Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TELAAH KURIKULUM Fitria Yuniasih. Pengertian Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TELAAH KURIKULUM Fitria Yuniasih. Pengertian Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta."— Transcript presentasi:

1 TELAAH KURIKULUM Fitria Yuniasih

2 Pengertian Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta cara yang digunakan sebagai pedoman penyelenggaraan kegiatan pembelajaran untuk mencapai tujuan pendidikan tertentu (PP Nomor 19 tahun 2005 )

3 Menurut Hamalik, Kurikulum Isi dan materi pelajaran Rencana pembelajaran Pengalaman belajar

4 Sejarah Kurikulum  1947, 1952, 1964, 1968, 1975, 1984, 1994, 2004, 2006  konsekuensi logis dari terjadinya perubahan sistem politik, sosial budaya, ekonomi, dan iptek dalam masyarakat berbangsa dan bernegara  kurikulum nasional dirancang berdasarkan landasan yang sama, yaitu Pancasila dan UUD 1945, perbedaanya pada penekanan pokok dari tujuan pendidikan serta pendekatan dalam merealisasikannya

5 Kurikulum 1968 dan sebelumnya  Awalnya pada tahun 1947, kurikulum saat itu diberi nama Rentjana Pelajaran  masih dipengaruhi sistem pendidikan kolonial Belanda dan Jepang  Rentjana Pelajaran 1947 boleh dikatakan sebagai pengganti sistem pendidikan kolonial Belanda.

6  Mengalami penyempurnaan pada tahun 1952 yang diberi nama Rentjana Pelajaran Terurai 1952  Kurikulum ini sudah mengarah pada suatu sistem pendidikan nasional.  Yang paling menonjol dan sekaligus ciri dari kurikulum 1952 ini bahwa setiap rencana pelajaran harus memperhatikan isi pelajaran yang dihubungkan dengan kehidupan sehari-hari.

7  Menjelang tahun 1964, pemerintah kembali menyempurnakan sistem kurikulum di Indonesia.  Kali ini diberi nama Rentjana Pendidikan  Ciri dari kurikulum ini adalah bahwa pemerintah mempunyai keinginan agar rakyat mendapat pengetahuan akademik untuk pembekalan pada jenjang SD, sehingga pembelajaran dipusatkan pada program Pancawardhana (Hamalik, 2004), yaitu pengembangan moral, kecerdasan, emosional/artistik, keprigelan, dan jasmani.

8  Kurikulum 1968 merupakan pembaharuan dari Kurikulum 1964, yaitu dilakukannya perubahan struktur kurikulum pendidikan dari Pancawardhana menjadi pembinaan jiwa pancasila, pengetahuan dasar, dan kecakapan khusus.  Kurikulum berorientasi pada materi (subjek matter)

9 Kurikulum 1975  Berorientasi pada tujuan  Kelemahan kurikulum 1975 adalah digantinya buku-buku sebagai acuan sehingga kurikulum menjadi tidak menguntungkan dan kurang memberi makna. Selain itu guru juga belum siap untuk melaksanakannya.

10 Kurikulum 1984 Kurikulum 1984 memiliki ciri-ciri sebagai berikut:  Berorientasi kepada tujuan instruksional.  Pendekatan pengajarannya berpusat pada anak didik melalui cara belajar siswa aktif (CBSA)  Materi pelajaran dikemas dengan nenggunakan pendekatan spiral.  Menanamkan pengertian terlebih dahulu sebelum diberikan latihan.  Materi disajikan berdasarkan tingkat kesiapan atau kematangan siswa.  Menggunakan pendekatan keterampilan proses.

11 Kurikulum 1994  Pembagian tahapan pelajaran di sekolah dengan sistem caturwulan  Pembelajaran di sekolah lebih menekankan materi pelajaran yang cukup padat (berorientasi kepada materi pelajaran/isi)  Kurikulum 1994 bersifat populis, yaitu yang memberlakukan satu sistem kurikulum untuk semua siswa di seluruh Indonesia

12 Akibat dari kecenderungan kepada pendekatan penguasaan materi (content oriented), tjd masalah:  Beban belajar siswa terlalu berat karena banyaknya mata pelajaran dan banyaknya materi/substansi setiap mata pelajaran  Materi pelajaran dianggap terlalu sukar karena kurang relevan dengan tingkat perkembangan berpikir siswa, dan kurang bermakna karena kurang terkait dengan aplikasi kehidupan sehari- hari.

13 Kurikulum Berbasis Kompetensi – Versi Tahun 2002 dan 2004  KBK menitikberatkan pada pengembangan kemampuan untuk melakukan (kompetensi) tugas- tugas tertentu sesuai dengan standar performance yang telah ditetapkan  pendidikan mengacu pada upaya penyiapan individu yang mampu melakukan perangkat kompetensi yang telah ditentukan.

