Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KALA DAN ASPEK BAHASA JEPANG Definisi dan Kegunaan.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KALA DAN ASPEK BAHASA JEPANG Definisi dan Kegunaan."— Transcript presentasi:

1 KALA DAN ASPEK BAHASA JEPANG Definisi dan Kegunaan

2 Definisi Kala: Kategori gramatikal yang menyatakan waktu dilakukannya aksi verba terhitung dari detik penutur berbicara. Aspek: Kategori gramatikal yang menyatakan keadaan/kondisi dari aksi verba terkait dengan maksud penutur tanpa dikaitkan dengan waktu.

3 つまり... Kala  Menyebutkan waktu terjadinya aksi verba. Aspek  Tidak menyebutkan waktu terjadinya aksi verba.

4 KALA PASA FUTURA PRESENTA 今朝 昨日 おととい 先週 先月 去年 いま 今日 今週 今月 今年 ( 習慣 ) あした あさって 来週 来月 来年

5 文型 きのう ~ ました あした ~ ます あしたいくでしょう。 OK 毎日 ~ ます 毎日行くでしょう。 ダメ

6 例文 昨日、学校へ行きました。 へえ、明日、ものを取りに行きますか。 今日はいい天気だ。散歩しようか。 毎日、太陽は東の方から出て来ます。 昨日、僕が食べたラーメンはおいしかった の。 今、友達と一緒にドイツ語を勉強している。 今年もがんばりましょう。

7 ASPEK Perfektif (sudah selesai) Non-perfektif (belum dikerjakan) Imperfektif (sdh dikerjakan tp msh b ’ langsung) Kontinutif-dinamis (verba gerak sdg dikerjakan) Kontinutif-statis (verba tak gerak sdg berlangsung) Futuratif (aksi verba akan terjadi) Kompletif (aksi verba telah dikerjakan seluruhnya) Inkoaktif (aksi verba mulai dikerjakan) Repetitif (aksi verba dikerjakan kembali) Frekuentatif (aksi verba dikerjakan berkali-kali)

8

9 Fungsi Kala dan Aspek Kala  untuk menegaskan kegiatan verba yang dilakukan. Aspek  untuk lebih mengekspresikan maksud tuturan. Oleh karena itu, sangat tidak terikat dengan waktu. Itulah sebabnya aspek tidak melibatkan waktu dalam menerangkan aksi verba.


Download ppt "KALA DAN ASPEK BAHASA JEPANG Definisi dan Kegunaan."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google