Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5."— Transcript presentasi:

1 1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5

2 2 Learning Outcomes Pada akhir pertemuan ini, diharapkan mahasiswa akan mampu : Mahasiswa dapat Menghubungkan pola behaviour (C3) Mahasiswa dapat Membuat diagram / skema Statechart (C4) Mahasiswa dapat Membuat pola Atribute (C5)

3 3 Outline Materi Atribute Operation

4 4 Menjelaskan Attribut Adalah nama dari keterangan properti dari class atau event Diturunkan dari class’s behavioural pattern Hampir semua data dihubungkan pada event Beberapa data tidak dihubungkan pada single events yang menunjukkan state atau object seperti account balance

5 5 Menurunkan Class Attributes Apakah karakteristik umum dari Class Bagaimana data diterangkan di dalam problem domain Data dasar apa yang harus diambil tentang object dari class ? Hasil dari event trace yang mana yang harus diambil

6 6 Menurunkan Event Attributes Kapan event ini terjadi? –Tanggal, Jam –Perbedaan antara bila terjadi dan bila ditemukan tentang event? Angka atau nilai mana yang diperhatikan oleh event? –Seperti Jumlah uang, jumlah barang terjual

7 7 Prinsip dari Modeling Behaviour Buat behavioural pattern dari event traces Create behavioural patterns from event traces. Study common events. Derive class attributes from behavioural patterns.

8 8 Diskusi Kelompok Video Rental Store Suatu sistem Informasi untuk mengelola penyewaan video didalam toko persewaan video. Tokonya menawarkan video dalam kategori yang ber-beda-beda. Untuk menjadi member, gratis dan terbuka untuk semua orang tetapi diharuskan mendaftar untuk menyewa video. Tokonya melacak aktifitas dari setiap pelanggan dan akan mengirimkan reminder bila video tidak dikembalikan dalam waktu 48 jam. Reminder kedua akan dikirim setelah satu minggu, dan jika tidak mengembalikan video, pelanggan akan di exclude hingga videonya di kembalikan. Untuk setiap video title, ada beberapa tape untuk disewakan, dan member dapat memesan video tertentu untuk di sewa pada tanggal tertentu. Tambahkan assumsi bila diperlukan

9 9 Diskusi Kasus Menggambarkan Behavior Pattern Menentukan Attribut Menentukan Operation

10 10 EVENT TABLE

11 11 CLASS DIAGRAM Rimender Kategori Video Title Video 1 1..* 1 1..* 0..* Member Exclude Member Aktif

12 12 STATE DIAGRAM MEMBER Aktif Menyewa (Tgl, Judul, Seri) Mengembalikan (Tgl, Judul, Seri) Memesan (Tgl, Judul, Seri) Mendaftar (Tgl) Exclude Kirim Reminder ke 2 (No. Reminder, Tgl) Mengembalikan (Tgl, Judul, Seri) Mengirim (NoRimender, Tgl) Nama Alamat Telp Member Nama, Alamat, Telp, Tgl_Daftar Tgl_Kembali, Judul_Kembali, Seri_Kembali Tgl_Pesan, Judul_Pesan, Seri_Pesan Tgl_Sewa, Judul_Sewa, Seri_Sewa Tgl_Rimender, No_Rimender Mendaftar() Menyewa() Mengembalikan() Memesan() Mengirim_Rimender()

13 13 STATE DIAGRAM MEMBER Member Exclude Member Aktif Exclude Menyewa (Tgl, Judul, Seri) Mengembalikan (Tgl, Judul, Seri) Memesan (Tgl, Judul, Seri) Kirim Reminder ke 2 (No. Reminder, Tgl) Mengembalikan (Tgl, Judul, Seri) Mengirim (NoRimender, Tgl) Mendaftar (Tgl) Kirim Reminder ke 2 (No. Reminder, Tgl)

14 14 Terima Kasih


Download ppt "1 Pertemuan 14 Behavior Matakuliah: M0086/Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Tahun: 2005 Versi: 5."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google