Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo. Proses Pengembangan Sistem Sistem dapat diaplikasikan untuk pemecahan berbagai macam masalah. Ketika.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo. Proses Pengembangan Sistem Sistem dapat diaplikasikan untuk pemecahan berbagai macam masalah. Ketika."— Transcript presentasi:

1 Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo

2 Proses Pengembangan Sistem Sistem dapat diaplikasikan untuk pemecahan berbagai macam masalah. Ketika hal ini dilibatkan dalam perkembangan pemecahan sistem informasi dalam masalah pekerjaan, ini disebut perkembangan sistem informasi atau pengembangan aplikasi. Hal utama dari proses ini adalah mengetahui rancangan dan analisa sistem. Seperti, yang terlihat pada gambar seluruh aktivitas utama dilibatkan dalam siklus perkembangan yang lengkap.

3 Proses Pengembangan Sistem Siklus Hidup Pengembangan Sistem dapat didefinisikan sebagai serangkaian aktivitas yang dilaksanakan oleh profesional dan pemakai sistem informasi untuk mengembangkan dan mengimplementasikan sistem informasi.

4 Proses Pengembangan Sistem Siklus hidup pengembangan sistem informasi dapati terbagi atas enam fase, yaitu : 1.Perencanaan sistem 2.Analisis sistem 3.Perancangan sistem secara umum / konseptual 4.Evaluasi dan seleksi sistem 5.Perancangan sistem secara detail 6.Pengembangan Perangkat Lunak dan Implementasi sistem 7.Pemeliharaan Sistem

5 Proses Pengembangan Sistem Perencanaan Sistem Studi kelayakan Laporan

6 Proses Pengembangan Sistem Analisa Sistem Analisa Lingkungan Organisasi Analisa Sistem yang Ada Analisa Kebutuhan Sistem Kebututuhan Sistem

7 Proses Pengembangan Sistem Rancangan Sistem Perancangan Sistem Logika Perancangan Sistem Fisik Spesifikasi Sistem

8 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Manajemen proyek perangkat lunak merupakan bagian yang penting dalam pembangunan perangkat lunak. Sekalipun tidak bersifat teknis seperti pengkodean, hal-hal dalam manajemen proyek PL ini mampu menentukan apakah proyek akan berjalan dengan baik sehingga menghasilkan produk yang baik.

9 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Manajemen Personel, Produk dan Proses Manajemen proyek perangkat lunak mengatur 4 hal penting: personel, produk, proses dan proyek. Empat hal ini berurutan mulai dari yang paling penting. Personel merupakan mendapat tempat paling penting karena tanpa personel yang baik dan tepat maka 3 hal lain tidak bisa berjalan dengan baik.

10 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Software Team Struktur organisasi dalam tim ini bisa mengadaptasi dari banyak struktur organisasi yang sudah ada

11 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Rencana Pendahuluan Proyek (PRELIMINARY PROJECT PLAN ) PPP –Tim Proyek (The Project Team) Programmer Pimpinan Proyek (Project Leader) Manajer Proyek (Project Manager) –Biaya Proyek (Projects Cost) –Penjadwal Proyek (Project Schedule) –Pemeriksaan Ulang (Reviews) –Laporan (Reports) Dokumentasi (Documentation) Asumsi (Assumptions)

12 Manajemen Proyek Perangkat Lunak RINCIAN STRUKTUR KERJA (WORK BREAKDOWN STRUCTURES / WBS) –Kunci berbagai rencana adalah memecah kegiatan yang diperlukan ke dalam sebuah bagian yang lebih kecil lagi. Rincian struktur kerja (WBS) diawali dengan menyusun komponen- komponen utama proyek.

13 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Analisis ketergantungan antara tugas satu dengan lainnya dapat dilakukan menggunakan cara: –DSM (Design Structure Matrix) –Gantt Chart –PERT Chart (Program Evaluation and Review Technique)

14 Manajemen Proyek Perangkat Lunak

15 Kualitas Produk Perangkat Lunak kegunaan, yaitu pemenuhan terhadap kebutuhan pengguna, keandalan, yaitu kemampuan melaksanakan fungsi yang diinginkan, kejelasan, yaitu penulisan program dilakukan secara jelas dan mudah dimengerti, efisiensi, terutama dalam waktu eksekusi dan penggunaan memory,

16 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Faktor Yang Mempengaruhi Kualitas Produk dan Produktivitas Programmer Kemampuan pribadi Komunikasi team Kerumitan produk Tingkat teknologi dll

17 Manajemen Proyek Perangkat Lunak Daftar tugas/pekerjaan (Tugas vs estimasi jumlah orang-minggu) –Staffing dan organisasi (tim, hak&kewajibannya) –Jadwal proyek (peran orang vs bulan) –Budget proyek (item yang dibiayai vs jumlah uang) –Assesment resiko (Macam resiko, level resiko, kegiatan utk meminimisasi resiko)

18


Download ppt "Testing dan Implementasi Sistem Suwanto Raharjo. Proses Pengembangan Sistem Sistem dapat diaplikasikan untuk pemecahan berbagai macam masalah. Ketika."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google