Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Perlu kamu sediakan: balon udara beberapa lembar kertas dinding pakaian dari wol wastafel Bagaimana melakukannya ? 1. Tiup balon udara hingga berisi udara.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Perlu kamu sediakan: balon udara beberapa lembar kertas dinding pakaian dari wol wastafel Bagaimana melakukannya ? 1. Tiup balon udara hingga berisi udara."— Transcript presentasi:

1 Perlu kamu sediakan: balon udara beberapa lembar kertas dinding pakaian dari wol wastafel Bagaimana melakukannya ? 1. Tiup balon udara hingga berisi udara dan gosokkan sisi balon dengan kain wol Mengapa ? Permukaan balon yang digosok dengan kain akan menimbulkan muatan Aliran elektron 2. Dekatkan balon pada selembar kertas, tanpa menempel Apa yang terjadi ? Kertas akan tertarik dan menempel di permukaan balon 3. Coba kembali dengan mendekatkan balon pad potongan kain atau kertas atau menempelkan balon di dinding Apa yang terjadi ? Balon akan menempel pada dinding, tidak jatuh !

2 Perlu kamu sediakan: dua balon udara benang pakaian dari wol satu lembar kertas Bagaimana melakukannya ? 1. Tiup kedua balon udara hingga berisi udara dan ikat masing-masing dengan benang, lalu ikatkan kedua ujung benang satu dan lainnya Mengapa ? Benda yang terbuat dari bahan yang sama, apabila mengandung muatan, maka kedua benda akan mengandung muatan yang sama sehingga akan saling tolak-menolak. Benda yang terbuat dari bahan berbeda, apabila digosok dengan kain wol akan menimbulkan muatan berbeda, sehingga keduanya akan saling tarik- menarik. 2. Usaplah kedua balon dengan kain wol Apa yang terjadi ? Kedua balon akan saling menjauh 3. Peganglah be-nang tepat di tengah dan biarkan balon saling tarik - menarik 4. Letakkan kertas di antara kedua balon Apa yang terjadi ? Kedua balon akan saling mendekat

3 Perlu kamu sediakan: empat sedotan satu batang kaca pakaian dari wol meja Bagaimana melakukannya ? 1. Letakkan dua sedotan berjarak 5 cm satu sama lain, paralel di meja. 2. Gosokkan kain wol pada dua sedotan lainnya. Letakkan salah satunya melintang di atas dua sedotan sebelumnya dan yang lain letakkan di antara keduanya (lihat gambar) Apa yang terjadi ? Sedotan yang diletakkan melintang akan bergerak dari sedotan satu ke sedotan lainnya 3. Ulangi percobaan di atas dengan menggunakan batang kaca. Apa yang terjadi ? Sedotan akan menggelinding di atas batang kaca dan akan terarik ke batang kaca jika dijauhkan ! Mengapa ? Sedotan terbuat dari plastik, akan menimbulkan muatan negatif apabila digosokkan kain wol, sementara kaca bermuatan positif. Apabila dua sedotan yang telah digosok dengan kain wol saling didekatkan, maka keduanya akan saling tolak menolak. Sebaliknya jika batang kaca dan sedotan bermuatan saling didekatkan, keduanya akan saling tarik-menarik.


Download ppt "Perlu kamu sediakan: balon udara beberapa lembar kertas dinding pakaian dari wol wastafel Bagaimana melakukannya ? 1. Tiup balon udara hingga berisi udara."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google