Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

PTIK-12 PERANCANGAN DATABASE (1) Dosen: Arya Yudhi W.,S.Kom.,M.Kom.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "PTIK-12 PERANCANGAN DATABASE (1) Dosen: Arya Yudhi W.,S.Kom.,M.Kom."— Transcript presentasi:

1 PTIK-12 PERANCANGAN DATABASE (1) Dosen: Arya Yudhi W.,S.Kom.,M.Kom.

2 Beberapa Objek dalam Database 2  Tabel. terdiri dari kolom-kolom dengan tipe data tertentu dan baris-baris yang digunakan sebagai penyimpan data.  Relasi. untuk menggambarkan hubungan antar tabel beserta aturan hubungannya.

3 Tipe Data 3  Beberapa tipe data umum yang sering digunakan: 1. Text 2. Numeric 3. Date/Time

4 Komponen Pemodelan Database 4  Entitas merupakan obyek yang mewakili sesuatu dalam dunia nyata, baik secara fisik (mobil, rumah, manusia, pegawai dsb) ataupun secara konsep (department, pekerjaan, mata kuliah dsb) dan dapat dibedakan antara satu dengan lainnya (unique).  Relasi menyatakan hubungan antar entitas, termasuk terhadap entitas itu sendiri (rekursif).

5 Kardinalitas Relasi 5  Kardinalitas relasi menunjukkan jumlah maksimum data entitas yang dapat berelasi dengan entitas lain.

6 Kardinalitas Relasi 6  Satu ke Banyak (one to many) Setiap data pada entitas A bisa berhubungan dengan banyak data pada entitas B, tetapi data pada entitas B berhubungan maksimal hanya dengan sebuah data di A. Misalnya: relasi “wali” antara entitas dosenterhadap entitas mahasiswa.

7 Kardinalitas Relasi 7  Banyak ke banyak (many to many) Setiap data pada entitas A bisa berhubungan dengan banyak data pada entitas B, demikian pula sebaliknya. Misal: Misalnya relasi “mengambil” pada entitas matakuliah terhadap entitas mahasiswa.

8 Kardinalitas Relasi 8  Satu ke satu (one to one) Setiap data pada entitas A berhubungan dengan maksimal satu data pada entitas B, begitu pula sebaliknya. Misal, relasi relasi “mengepalai” antara entitas Pegawai dengan entitas Departemen.

9 Contoh Permodelan Data dengan ERD 9

10 Mapping ERD ke DB 10  Relasi One-to-Many  Dibuat 2 tabel dari masing-masing entitas  Primary key tabel dengan kardinalitas one di copy ke tabel dengan kardnalitas many. Copy-an ini disebut sebagai foreign key  Relasi Many-to-Many  Dibuat 3 tabel dari: 2 entitas (disebut tabel master) dan satu tabel tambahan (disebut table detail)  Primary key tabel detail merupakan gabungan dari primary key dari 2 tabel master  Relasi One-to-One  Dibuat 2 tabel dari masing-masing entitas  Primary key salah satu di copy ke tabel lain. Copy-an ini disebut sebagai foreign key


Download ppt "PTIK-12 PERANCANGAN DATABASE (1) Dosen: Arya Yudhi W.,S.Kom.,M.Kom."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google