14 Dasar pemikiran untuk menggunakan konsep kompetensi dalam kurikulum adalah sebagai berikut.  Kompetensi berkenaan dengan kemampuan siswa melakukan sesuatu dalam berbagai konteks.  Kompetensi menjelaskan pengalaman belajar yang dilalui siswa untuk menjadi kompeten.  Kompeten merupakan hasil belajar (learning outcomes) yang menjelaskan hal-hal yang dilakukan siswa setelah melalui proses pembelajaran.  Kehandalan kemampuan siswa melakukan sesuatu harus didefinisikan secara jelas dan luas dalam suatu standar yang dapat dicapai melalui kinerja yang dapat diukur.

15 Tiga unsur pokok program pendidikan dalam KBK, yaitu:  pemilihan kompetensi yang sesuai;  spesifikasi indikator-indikator evaluasi untuk menentukan keberhasilan pencapaian kompetensi;  pengembangan sistem pembelajaran.

16 Ciri-ciri KBK  Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal.  Berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes) dan keberagaman.  Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.  Sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.  Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi.

17 Kurikulum Berbasis Kompetensi – Versi KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan)  Esensi isi dan arah pengembangan pembelajaran tetap masih bercirikan tercapainya paket-paket kompetensi (dan bukan pada tuntas tidaknya sebuah subject matter), yaitu:  Menekankan pada ketercapaian kompetensi siswa baik secara individual maupun klasikal.  Berorientasi pada hasil belajar (learning outcomes) dan keberagaman.  Penyampaian dalam pembelajaran menggunakan pendekatan dan metode yang bervariasi.  Sumber belajar bukan hanya guru, tetapi juga sumber belajar lainnya yang memenuhi unsur edukatif.  Penilaian menekankan pada proses dan hasil belajar dalam upaya penguasaan atau pencapaian suatu kompetensi.

18 Terdapat perbedaan mendasar dibandingkan dengan kurikulum berbasis kompetensi sebelumnya (versi 2002 dan 2004), bahwa sekolah diberi kewenangan penuh menyusun rencana pendidikannya dengan mengacu pada standar- standar yang telah ditetapkan, mulai dari tujuan, visi – misi, struktur dan muatan kurikulum, beban belajar, kalender pendidikan, hingga pengembangan silabusnya.

19 Review  Menurut Anda, kurikulum manakah yang relevan dengan kondisi sekarang?  Apakah KTSP sudah mampu menyelesaikan permasalahan pendidikan di negara kita?

20 Komponen – komponen Kurikulum  Tujuan Berhubungan dengan arah atau hasil yang diharapkan mengacu ke arah pencapaian tujuan pendidikan nasional  Materi Isi kurikulum itu menyangkut semua aspek baik yang berhubungan dengan pengetahuan atau materi pelajaran yang biasanya tergambarkan pada isi setiap materi pelajaran yang diberikan maupun aktivitas dan kegiatan siswa.

21 Prinsip-prinsip pengembangan isi kurikulum  Materi kurikulum berupa bahan pembelajaran yang terdiri dari bahan kajian atau topik-topik pelajaran yang dapat dikaji oleh siswa dalam proses belajar dan pembelajaran.  Materi kurikulum mengacu pada pencapaian tujuan masing-masing satuan pendidikan  Materi kurikulum diarahkan untuk mencapai tujuan pendidikan nasional.

22  Metode  Berhubungan dengan implementasi kurikulum----- penyusunannya hendaknya berdasarkan analisis tugas yang mengacu pada tujuan kurikulum dan berdasarkan perilaku awal siswa.  Tiga alternatif pendekatan yang dapat digunakan, yaitu pendekatan yang berpusat pada mata pelajaran, pendekatan yang berpusat pada siswa, dan pendekatan yang berorientasi pada kehidupan masyarakat.

23  Evaluasi  Komponen untuk melihat efektivitas pencapaian tujuan  Fungsi : untuk mengetahui apakah tujuan yang telah ditetapkan telah tercapai atau belum, atau evaluasi digunakan sebagai umpan balik dalam perbaikan strategi yang ditetapkan.

24 Telaah&Peta Konsep Kurikulum Kurikulum Pembelajaran KTSP: SK KD Indikator RPP ProgramMetode

25 Langkah yang harus dilakukan dalam menelaah kurikulum Mengetahui SK dan KD yang telah ditetapkan oleh SNP Memahami indikator-indikator, kegiatan pembelajaran pada RPP yang dibuat oleh guru sesuai komponen kurikulum Memahami dan mengkritisi keterkaitan antara SK, KD yang ditetapkn BSNP dengan indikator-indikator dan kegiatan pembelajaran yang dibuat oleh guru Memberikan evaluasi atau pemecahan dari permasalah tersebut

26


Download ppt "TELAAH KURIKULUM Fitria Yuniasih. Pengertian Kurikulum Kurikulum adalah seperangkat rencana dan pengaturan mengenai tujuan, isi, dan bahan pelajaran serta."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google