Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

Presentasi sedang didownload. Silahkan tunggu

MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFHERAL Modul 3 : PERIFHERAL KOMPUTER Perifheral komputer adalah ; Semua perlatan yang terhubung dengan Komputer baik yang.

Presentasi serupa


Presentasi berjudul: "MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFHERAL Modul 3 : PERIFHERAL KOMPUTER Perifheral komputer adalah ; Semua perlatan yang terhubung dengan Komputer baik yang."— Transcript presentasi:

1 MODUL 3

2 MENGOPERASIKAN PERIFHERAL Modul 3 :

3 PERIFHERAL KOMPUTER Perifheral komputer adalah ; Semua perlatan yang terhubung dengan Komputer baik yang mesti ada maupun yang tidak mesti ada.

4 Berdasarkan Kegunaanya, perifheral terbagi menjadi 2 (dua) yaitu : Perifheral Utama (main perifheral) yaitu : peralatan yang harus ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh perifheral Utama yaitu ; monitor, keyboard, dan mouse. Perifheral Pendukung (auxillary perifheral) yaitu : perlatan yang tidak mesti ada dalam mengoperasikan komputer. Contoh perifheral pendukung yaitu ;printer, scanner, modem, web cam, joy stick dan lain-lain.

5 Berdasarkan proses kerjanya dalam mendukung pengoperasian komputer Perifheral terbagi menjadi 2 (dua) yaitu ; Perangkat masukan (Input), adalah perangkat yang digunakan untuk memasukkan data atau peritah ke dalam komputer. Contohnya, keyboard, mouse, scanner, digitizer, kamera digital, microphone dan perifheral lainnya. Perangkat keluaran (output), adalah peralatan yang di gunakan untuk menampilakan hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Contohnya, monitor, printer, speaker, plotter dan lain-lain.

6 Untuk menghubungkan perngkat input dan perangkat output ke komputer, yaitu dengan cara menghubungkan kabel ke port yang ada di komputer. Port-port yang ada di komputer di antaranya ; Port PS/2 Port USB Port Serial Port Pararel

7 Perangkat Output Printer Printer merupakan salah satu periferal komputer yang berfungsi untuk menampilkan hasil pekerjaan Anda ke dalam bentuk Cetakan di atas kertas. Sebelum printer dapat digunakan, printer terlebih dahulu di instal.

8 Jenis-jenis Printer : Secara garis besar Printer terdiri atas: 1.Dot Matrix :Printer yang bekerja dengan hentakan. - Cara bekerjanya yaitu : Di dalam printhead berisi beberapa pin yang bergerak dari kiri ke kanan kertas dalam satu baris untuk waktu tertentu. Semakain banyak pin yang terdapat pada printhead maka hasil cetakan semakin bagus yang beri nama Near Letter Quality (NLQ). Jumlah pin yaitu ; 9-pin, 24-pin, 48-pin. Kecepatan untuk dot matrix dalam mencetak disebut character per second (cps)

9 2.Injet Printer : Cara kerjanya, yaitu dengan cara menyemprotkan tinta ke kertas. Printhead pada inkjet printer di sebut Plezoeletric prinheads. Kualitas hasil printer diukur dengan dots per inch (dpi) dan kecepatan mencetaknya diukur dengan pages per minute(ppm)

10 3.Laser Printer, ialah jenis printer yangmeghasilakan cetakan yang baik dengankecepatan tinggi. Printer ini didisain untuk pencetakan grafik dan fhoto. 6 Langkah proses kerja printer laser : - Cleaning : proses kerja yang mengutamakan kebersihan toner yang tersisa pada drum. - Conditioning : membersihkan tulisan yang tersembunyi dari drum untuk menerima tuisan berikutnya. - Writing : menulis tulisan dari drum ke kertas dengan laser - Developing : meletakakan tulisan tersembunyi ke dalam drum. - Transfering : menempelkan toner kedalam tulisan tersembunyi dalam drum untuk dikirim ke kertas. - Fusing : untuk memanasi toner agas melekat dengan baik

11 Jenis-jenis Port pada Printer : Potr USB : Port Pararel :

12 Persiapan Pra-Penyalaan Printer Cara pemasangan printer : 1.Baca manual book untuk informasi awal printer, 2.Pastikan komputer dalam keadaan tidak hidup, 3.Pastikan catu daya printer belum terpasang, 4.Cek jenis konektor yang ada pada printer, 5.Sambungkan kabel data printer ke komputer, 6.Kemudian sambungkan catu daya, 7.Nyalakan power printer. 8.Untuk mematikan printer tekan tombol power apabila tidak ada cabut catu dayanya.

