Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PADA MANUSIA. Proses pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu : Pencernaan mekanik,yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PADA MANUSIA. Proses pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu : Pencernaan mekanik,yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi."— Transcript presentasi:

1 PADA MANUSIA

2 Proses pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu : Pencernaan mekanik,yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi bentuk kecil dan halus. Pencernaan kimiawi,yaitu adalah proses perubahan makanan dari zat yang kompleks menjadi zat-zat yang lebih sederhana dengan enzim, yang terjadi mulai dari mulut, lambung, dan usus.

3 Alat Pencernaan Makanan 1. Mulut Makanan masuk ke dalam tubuh pertama kali melewati rongga mulut. Pada rongga mulut terdapat bagian yang berperan dalam proses pencernaan yaitu : a. Gigi b. Lidah c. Kelenjar Ludah

4 2. Kerongkongan Setelah makanan kita kunyah dalam mulut, makanan akan masuk menuju kerongkongan. Sebelum ke kerongkongan, pada pangkal tenggorokan (laring) terdapat bagian yang memiliki katup dinamakan epiglotis. Epiglotis berfungsi mengatur masuknya makanan dan udara ke dalam tubuh.

5 3. Lambung Makanan dari kerongkongan terdorong ke dalam lambung, akibat gerakan peristaltik seperti yang sudah dijelaskan di atas. Lambung diibaratkan seperti lumbung yang bertugas untuk menyimpan makanan yang telah ditelan untuk sementara waktu. Lambung terdiri atas tiga bagian yaitu : a.Kardiaks b. Fundus c. Pilorus

6 4. Hati Hati adalah alat yang besar, terletak di bawah sekat rongga badan dan mengisi sebagian besar bagian atas rongga perut sebelah kanan. Hati membuat empedu yang terkumpul dalam kantung empedu. Empedu tersebut menjadi kental karena airnya diserap kembali oleh dinding kantung empedu. Pada waktu tertentu, empedu dipompakan ke dalam usus dua belas jari melalui pipa empedu.

7 5. Kelenjar Pankreas Prakreas berada dalam lipatan duodenum, berbentuk huruf U yang rebah. Pada pankreas terdapat dua macam kelenjar, yaitu kelenjar endokrin menghasilkan hormon insulin, sedangkan kelenjar eksokrin menghasilkan getah pankreas (duktus pankreatikus) 1,5 liter per hari melalui dua saluran, yaitu duktus pankreatikus utama dan tambahan. Kedua saluran ini bermuara ke duodenum.

8 6. Usus Halus Usus halus terbagi atas 3 bagian, yaitu: a. Duodenum (Usus 12 jari ) b. Jejunum ( Usus Kosong ) c. Illeum ( Usus Penyerapan )

9 7. Usus Besar Usus besar pada umumnya terdiri atas usus besar ascending (menaik), transvers (melintang), descending (menurun), dan berakhir pada rektum, yaitu bagian berotot yang mengeluarkan kotoran melalui anus.

10 8. Anus Feses yang terkumpul dalam rektum dikeluarkan melalui saluran pengeluaran yang dinamakan anus. Proses pengeluaran feses lewat anus ini disebut proses defi kasi. Pada anus terdapat otot sfingter anus yang berupa otot polos dan otot lurik. Masing-masing otot ini berturut-turut berada di dalam dan bagian luar lubang anus. Saat feses menyentuh dinding rektum, otot lurik terangsang melakukan proses defi kasi. Akibatnya, secara sadar kita akan melakukan mengejan (berkontraksi). Tindakan kita ini akan menjadikan otot polos mengendur, sehingga feses keluar dari tubuh.


Download ppt "PADA MANUSIA. Proses pencernaan manusia dapat dibedakan menjadi dua yaitu : Pencernaan mekanik,yaitu proses pengubahan makanan dari bentuk kasar menjadi."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google