Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODAL VENTURA Oleh : Yudhi Setiawan, S.H., M.Hum.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODAL VENTURA Oleh : Yudhi Setiawan, S.H., M.Hum."— Transcript presentasi:

1 MODAL VENTURA Oleh : Yudhi Setiawan, S.H., M.Hum

2 Modal Ventura adalah Investasi jangka panjang dalam bentuk penyediaan modal yang berisiko tinggi dimana penyedia dana (venture capitalist)bertujuan utama memperoleh keuntungan (capital gain) bukan pendapatan bunga atau dividen. (Tony Lorenz : 1985) Dalam definisi ini dikenal ciri-ciri khas Modal Venture, yaitu : a.Investasi jangka panjang ; b.Penyediaan modal yang berisiko tinggi ; c.Memperoleh keuntungan sbg imbalan investasi risiko tinggi.

3 Modal Ventura adalah dana yang diinvestasikan pada perusahaan pasangan usaha yang berisiko tinggi bagi investor. (Clinton Richardson : 1987). Dalam definisi ini dikenal ciri-ciri khas Modal Ventura yaitu : a.Dana investasi yang berisiko tinggi ; b.Pada Perusahaan Pasangan Usaha ; Modal Ventura sebagai usaha penyediaan pembiayaan untuk membentuk dan mengembangkan usaha-usaha baru dibidang teknologi dan nonteknologi.

4 Dalam definisi ini dikenal ciri-ciri khas Modal Ventura, yaitu : a.Usaha penyediaan pembiayaan; b.Membentuk dan mengembangkan usaha-usaha baru; c.Dibidang teknologi dan nonteknologi. Dalam Pasal 1 huruf (h) PP No. 61 Tahun 1988 tentang Lembaga Pembiayaan ditentukan : Perusahaan Modal Ventura adalah badan usaha yang melakukan kegiatan pembiayaan dalam bentuk penyertaan modal kedalam suatu perusahaan pasangan usaha untuk jangka waktu tertentu.

5 Dalam rumusan ketentuan pasal ini dapat dikenal ciri-ciri khas Modal Ventura, yaitu : a.Badan usaha; b.Bidang usaha kegiatan pembiayaan; c.Bentuk penyertaan modal; d.Dalam perusahaan pasangan usaha; e.Untuk jangka waktu tertentu; Berdasarkan beberapa definisi yang diuraikan diatas, maka dapat diinventarisasi ciri-ciri khas Modal Ventura sebagai berikut : a.Bantuan pembiayaan pada perusahaan pasangan usaha.

6 b.Bersifat sementara, sampai pada masanya dilakukan divestasi. c.Perusahaan modal ventura terlibat dalam manajemen perusahaan pasangan usaha yang dibiayainya. d.Pembiayaan bukan dalam bentuk pinjaman, melainkan penyertaan modal. e.Pembiayaan itu berisiko tinggi karena modal usaha yang tidak didukung oleh jaminan. f.Motif utama adalah bisnis pembiayaan yang mengharapkan keuntungan relatif tinggi sebagai imbalan pembiayaan risiko tinggi.

7 Tujuan dan Manfaat Modal Ventura Tujuan Modal Ventura Modal Ventura merupakan salah satu usaha yang berorentasi untuk memperoleh keuntungan yang besar sebagai imbalan pembiayaan yang berisiko tinggi. Dahlan Slamat (1995) menginventarisasi tujuan usaha Modal Ventura, disamping berorentasi untuk memperoleh keuntungan yang tinggi dengan modal risiko tinggi pula, juga bertujuan untuk membantu : a.Pelaksanaan pendirian atau pembentukan suatu perusahaan;

8 b.Perusahaan yang sedang mengalami kesulitan dana dalam pengembangan usahanya, terutama pada tahap awal; c.Perusahaan pada tahap pengembangan suatu produk atau pada tahap mengalami kemunduran; d.Merealisasikan suatu gagasan menjadi produk terutama produk teknologi yang siap dipasarkan tanpa bergantung dari pembiayaan kredit bank; e.Memperlancar mekanisme investasi dalam dan luar negeri; f.Mengembangkan proyek penelitian dan pengembangan.

9 Manfaat Modal Ventura Disamping tujuan yang telah disebutkan diatas, Dahlan Slamat (1995) juga menginventarisasi manfaat usaha modal ventura dari sisi perusahaan pasangan usaha. Masuknya Modal Ventura sebagai sumber pembiayaan akan memberi manfaat bagi perusahaan yang bersangkutan sebagai berikut : 1.Kemungkinan Berhasilnya Usaha Lebih Besar seseorang yang menemukan ciptaan baru belum tentu mampu memproduksi dan sekaligus memasarkan produknya dengan berhasil karena membutuhkan keahlian, pengalaman, dan jaringan disamping pengetahuan yang memadai yang dapat menjamin kelancaran usaha.

10 2.Meningkatkan Kemampuan Memperoleh Keuntungan Pembiayaan melalui Modal Ventura merupakan bentuk penyertaan modal, sehingga tidak perlu mengeluarkan biaya rutin dalam bentuk bunga dan cicilan pinjaman yang akan mempengaruhi perusahaan. 3.Meningkatkan Bankabilitas Perusahaan yang baru didirikan sering mengalami kesulitan memperoleh pembiayaan karena memiliki tim manajemen yang lemah disamping struktur permodalan yang kuat. Akibatnya, pemilik dana kurang berminat memberi pinjaman kepada perusahaan baru.

11 4.Meningkatkan Likuidasi Keuangan Pembiayaan Modal Ventura dengan cara penyertaan modal akan mengurangi beban biaya bunga perusahaan. Disamping itu, likuidasi perusahaan tidak perlu terganggu karena perusahaan tidak memiliki beban pembayaran cicillan atas pinjaman spt halnya kalau menerima pembiayaan kredit melalui bank. 5.Meningkatkan Efisiensi Pendistribusian Pada awal berproduksinya perusahaan bisanya jumlah produk tidak akan efisien apabila pendistribusian ditangani sendiri karena volume produksi belum ekonomis untuk dilakukan distribusi sendiri.


Download ppt "MODAL VENTURA Oleh : Yudhi Setiawan, S.H., M.Hum."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google