Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

KAJIAN IPS Dra. Entri Sulistari, M.Si. PENGERTIAN IPS  Nama IPS baru muncul setelah diberlakukan kurikulum 1975  Ada beberapa pengertian IPS a.l : 1.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "KAJIAN IPS Dra. Entri Sulistari, M.Si. PENGERTIAN IPS  Nama IPS baru muncul setelah diberlakukan kurikulum 1975  Ada beberapa pengertian IPS a.l : 1."— Transcript presentasi:

1 KAJIAN IPS Dra. Entri Sulistari, M.Si

2 PENGERTIAN IPS  Nama IPS baru muncul setelah diberlakukan kurikulum 1975  Ada beberapa pengertian IPS a.l : 1. Jean Jarolimek (1967) : IPS adalah mengkaji manusia dalam hubungannya dengan lingkungan sosial dan fisiknya 2. Wesley : IPS sebagian bagian dari nilai-nilai sosial yang dipilih untuk tujuan pendidikan

3 PENGERTIAN IPS 3.Binning : IPS suatu pelajaran yang berhubungan dengan perkembangan dan organisasi masyarakat manusia dan manusia sebagai anggota kelompok sosial. 3.Michaelis (1975) IPS berhubungan dengan manusia dan interaksinya dengan lingkungan fisik dan sosialnya yang menyangkut hubungan kemanusiaan 4.Depdikbud RI : IPS ialah bidang studi yang merupakanpaduan dari sejumlah mapel sosial.

4 PENGERTIAN IPS 6. Prof Dr.D Nasution MA : IPS suatu program pendidikan yang merupakan suatu keseluruhan,yang pada pokoknya mempersoalkan manusia dalam lingkungan fisik maupun sosial dan yang bahannya di ambil dari berbagai Ilmu Ilmu Sosial (IIS) : geografi, sejarah, ekonomi, antropologi, sosiologi, politik dan psikologi sosial

5 PENGENALAN PESERTA DIDIK Pengenalan dan pemahaman terhadap sifat-sifat anak didik sangat penting bagi guru. Menurut Piaget anakusia 7 s/d 12 tahun berada pada tahapoperasional konkret : kemampuan dan kecakapan yang baru menandai periode ini : mengklasifikasikan angka-angka atau bilangan Perilaku yang nampak pada periode iniialah kemampuan dalam proses berpikir untuk mengoperasikan kaidah-kaidah logika meskipun masih terikat pada obyek-obyek yang konkrit

6 PADA TAHAP INI  Peserta didik telah mampu memikirkan lebih dari satu benda pada saat bersamaan dan dapat memahami bahwa benda yang berbeda bentuknya mempunyai volome sama. Juga peserta didik dapat mengembalikan bentuk bulat menjadi bentuk bulat menjadi bentuk asal misal bulat panjang.  Akan tetapi pemikirannya masih terbatas pada benda konkret.

7 IMPLIKASI KERAGAMAN PENDIDIKAN PESERTA DIDIK TERHADAP PENGAJARAN IPS  Untuk dapat memahami bahan belajar dengan baik siswa perlu memiliki perhatian yang tinggi  Perhatian sebagai titik awal dalam belajar  Belajar merupakan peristiwa berkesinambungan selama kita sadar dan mereaksi terhadap setiap stimulus.

8 LANJUTAN  Perlu media pembelajaran agar proses belajar mengajar mudah dipahami peserta didik.

9 Belajar akan terjadi selama seseorang memperhatikan apa yang dihadapinya.

10 LATIHAN 1.Jelaskan perbedaan pengetahuan sosial dengan IPS 2.Dari 6 definisi IPS menurut anda mana yang paling lengkap,jelaskan pendapat Anda 3. Coba Anda jelaskan minimal 3 alasan yang merupakan alasan mengapa Bidang Studi IPS diberikan pada siswa pada jenjang pendidikan dasar.

11 PERKEMBANGAN KURIKULUM PENDIDIKAN IPS

12 KURIKULUM IPS sd 2006  Kurikulum ini mengacu Keputusan Mendiknas N0. 22 tahun dalam Kurikulum ini tidak ada istilah pokok bahasan yang ada. Standar Kompetensi dan Kompetensi Dasar, hal ini jauh lebih sederhana dibanding Kurikulum sebelumnya. Sehingga memberi peluang untuk berkreasi dalam mengembangkan Kurikulum IPS yang PAKEM (Pembelajaran Aktif Kreatif Efektif dan Menyenangkan)  Lebih simpel dan efektif umum namun padat dan memiliki paradigma baru dalam pembelajaran

13 MATERI Hanya memberi rambu-rambu untuk kedalaman dan keluasan materi Dalam KD ada kata kerja operasional yang menunjukkan cara pembelajaran yang disarankan. Misal : membuat, menunjukkan, menggunakan, mengamati dan menggambar Materi IPS SD terdiri dari geografi, sejarah, sosiologi dan ekonomi. Untuk kalas 1 – 3 : pendekatan tematik Kelas 4 – 6 : pendekatan pelajaran.

14 KURIKULUM IPS 1994 Materi pelajaran ditata lebih terpadu dan lebih sederhana d/p kurikulum IPS1885. Materi Kurikulum 1994 merupakan korelasi antar berbagai disiplin ilmu Sedang kurikulum IPS sebelumnya (1986, 1975, 1968) materi IPS masih berdiri sendiri-sendiri secara terpisah dan merupakan Broad Field antara antara Ilmu bumi, Sejarah dan kewarga negaraan. Kurikulum IPS 1994:pendekatan Spiral (yakni pengajaran yang dimulai dari lingkungan terdekat dan sederhana sampai lingkungan yang dan koampleks

15 KHUSUS SEJARAH NASIONAL Menggunakan periodisasi yaitu penyampaian bahan pelajaran dimulai zaman kuno s/d sejarah kontemporer

16 LATAR BELAKANG,PENGERTIAN, MANFAAT DAN TUJUAN PENDIDIKAN IPS Latar Belakang Pendidikan nasional harus menjamin pemerataan, kesempatan pendidikan, peningkatan mutu dan relevansi serta efisiensi manajemen pendidikan, Pemerataan nampak pada program wajib belajar 9 tahun Peningkatan mutu pendidikan diarahkan untuk meningkatkan kualitas manusia Indonesia seutuhnya melalui olah hati, olah pikir,olah rasa dan olahraga agar memiliki daya saing global. Peningkatan relevansi disesuaikan dengan kebutuhan berbasis potensi SDA Indo.

17 STANDAR ISI MENURUT PP 19 TAHUN Kerangka dasar dan struktur kurikulum yang merupakan pedoman dan menyusun kurikulum 2.Bahan belajar bagi peserta didik 3.KTSP yang akan dikembangkan sesuai panduan 4.Kalender pendidikan untuk penyelenggaraan pendidikan. Standar Isi dikembangkan oleh Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP)


Download ppt "KAJIAN IPS Dra. Entri Sulistari, M.Si. PENGERTIAN IPS  Nama IPS baru muncul setelah diberlakukan kurikulum 1975  Ada beberapa pengertian IPS a.l : 1."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google