Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SEBAGAI SUMBER DAYA DALAM KEGIATAN EKONOMI.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SEBAGAI SUMBER DAYA DALAM KEGIATAN EKONOMI."— Transcript presentasi:

1

2 ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SEBAGAI SUMBER DAYA DALAM KEGIATAN EKONOMI

3 Berdasarkan gambar diatas, buatlah pertanyaan yang berhubungan dengan angkatan kerja dan tenaga kerja.

4 A. Ketenagakerjaan 1.Tenaga Kerja Menurut UU No. 13 Tahun 2003, tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna menghasilkan barang dan atau jasa untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat. Tenaga kerja dapat juga diartikan sebagai penduduk yang berada dalam batas usia kerja. Tenaga kerja disebut juga golongan produktif. Kriteria bagi angkatan kerja untuk dapat memasuki dunia kerja adalah: 1. jenis pendidikan, 2. keahlian khusus yang dimiliki, 3. pengalaman kerja, 4. kesehatan yang prima, 5. sikap kepribadian dan kejujuran

5 Tenaga kerja dapat dikelompokkan menjadi dua, yaitu Orang mencari pekerjaan Orang yang bekerja

6 A. ANGKATAN KERJA Adalah : jumlah penduduk usia kerja yang Mencakup : a. Penduduk yang sudah bekerja b. Penduduk belum bekerja c. Penduduk yang sedang mencari pekerjaan

7 USIA KERJA : Adalah suatu tingkatan umur dimana orang sudah dapat bekerja dan memperoleh pendapatannya sendiri. USIA KERJA minimum 15 th – 65 tahun.

8 BESARNYA ANGKATAN KERJA : Tergantung dari a.Jumlah Penduduk b.Susunan Penduduk sususan penduduk berdasarkan - tingkat pendidikan - kelahiran - komposisi umur Semakin rendah tingkat pendidikan penduduk suatu negara menyebabkan semakin rendah pula angkatan kerja negara tersebut.

9 BAGAIMANA CARA SESEORANG DALAM MENCARI KERJA ? a.Lowongan kerja di media massa (koran, tabloid) b.Lowongan kerja di media elektronik (internet) c.Lowongan kerja lewat Dinas Tenaga Kerja d.Lewat Perusahaan penyalur tenaga kerja / PJTKI (penyalur jasa tenaga kerja indonesia)

10 Apakah pertimbangan sebuah perusahaan dalam menerima tenaga kerja ? a.Pendidikan b.Keahlian khusus c.Pengalaman kerja d.Kesehatan e.Kejujuran f.Sikap dan penampilan

11 TENAGA KERJA Adalah bagian dari angkatan kerja yang berfungsi dalam proses produksi menghasilkan barang dan jasa.

12

13 tenaga kerja dapat dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tenaga kerja yang dalam kegiatan kerjanya lebih banyak menggunakan pikiran yang produktif dalam proses produksi a. tenaga kerja rohani b. tenaga kerja jasmani. Contohnya manager, direktur, dan jenisnya tenaga kerja yang dalam kegiatannya lebih banyak melaksanakan kegiatan produktif dalam produksi Tenaga kerja terdidik, Tenaga kerja terlatih Tenaga kerja tidak terdidik

14 1) Tenaga kerja terdidik (skilled labour) Tenaga kerja terdidik (skilled labour) adalah tenaga kerja yang memerlukan pendidikan tinggi. Misalnya guru, dokter, dan sebagainya. 2) Tenaga kerja terlatih (trained labour) Tenaga kerja terlatih (trained labour) adalah tenaga kerja yang memerlukan pelatihan dan pengalaman terlebih dahulu. Misalnya sopir, montir, dan sebagainya. 3) Tenaga kerja tak terdidik (unskilled labour) Tenaga kerja tak terdidik (unskilled labour) adalah tenaga kerja yang tidak memerlukan pelatihan ataupun pendidikan khusus. Misalnya kuli bangunan dan buruh gendong.

15 Adapun upaya untuk meningkatkan kualitas tenaga kerja dapat dilakukan dengan cara 1. Pelatihan Tenaga Kerja yaitu keseluruhan kegiatan untuk memberi, memperoleh, meningkatkan serta mengembangkan kompetensi kerja, produktivitas, disiplin, sikap, dan etos kerja pada tingkat keterampilan dan keahlian tertentu sesuai dengan jenjang dan kualifikasi jabatan atau pekerjaan. 2. Pemagangan Pemagangan merupakan bagian dari sistem pelatihan kerja yang diselenggarakan secara terpadu antara pelatihan di lembaga pelatihan dengan bekerja secara langsung di bawah bimbingan dan pengawasan instruktur atau pekerja yang telah berpengalaman 3. Perbaikan Gizi dan Kesehatan

16 B. PERMASALAHAN TENAGA KERJA DI INDONESIA 1.Jumlah Angkatan Kerja yang Tidak Sebanding dengan Kesempatan Kerja 2.Mutu Tenaga Kerja yang Relatif Rendah 3.Persebaran Tenaga Kerja yang Tidak Merata 4.Pengangguran 5.Kurang Sesuainya Kemampuan Tenaga Kerja dengan Pekerjaannya 6.Rendahnya Upah yang Diterima oleh Tenaga Kerja 7.Kurangnya Perlindungan terhadap Tenaga Kerja 8.Serangan Tenaga Kerja Asing

