Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

 Pengertian filsafat  Filsafat berasal dari kata : Philein yang berarti cinta. Sophia dapat diartikan sebagai kebijaksanaan. Cinta berarti hasrat besar.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: " Pengertian filsafat  Filsafat berasal dari kata : Philein yang berarti cinta. Sophia dapat diartikan sebagai kebijaksanaan. Cinta berarti hasrat besar."— Transcript presentasi:

1  Pengertian filsafat  Filsafat berasal dari kata : Philein yang berarti cinta. Sophia dapat diartikan sebagai kebijaksanaan. Cinta berarti hasrat besar penuh dengan kesungguhan. Kebijaksanaan dapat diartikan kebenaran sejati. Jadi arti filsafat adalah hasrat atau keinginan yang sungguh akan kebenaran sejati.

2 Pengertian filsafat secara umum adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki hakikat segala sesuatu untuk memperoleh kebenaran. Pengertian filsafat secara khusus adalah : Rasionalisme yang mengagungkan Akal Materialisme yang mengagungkan Materi Idealisme yang mengagungkan Idea Hedonisme yang mengagungkan kesenangan Pengertian filsafat dapat disimpulkan sebagai berikut : Filsafat merupakan hasil pemikiran manusia yang lebih kritis dan sistematis. Filsafat merupakan hasil pemikiran yang sangat mendalam. Filsafat adalah refleksi lebih lanjut daripada Ilmu pengetahuan

3  Filsafat adalah hasil analisa dan abstrak  Filsafat sebagai pandangan hidup  Filsafat merupakan hasil perenungan jiwa manusia secara mendalam, mendasar dan menyeluruh.  Ciri-ciri berfilsafat adalah sebagai berikut:  Deskriptif  Kritis atau analisis  Evaluatif / Normatif  Spekulatif  Sistematis  Mendalam  Mendasar  menyeluruh

4  Kegunaan daripada filsafat adalah sebagai berikut:  Melatih untuk berfikir kritis dan sistematis  Memiliki wawasan yang lebih luas dan tidak berfikir sempit  Melatih untuk melakukan penelitian, pengkajian dan dapat memutuskan atau mengambil kesimpulan sesuatu hal secara mendalam  Menjadikan diri lebih bersifat terbuka dalam menghadapi berbagai persoalan  Menjadikan manusia yang penuh toleransi dan tenggang rasa.

5 Sebagai alat yang bermanfaat dalam kehidupan manusia baik untk kepentingan pribadi maupun yang berkaitan dengan orang lain. Menyadari akan kedudukan manusia baik sebagai pribadi maupun dalam hubungannya dengan orang lain, alam sekitar, Tuhan Yang Maha Esa. Menjadikan manusia lebih taat kepada Tuhan Yang Maha Esa.

6 Fungsi Filsafat ◦Filsafat berfungsi sebagai Interdisi Primer ◦Filsafat berfungsi sebagai penghubung daripada Ilmu Pengetahuan ◦Filsafat berfungi sebagai tempat bertemunya berbagai disiplin Ilmu Pengetahuan Persoalan Filsafat ◦Persoalan tentang ADA Persoalan tentang ADA menghasilkan cabang filsafat METAFISIKA. Meta berarti dibalik dan Physika berarti benda-benda fisik

7  Persoalan Pengetahuan Mengahsilkan cabang filsafat Epistomologi, berasal dari kata Episteme berarti pengetahuan dan Logos yang berarti teori. Epistemologi merupakan salah satu cabang filsafat yang mengkaji secara mendalam tentang asal mula pengetahuan, struktur, metode, dan validasi pengetahuan.  Persoalan Metode Menghasilkan cabang filsafat metodologi berasal dari kata metos dengan unsur Meta berarti cara,perjalanan, sesudah. Dan Hodos berarti perjalanan arah. Pengertian metodologi adalah kajian atau telaah dan penyusunan secara sistematis yang menuntun suatu penelitian dan kajian ilmiah, atau sebagai penyusun struktur ilmu-ilmu FAK.

8 Persoalan Tentang Penyimpulan Menghasilkan cabang filsafat Logika (logis). Logika adalah Ilmu Pengetahuan dan kecakapan untuk berfikir tepat dan benar. Berfikir adalah kegiatan pikiran atau akal budi manusia. Persoalan Tentang Moralitas Menghasilkan cabang filsafat etika. Berasal dari kata Ethos berarti adat kebiasaan. Persoalan Keindahan Menghasilkan cabang filsafat Estetika berasal dari kata Esthetikos berkaitan dengan Panca Indra. Estetika merupakan kajian Filsafat yang berhubungan dengan keindahan.

9 DAFTAR PUSTAKA Soetriono dan Hanafie Rita SRDM, 2007, Filsafat Ilmu, dan Metodologi Penelitian, CV Andi OFFSET, Yogyakarta.


Download ppt " Pengertian filsafat  Filsafat berasal dari kata : Philein yang berarti cinta. Sophia dapat diartikan sebagai kebijaksanaan. Cinta berarti hasrat besar."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google