keserakahan, kejahatan, kelicikan, hawa nafsu, iri hati, hujat, kesombongan, kebebalan. 7:23 Semua hal-hal jahat ini timbul dari dalam dan menajiskan orang.“ 7:21 sebab dari dalam, dari hati orang, timbul segala pikiran jahat, percabulan, pencurian, pembunuhan,

26 25 MARKUS 7 - kesimpulan mengenai yang menajiskan baca ayat Bukan masalah makanan halal atau haram tetapi pikiran kotor (PIKTOR) serta “ADAT ISTIADAT”. Markus 7 menjelaskan kepada kita bahwa semua makanan yang sesuai dengan prinsip alkitab bila kita makan dengan atau tanpa cuci tangan tidak menajiskan. Orang Farisi dan ahli Taurat mencoba menjebak murid Yesus untuk mempersalahkan Yesus agar Yesus bisa di bunuh. Pikiran mereka inilah yang menajiskan mereka (ayat )Orang Farisi dan ahli Taurat mencoba menjebak murid Yesus untuk mempersalahkan Yesus agar Yesus bisa di bunuh. Pikiran mereka inilah yang menajiskan mereka (ayat ) Yesus dalam Markus 7 tidak berobah - yang haram tetap haram dan yang halal tetap halal walaupun dimanakan dengan atau tanpa cuci tangan.Yesus dalam Markus 7 tidak berobah - yang haram tetap haram dan yang halal tetap halal walaupun dimanakan dengan atau tanpa cuci tangan.

27 26 Apa kata Alkitab mengenai minuman yang memabukkan? Nasihat apa yang diberikan Allah tentang penggunaan minuman-minuman yang memabukkan? Jawab: “Jangan melihat kepada anggur, kalau merah menarik warnanya dan mengilau dalam cawan, yang mengalir masuk dengan nikmat, tetapi kemudian memagut seperti ular, dan menyemburkan bisa seperti beludak.” Amsal 23:31, 32 baca juga Amsal 20:1.. I Korintus 6:9. Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang- orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, 6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Pemabuk tidak akan masuk ke Sorga menurut Firman Tuhan!

28 27 Tubuhmu adalah kaabah Allah, muliakan Dia dengan Tubuhmu? Haruskah orang Umat Tuhan menggunakan tembakau? Jawab: “Jika engkau makan atau jika engkau minum atau jika engkau melakukan sesuatu yang lain, lakukanlah semuanya itu untuk kemuliaan Allah.” I Korintus 10:31. Baca Roma 12:1. Catatan: Sekarang ada fakta yang diakui bahwa tembakau berbahaya kepada tubuh manusia. Dengan pengetahuan kita tidak seorang dapat merokok, mengunyah memasukkan, meminum mengunakan obat-obatan untuk merangsang dan lain-lain untuk kemuliaan Allah. Oleh karena itu, orang Kristen harus menjauhkan diri dari penggunaan benda yang berbahaya bagi tubuhnya, dan hanya menggunakan yang baik secara terbatas.

29 28

30 29 Tabungan ganti MerokokTotal Bunga+Pokok Kelas ,600,000 Bunga12%thn – tahun SD ,600,000 4,210,688 2 SD ,600,000 8,745,683 3 SD ,600,000 T 14,009,700 4 SD ,600,000 o 20,119,931 5 SD ,600,000 t 27,212,409 6 SD ,600,000 a 35,445,035 1 SMP ,600,000 l 45,001,093 2 SMP ,600,000 56,093,330 3 SMP ,600,000 b 68,968,695 1 SMU ,600,000 u 83,913,832 2 SMU ,600,000 n 101,261,468 3 SMU ,600,000 g 121,397,815 TK I ,600,000 a 144,771,171 TK II ,600, ,901,899 TK III ,600, ,586,681 TK IV Total 54,000, ,586, ,586,681 KEUNTUNGAN UNTUK TIDAK MEROKOK - ILLUSTRASI Catatan: Menabung RP 10,000/hari ganti 2 bungkus rokok maka dalam tempo 15 tahun total tabungan + bunga RP 206 Juta, anak-anak bisa sekolah hingga ke tingkat pendidikan yang tinggi, kesehatan prima, terhindar dari percekcokan dengan istri yang lupa membeli rokok, alam udara sekitar kita bersih kalau tidak merokok.

31 30 Biarlah kita memperbaharui iman kita sesuai dengan firman Allah. Bila kita selama ini tidak tau dan sekarang kita mau menuruti firman Tuhan maka kita akan diampuni Yesus (1 Joh 1:9). 1 Joh 5: 2-3 : Sebab inilah kasih kepada Allah, yaitu, bahwa kita menuruti perintah-perintah-Nya. Perintah-perintah-Nya itu tidak berat, Johanes 14 : 15.“Jikalau kamu mengasihi Aku, kamu akan menuruti segala perintahKu.” Baca Yohanes 15 : 10, 14. Muliakanlah Allah - baik kamu makan baik minum dan melakukan yang lainnya. 1 Kor 10:31 Turutilah firmanNya - Joh 17:17 - Kuduskanlah mereka dalam kebenaran; firman-Mu adalah kebenaran I Korintus 6:9 Atau tidak tahukah kamu, bahwa orang-orang yang tidak adil tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah? Janganlah sesat! Orang cabul, penyembah berhala, orang berzinah, banci, orang pemburit, 6:10 pencuri, orang kikir, pemabuk, pemfitnah dan penipu tidak akan mendapat bagian dalam Kerajaan Allah. Makanlah buah/biji-bijian/sayuran. Boleh makan daging /ikan yang halal saja karena tubuhmu adalah milik Tuhan dan kaabah Roh Kudus (1 Kor 3:16-17, 6:19-20). Pemabuk tidak akan masuk sorga

32 31 Dari seluruh penjelasan diatas khusus mengenai makanan Haram – walupun Ada beberapa ayat alkitab yang membingungkan maka kesimpulannnya Adalah bahwa Allah tidak berkenan kepada orang yang memakan binatang Haram. Baca Jesaya 66: Mari kita imani akan hal ini. Jesaya 66: Kedadatangan Yesus di akhir zaman. 15 Sebab sesungguhnya, TUHAN akan datang dengan api, dan kereta- kereta-Nya akan seperti puting beliung, untuk melampiaskan murka-Nya dengan kepanasan dan hardik-Nya dengan nyala api. 16 Sebab TUHAN akan menghukum segala yang hidup dengan api dan dengan pedang-Nya, dan orang-orang yang mati terbunuh oleh TUHAN akan banyak jumlahnya. 17 Mereka yang menguduskan dan mentahirkan dirinya untuk taman-taman dewa, dengan mengikuti seseorang yang ada di tengah-tengahnya, yang memakan daging babi dan binatang- binatang jijik serta tikus, mereka semuanya akan lenyap sekaligus, demikianlah firman TUHAN……ini bukan firman Situmorang atau firman Agama tertentu…tetapi Firman Tuhan!


Download ppt "1 MULIAKANLAH ALLAH DENGAN TUBUHMU! Oleh : John Maruli Situmorang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google