17 Pengangguran merupakan masalah yang sering dihadapi oleh pemerintah. Jenis-jenis pengangguran dapat dilihat berdasarkan penyebab dan sifatnya. a. Jenis Pengangguran Berdasarkan Penyebabnya 1 ) Pengangguran konjungtur 2 ) Pengangguran struktural 3 ) Pengangguran friksional 4 ) Pengangguran musiman 5 ) Pengangguran teknologi 6 ) Pengangguran voluntary

18 1 ) Pengangguran konjungtur (cyclical unemployment) Adalah pengangguran yang diakibatkan oleh perubahan-perubahan dalam tingkat kegiatan perekonomian. Contoh : pengangguran yang disebabkan oleh PHK (Pemutusan Hubungan Kerja)

19 2 ) Pengangguran struktural Pertumbuhan dan perkembangan ekonomi selalu diikuti oleh perubahan struktur dan corak kegiatan ekonomi. Misalnya terjadi pergeseran dari sektor pertanian menjadi sektor industri. Contoh : petani yang menganggur karena lahan pertaniannya dibangun pabrik.

20 3 ) Pengangguran friksional Pengangguran jenis ini bersifat sementara dan terjadi karena adanya kesenjangan antara pencari kerja dan lowongan kerja. Kesenjangan ini dapat berupa kesenjangan waktu, informasi maupun jarak. Di dalam proses mencari kerja yang lebih baik adakalanya mereka harus menganggur. Masa mencari kerja/menganggur disebut dengan pengangguran friksional.

21 4 ) Pengangguran musiman Pengangguran musiman adalah jenis pengangguran yang terjadi secara berkala, Misalnya pengangguran pada saat selang musim tanam dan musim panen.

22 5 ) Pengangguran teknologi Pengangguran teknologi adalah pengangguran yang terjadi karena adanya perubahan tenaga manusia menjadi tenaga mesin. Misalnya dahulu petani mengolah sawah dengan tenaga manusia, namun sekarang diganti dengan tenaga traktor.

23 6 ) Pengangguran voluntary Pengangguran voluntary terjadi karena ada orang yang sebenarnya masih dapat bekerja, namun dengan sukarela ia berhenti bekerja. Hal ini dapat terjadi karena ia telah mendapatkan warisan atau halhal lain yang membuat seseorang tidak perlu bekerja.

24 Soal Latihan Ayo, pilih jawaban yang paling tepat sesuai dengan materi Ketenagakerjaan, untuk mengevaluasi daya serap materimu. 1. Penduduk yang sudah memasuki usia kerja, baik yang sudah bekerja, belum bekerja, atau sedang mencari pekerjaan disebut.... a. tenaga kerja c. angkatan kerja b. buruh d. karyawan 2. Menurut peraturan pemerintah Indonesia, yang dimaksud dengan usia kerja adalah.... a. 10 tahun sampai 60 tahun b. 15 tahun sampai 65 tahun c. 20 tahun sampai 65 tahun d. 25 tahun sampai 70 tahun 3. Agar dapat memperluas kesempatan kerja pemerintah melakukan.... a. menambah kursus-kursus b. menambah jumlah sekolah c. pengembangan industri padat karya d. pengembangan industri padat modal 4. Berikut adalah orang-orang yang termasuk dalam usia kerja, namun tidak termasuk dalam kelompok angkatan kerja, kecuali.... a. ibu rumah tangga b. lulusan SMA yang tidak melanjutkan sekolah c. para pensiunan d. mahasiswa 5. Peningkatan kesejahteraan tenaga kerja harus diimbangi oleh…. a. peningkatan kualitas tenaga kerja b. peningkatan kualitas produksi c. pengembangan sektor kerja d. tersedianya sumber daya alam 6. Banyaknya angkatan kerja yang terserap pada lapangan pekerjaan akan mengakibatkan …. a. tersedianya lapangan kerja b. meningkatnya permintaan kerja c. tersedianya modal usaha d. meningkatnya kesejahteraan 7. Untuk memperoleh informasi mengenai lowongan pekerjaan dan syarat yang diminta, para pencari kerja perlu banyak mendatangi …. a. perusahaan pencari tenaga kerja b. balai latihan kerja c. bursa tenaga kerja d. kawasan industri 8. Untuk meningkatkan ketahanan fisik dalam bekerja dan meningkatkan kecerdasan tenaga kerja pelu adanya upaya dalam bidang.... a. pelatihan dan pendidikan b. pemagangan c. penyaluran tenaga kerja d. perbaikan gizi 9. Jika jumlah angkatan kerja tidak sebanding dengan kesempatan kerja, maka akan mengakibatkan …. a. rendahnya mutu tenaga kerja b. meningkatnya pengangguran c. penurunan produktivitas d. meningkatnya produktivitas 10. Mengurangi pengangguran dapat dilakukan dengan usaha berikut, kecuali …. a. program keluarga berencana b. membina kewirausahaan c. membuka balai latihan kerja d. mempermudah emigrasi

25 B. Ayo, jawablah pertanyaan berikut sesuai materi Ketenagakerjaan. 1. Apakah yang dimaksud dengan tenaga kerja? 2. Siapa sajakah yang termasuk dalam kategori angkatan kerja? 3. Faktor apakah yang menyebabkan terjadinya pengangguran? 4. Jelaskan dampak pengangguran. 5. Bagaimanakah cara paling tepat untuk mengatasi penganguran?


Download ppt "ANGKATAN KERJA DAN TENAGA KERJA SEBAGAI SUMBER DAYA DALAM KEGIATAN EKONOMI."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google