Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PASAR TENAGA KERJA “Indonesia dan Internasional” Manajemen Sumber Daya Manusia Kelas I.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PASAR TENAGA KERJA “Indonesia dan Internasional” Manajemen Sumber Daya Manusia Kelas I."— Transcript presentasi:

1 PASAR TENAGA KERJA “Indonesia dan Internasional” Manajemen Sumber Daya Manusia Kelas I

2 Oleh: Kelompok 5 RIZKY DITYA LARASATI NURUL AZIZAH SYIFA KHAIRUNNISA ALIFIA HARWITASARI

3 DEVIYANTI ANWAR HAQIQOTUL AULIYAH YUNIANDINI ICHSANIA GUNAWAN TIARA ARIQOH BAWINDAPUTRI

4 PENGERTIAN Pasar tenaga kerja dapat diartikan sebagai suatu pasar yang mempertemukan penjual dan pembeli tenaga kerja. Sebagai penjual tenaga kerja di dalam pasar ini adalah para pencari kerja (Pemilik Tenaga Kerja), sedangkan sebagai pembelinya adalah orang-orang / lembaga yang memerlukan tenaga kerja. Pasar tenaga kerja diselenggarakan dengan maksud untuk mengkoordinasi pertemuan antara para pencari kerja dan orang-orang atau lembaga-lembaga yang membutuhkan tenaga kerja. 3

5 PENYELENGGARAAN PASAR TENAGA KERJA Di Indonesia, penyelenggaraan bursa tenaga kerja ditangani oleh Departemen Tenaga Kerja (Depnaker). Selain Depnaker, di Indonesia juga berkembang penyelenggaraan bursa tenaga kerja swasta yang biasa disebut Perusahaan Penyalur Tenaga Kerja.

6 FUNGSI DAN MANFAAT PASAR TENAGA KERJA  Fungsi: Sebagai sarana penyaluran tenaga kerja Sebagai sarana untuk mendapatkan informasi tentang ketenagakerjaan Sebagai sarana untuk mempertemukan pencari kerja dan orang atau lembaga yang membutuhkan tenaga kerja  Manfaat: Membantu para pencari kerja dalam memperoleh pekerjaan sehingga dapat mengurangi penggangguran Membantu orang-orang atau lembaga-lembaga yang memerlukan tenaga kerja untuk mendapatkan tenaga kerja Membantu pemerintah dalam mengatasi permasalahan ketenagakerjaan

7 Berdasarkan sifatnya, pasar tenaga kerja dapat digolongkan menjadi: Pasar kerja intern (Internal Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang diperoleh dari dalam perusahaan itu sendiri. Pasar kerja ekstern(Eksternal Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang diperoleh dari luar perusahaan.

8 Berdasarkan prioritasnya, pasar tenaga kerja dapat digolongkan menjadi: Pasar kerja utama(Primary Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang menawarkan jabatan atau posisi dengan tingkat upah atau gaji yang tinggi, pekerjaan yang baik dan dengan kondisi yang stabil. Pasar kerja Sekunder(Secondary Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang menawarkan jabatan atau posisi dengan tingkat upah atau gaji yang rendah, posisi yang kurang stabil dan kurang memberi kesempatan untuk pengembangan karir karyawan.

9 Berdasarkan pendidikannya, pasar tenaga kerja dapat digolongkan menjadi: Pasar tenaga kerja terdidik(Skilled Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang membutuhkan karyawan yang berpendidikan dan memiliki keterampilan yang memadai. Pasar tenaga kerja tidak terdidik(Unskilled Labour Market) Adalah pasar tenaga kerja yang menawarkan pekerjaan yang tidak mementingkan pendidikan maupun keterampilan – keterampilan khusus tertentu.

10 PASAR TENAGA KERJA DI INDONESIA Kondisi pasar tenaga kerja domestik Indonesia saat ini (November 2013) sangat membutuhkan tenaga terampil dalam jumlah besar. Kebutuhan tenaga terampil ini mencapai 20 juta orang. Namun untuk memenuhinya dari tenaga kerja domestik dalam dua tahun ke depan tidaklah mudah. Indonesia di masa mendatang akan menjadi pasar tenaga kerja potensial, bahkan oleh perusahaan multinasional.

11 Data tahun 2010 Penempatan Tenaga Kerja Terdaftar di Indonesia Pencari Kerja Terdaftar di Indonesia

12 Lowongan Kerja Terdaftar di Indonesia Penempatan Tenaga Kerja Indonesia di Luar Negeri

13 PASAR TENAGA KERJA DI INTERNASIONAL Pada tahun 2012, Badan Perburuhan Internasional (ILO) menyebutkan bahwa kondisi pasar tenaga kerja global akan jauh lebih buruk dibanding tahun ILO menyebut situasi ini sebagai sebuah tantangan mendesak. sebab negara-negara dunia harus mencetak sedikitnya 600 juta lapangan kerja selama satu dekade ke depan. Secara global sekitar 1,1 miliar orang menganggur dan hidup dalam kemiskinan dan setidaknya 29 juta orang penganggur baru di seluruh dunia akibat melambatnya perekonomian dunia sejak Jika kemudian dijumlahkan dengan keseluruhan jumlah pengangguran dunia, maka angka pengangguran dunia meningkat menjadi 6,9% dari 6% penganggur tahun lalu.

14 Lapangan Kerja di Asia Pasifik 2010

15 Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Menurut Jenis Kelamin tahun 2012

16 Distribusi Tingkat Partisipasi Angkatan Kerja Perempuan dan Laki – laki, 1992 dan 2012

17 Referensi….  Update Pasar Tenaga Kerja Asia – Pasifik oleh Kantor Regional ILO untuk Asia dan Pasifik April  Global Employment Trends for Women by International Labour Organization December 2012.

18 Thank You! Jurusan Teknologi Industri Pertanian Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Brawijaya 2014


Download ppt "PASAR TENAGA KERJA “Indonesia dan Internasional” Manajemen Sumber Daya Manusia Kelas I."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google