Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PENGENDALIAN INTERN. Pengendalian: adalah proses mempengaruhi atau mengarahkan aktvitas sebuah obyek, organisasi, atau sistem. Salah satu tujuan SIA:

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PENGENDALIAN INTERN. Pengendalian: adalah proses mempengaruhi atau mengarahkan aktvitas sebuah obyek, organisasi, atau sistem. Salah satu tujuan SIA:"— Transcript presentasi:

1 PENGENDALIAN INTERN

2 Pengendalian: adalah proses mempengaruhi atau mengarahkan aktvitas sebuah obyek, organisasi, atau sistem. Salah satu tujuan SIA: adalah membantu manajemen dalam mengendalikan organisasi bisnis.

3 Dalam teori Akuntansi dan Organisasi, pengendalian intern atau kontrol intern didefinisikan sebagai suatu PROSES, yang dipengaruhi oleh Sumber Daya Manusia dan sistem teknologi informasi, yang dirancang untuk membantu organisasi mencapai suatu tujuan atau objektif tertentu.

4 Atau dengan kata lain bahwa Pengendalian Intern terdiri atas kebijakan dan prosedur yang digunakan dalam OPERASI perusahaan untuk menyediakan informasi keuangan yang handal serta menjamin dipatuhinya hukum dan peraturan yang berlaku.

5 Pengendalian intern berperan penting untuk mencegah dan mendeteksi pengelapan (fraud) dan melindungi sumber daya organisasi baik yang berwujud (seperti mesin dan lahan) maupun tidak (seperti reputasi atau hak kekayaan intelektual seperti merek dagang).

6 Tujuan dilakukannya Pengendalian : Penggunaan sumber daya yang tidak efisien Keputusan manajemen yang tidak baik Kesalahan yang tidak disengaja dalam pencatatan dan pemrosesan data Kehilangan atau kerusakan catatan secara tidak sengaja Kehilangan harta karena kecerobohan karyawan Tidak ditaatinya kebijakan manajemen oleh karyawan Perubahan secara tidak sah terhadap SIA.

7 Ancaman terhadap SIA Bencana alamKesalahan Software Tindakan-tindakan yang tidak disengaja, seperti: kecelakaan, kehilangan, dll Tindakan yang disengaja seperti: sabotase, korupsi, dll.

8 MENGAPA ANCAMAN TERHADAP SIA MENINGKAT ?

9 Penyebabnya antara lain : Kenaikan jumlah sistem client / server Karena ada jaringan lokal (LAN) yang mendistribusikan data kebanyak pemakai Karena ada Wide Area Network (WAN) yang memberi peluang bagi pelanggan dan pemasok saling mengakses masing-masing sistem dan data.

10 Pengendalian INTERN Pengendalian intern itu meliputi struktur organisasi dan semua cara-cara serta alat-alat yang dikordinasikan yang digunakan di dalam perusahaan dengan tujuan untuk menjaga keamanan harta milik perusahaan, memeriksa ketelitian data akuntansi, memajukan efisiensi didalam operasi dan membantu manjaga dipatuhinya kebijakan manajemen yang telah ditetapkan lebih dahulu.

11 Unsur Pokok Sistem Pengendalian Intern yang memuaskan Struktur Organisasi yang memisahkan tanggung jawab fungsional secara tegas. Sistem wewenang dan prosedur pencatatan yang memberikan perlindungan yang cukup terhadap kekayaan, utang, pendapatan dan biaya. Praktek yang sehat dalam melaksanakan tugas dan fungsi setiap organisasi. Karyawan yang cakap sesuai dengan tanggung jawabnya.

12 COLLUSION ? Kolusi ada terbatas, dan ada kolusi total


Download ppt "PENGENDALIAN INTERN. Pengendalian: adalah proses mempengaruhi atau mengarahkan aktvitas sebuah obyek, organisasi, atau sistem. Salah satu tujuan SIA:"

Presentasi serupa


Iklan oleh Google