Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

TRANSPLANTASI ORGAN Pendidikan Biologi (B) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2012.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "TRANSPLANTASI ORGAN Pendidikan Biologi (B) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2012."— Transcript presentasi:

1 TRANSPLANTASI ORGAN Pendidikan Biologi (B) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2012

2 DISUSUN OLEH: 1.RATNA MURDIYATI ( ) 2.RISKI AMELIA ( ) 3.REVI ANGGRAINI ( ) 4.YULI YANTI ( ) 5.DWI FITRIANI ( ) 6.AMRON NASURANTO ( ) 7.LILY PRAYEKTI ( )

3

4 Transplantasi ??????? Transplantasi adalah memindahkan alat atau jaringan tubuh dari satu orang ke orang lain. Transplantasi merupakan terapi untuk pasien yang mengalami kegagalan pada organnya.

5 Pengertian Transplantasi Transplantasi  transplantation : menempelkan Kedokteran  usaha memindahkan sebagian dari bagian tubuh dari satu tempat ke tempat lain UU Nomor 23 Tahun 1992 tentang Kesehatan Pasal 1 ayat (5)  rangkaian tindakan medis untuk memindahkan organ dan atau jaringan tubuh manusia yang berasal dari tubuh orang lain atau tubuh sendiri dalam rangka pengobatan

6 Sejarah perkembangan transplantasi organ OrganDokterTahun Kornea Eduard Zirm1905 Ginjal Paru-paru James Hardy1960 Jantung Christian barnard1967 Liver Thomas stralz1967 Tangan Uterus Muka Penis -2005

7 Syarat Pelaksanaan Berdasarkan pasal 32 ayat 2 UU No. 23/1992 : Keamanan : tindakan operasi harus aman bagi donor maupun penerima organ. Voluntarisme: transplantasi dari donor hidup maupun mati hanya bisa dilakukan jika telah ada persetujuan dari donot dan ahli waris atau keluarganya (pasal 34 ayat 2 UU No. 23/1992).

8 Pihak yang terlibat dalam proses transplantasi Donor Hidup Jenazah dan donor mati Keluarga donor dan ahli waris Resipien Dokter dan tenaga pelaksana lain Masyarakat

9 Jenis-Jenis Transplantasi Transplantasi Autologus Transplantasi Alogenik Transplantasi Singenik Xenograft dan xenotransplantation

10 Tipe Reaksi penolakan:  Tipe Reaksi Penolakan Transplantasi Rejeksi Hiperakut  Reaksi penolakan yang terjadi dalam 24 jam setelah transplantasi.  Rejeksi Akut  Reaksi terlihat pada resipien yang sebelumnya tidak tersensitisasi terhadap transplan pada penolakan umum allograft dan pengobatan imunosupresif yang kurang efektif.

11  Rejeksi Kronis  hilangnya fungsi organ yang dicangkokkan secara perlahan beberapa bulan- tahun sesudah organ berfungsi normal dan disebabkan oleh sensitivitas yang timbul terhadap antigen transplan atau oleh sebab intoleransi terhadap sel T.  Immunosupressan  Penolakan terjadi setelah beberapa minggu transplantasi. Pemberian Immunosupressan mampu menekan reaksi penolakan ini.

12 Macam-macam transplantasi Tranplantasi ginjal Tranplantasi hati Tranplantasi paru Tranplantasi jantung Tranplantasi kulit Tranplantasi kornea Tranplantasi tulang Tranplantasi pembuluh darah Tranplantasi pancreas

13 Hal yang terlibat dalam transplantasi pencarian donor yang sesuai kemungkinan timbulnya resiko akibat pembedahan pemakaian obat-obat immunosupresan yang paten kemungkinan terjadinya penolakan oleh tubuh resipien kemungkinan terjadinya komplikasi atau kematian

14 Metode Secara tekhnik bedah Ortopik  Bila organ yang dicangkokkan dipasang di tempat organ yang asli. Sebelumnya organ yang asli diambil terlebih dahulu. Heterotopik  Bila organ yang dicangkokkan dipasang pada tempat organ yang lain. Pada tekhnik ini organ yang rusak tidak dikeluarkan.

15 >> Contoh tranplantasi: TRANPLANTASI JANTUNG Transplantasi jantung adalah prosedur mengganti jantung yang gagal berfungsi dengan jantung lain dari donor yang memenuhi persyaratan.

16

17

18 Komplikasi Komplikasi setelah transplantasi diantaranya: Pendarahan pada jahitan Infeksi Penolakan pencangkokan (tranplantasi) Peningkatan berat badan Kerusakan pada organ transplan (organ transplan dianggap benda asing oleh sistem imun)

19


Download ppt "TRANSPLANTASI ORGAN Pendidikan Biologi (B) UNIVERSITAS AHMAD DAHLAN 2012."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google