13 Melakukan Instalasi Printer

14 Untuk melakukan instalasi printer, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah : Klick start>Printer and Faxes>Add a Printer/Control Panel>Printer and other Hardware. Kemudian akan muncul jendela Add Printer Wizard dan Faxes Klick tombol Next, kemudian muncul : - Local printer ; jika printer yang diinstalasi hanya digunakan untuk printer yang bersangkutan(standalone) - A network printer, or a printer attached to another computer : jika printer terpasang pada komputer yang lain dengan fasilitas jaringan (network) Klick tombol next, tentukan port yang digunakan oleh komputer tersebut. Kemudian tentukan merk printer pada pilihan Manufakcture. Kemudian pilih medel prionter yang akan ditambah pada pilihan Printer. Klik tombol Next, kemudian ketikkan nama printer yang anda inginkan pada pilihan Printer Name, klik yes untuk penggunaan standar printer default printer. Kemudian klik nex Pada kotak dialog Printer Sharing tersebut, anda dapat menentukan apakah printer baru tersebut dapat digunakan besamaan dengan pemakaian lain dalam jaringan taupun hanya digunakan oleh computer anda saja. Klik Next Kemudian muncul kotak dialog Print Test Page. Anda dapat menentukan apakah akan mencetak halaman percobaan (pilih yes) atau tidak (pilih No) kemudian klik Next Akan muncul kotak dialog yang terakhir, kemudian klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi tersebut.

15 MENGOPERASIKAN PRINTER

16 Mensetting Bentuk Pencetakan Bentuk pencetakan naskah ada dua (2) jenis yaitu : -Bentuk Portrait (tegak) -Bentuk Landscape (tidur) Bentuk naskah tersebut dapat kita lakukan melalui sofware aplikasi yang kita gunakan juga melalui Setting printer.

17 Setting melalui printer juga dapat dilakukan dengan cara : Klik Star >Printer and Faxes Klik kanan pada jenis printer yang kita gunakan, kemudian akan muncul menu properties printer, Klik tombol Printing Preferences, Pilih/klik tombol Portrait untuk tegak dan Landscape untuk tidur Kemudian klik tombol OK

18 Mengatur Penggunaan Tinta Pada saat pencetakan kita berkeinginan untuk menghemat tinta agar tidak cepat habis Ada beberapa cara yang dapat dilakukan melalui konfigurasi setting printer.

19 Adapun cara yang dapat dilakukan yaitu : Klik menu Star>kemudian klik menu Printers and Faxes Klik kanan pada jenis printer yang kita gunakan Kemudian klik tombol Printing Preferences.. Pada tombol Media> pilih menu Transparant Kemudian klik tombol OK

20 KEGIATAN BELAJAR 2

21 PENGENALAN SCANNER Scanner (Pemindai) merupakan periferal komputer yang berguna untuk memindai (men-scan) dokumen dalam bentuk teks di atas kertas ke dalam dokumen komputer atau file komputer.

22 Berdasrkan cara pengunaannya, scanner terbagi menjadi 2 (dua) yaitu : 1.Hand-held Scanner, yaitu scanner yang pemakainnya mengunakan tangan untuk men-scan objek dan banyak digunakan oleh super market untuk menscan harga barang atau bercode. 2.Plat Band Scanner, yaitu : scanner yang penggunaannya dengan cara meletakkan objek yang akan discan diantara lensa dan cover.

23 Pra-Penyalaan Scanner Sebelum menjalankan mesin scanner, pastikan dahulu kabel scanner yang sudah disediakan terhubung antara mesin scanner dengan komputer melalui port USB, mempelajari user manual scanner, menghidupkan komputer. Selain itu, pastikan Software drive untuk scanner sudah terinstal

24 Aktifkan software drive ke device manager dengan langkah-langkah sebagai berikut : Klik star>control panel>klik icon “ scan manager ”, kemudian akan muncul tampilan berikutnya, Klik Add Scanner Kemudian pilih jenis- jenis pabrik dan type scanner Arahkan pointer ke jenis scanner yang sesuai, kemudian klik next Lalu kembali klik next berikutnya, kemudian klik finish untuk mengakhiri Untuk melihat hasil akhir dapat dilihat pada control panel.

