Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

C. PLOTINOS (205-270); (Pert. 5), (1) Filsafat Plotinos: Neo-Platonisme. Dasar metafisika: teori “emanasi” atau pengaliran. Emanasi: dari Yang Esa ke Yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "C. PLOTINOS (205-270); (Pert. 5), (1) Filsafat Plotinos: Neo-Platonisme. Dasar metafisika: teori “emanasi” atau pengaliran. Emanasi: dari Yang Esa ke Yang."— Transcript presentasi:

1 C. PLOTINOS ( ); (Pert. 5), (1) Filsafat Plotinos: Neo-Platonisme. Dasar metafisika: teori “emanasi” atau pengaliran. Emanasi: dari Yang Esa ke Yang Esa. Doktrin sentral: Trinitas “Yg Esa”(To Hen), “Akal Budi”(Nous), dan “Jiwa’(Psyche).

2 Teori Emanasi Plotinos (2) Proses emanasi/involusi: gerak menurun. Ada 3 tahapan: 1. Dari Yg Esa: mengalir Nous.(=Dunia Idea) 2. Dari Nous: mengalir Jiwa (Psyche)= - jiwa dunia (anima mundi) -dan jiwa individual (psyche). 3. Dari psyche: mengalir materi.

3 Proses Kembali (Remanasi)(3) Remanasi/evolusi: gerak ke atas (kembali ke yg esa). Karena adanya CINTA (EROS). 3 tahap proses kembali (remanasi): -Pemurnian diri (purificatio). -Kontemplasi (contemplatio). -Penyatuan-peleburan (extasis).

4 Estetika Plotinos (4) Pengalaman keindahan = pengalaman mistik. Jika ada persatuan antara pelbagai bagian yg berbeda. Semakin dekat dgn Yg Esa: semakin indah sebuah karya seni. Puncak pengalaman seni: pengalaman religius/mistik. Penghambat: materi.

5 Plotinos (5)

6 Neoplatonisme Yunani (6)

7 Trinitas Plotinos(7)

8 Proses Penciptaan(8)


Download ppt "C. PLOTINOS (205-270); (Pert. 5), (1) Filsafat Plotinos: Neo-Platonisme. Dasar metafisika: teori “emanasi” atau pengaliran. Emanasi: dari Yang Esa ke Yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google