25 Memindai (Scanning) Dokument/teks

26 Men-setting scanner dengan mode OCR : Klik start>Program>ScanSoft OmniPage Pro 11.0>OmniPage Pro 11.0 Pastikan bahwa scanner dalam kondisi “ On ”, tempatkan posisi teks yang akan discan menghadap ke lensa, Klik menu Process>Pilih Process Setting Kemudian hilangkan tanda cek (v) dari : Automatically Proofread in OCR Klik OK

27 Setting Bahasa : Klik Optios Pallete Klik OCR Beri tanda cek (v) pada seluruh bahas yang terkandung di dalam dokumen anda

28 Setting Sumber Untuk Halaman Dokumen : Untuk halaman dokumen hanya hitam putih, klik pop-up pada menu 1. Get Page (How)>pilih Scan Grayscale Untuk teks warna, kilik pop-up pada menu 1. Get Page (how)>pilih Scan Color Setelah proses scanning selesai, pilih ‘ Load File ’ untuk menyimpan file image.

29 Setting deskripsi untuk halaman dokumen : Klik po-up pada menu 2. Perform OCR (Deskripsi Original)>pilih Single Column, no table

30 Setting mode Export hasil scanning : Klik pop-up pada menu 3. Export Result (How?)>pilih Save as File.

31 Melakukan scanning dengan mode OCR : Klik start>Program>ScanSoft OmniPage Pro 11.0>OmniPage Pro 11.0 Pastikan bahwa scanner dalam kondisi “ On ”, tempatkan posisi teks yang akan discan menhadap ke lensa. Klik start

32 Menambah halaman yang akan di- scan Setelah proses scanning halaman pertama selesai OmniPage akan menanyai : apa yang akan kita lakukan sekarang: Klik Add more Pages untuk menmabah halaman teks yang akan di-Scan Klik Stop Loading Pages untuk menghentikan halaman teks yang akan di-scan

33 Mengenal Antar Muka OmniPage Kiri : OmniPage Dokumen Manager, fasilitas antarmuka yang memungkinkan anda memilih salah satu halaman diantara beberapa halaman yang tersimpan Tengah : fasilitas antarmuka yang menmapilkan image halaman yang di-scan, Omnipage menampilkan halaman yang di-scan dalam bentuk bagian-bagian paragraf, dan memungkinkan anda untuk mengubah perbagian demi perbagian Kanan : fasilitas antarmuka yang menampilkan hasil suntingan hasil dokumen. Disini anda dapat mengubah jenis dan ukuran huruf teks sehingga tidak ada lagi yang perlu dikoreksi.

34 Membaca proof halaman yang di-scan Sebelum meng-Export hasil scan dokumen anda ke Microsoft Word, sebaiknya anda membaca proof halaman tersebut. OmniPage OCR Proofreader akan secara otomatis akan menemukan kata-kata yang tidak terdapat dalam kamus. Anda dapat memilih pengabaian atau penerimaan saran-saran OmniPage. Anda juga dapat menutup OmniPage OCR Proofreader jika tidak ada yang perlu diubah.

35 Menyimpan halaman yang di-Scan Setelah Anda selesai membaca proof semua halaman yang discan, OmniPage akan menyimpan file halaman yang telah di-scan : Tulis nama file pada kolom File Name Pilih Format penyimpanan file yang diinginkan pada pop-up Save as type, umumnya file disimpan dalam format “ doc ” Temukan lokasi untuk menyimpan file tersebut dengan cara menelusuri pop-up Save in Klik OK

36 Memindai (Scanning) Gambar

37 Setelah melakukan install driver scanner yang kita miliki, kemudian kita dapat melakukan scanning terhadap suatu image (gambar, foto, dan lain-lain. Langkah-langkahnya adalah : Letakkan image diatas lensa scaner, Klik start>Program>Arcsoft Photo Studia 200>photo studio 2000 Kemudian akan tampil photo studio Tunggu beberapa saat mesin scanner bekerja Kemudian muncul tampilah halaman yang di-scan Bila gambar ingin dipotong, klik icon crop>kemudian cropping bagian gambar yang akan dipotong Untuk dapat disimpan dalam bentuk file, klik tombol clear Klik menu file>Save as Isikan nama file dengan extention jpg, lalu klik Save

38


Download ppt "MODUL 3. MENGOPERASIKAN PERIFHERAL Modul 3 : PERIFHERAL KOMPUTER Perifheral komputer adalah ; Semua perlatan yang terhubung dengan Komputer baik yang."

Presentasi serupa


Iklan oleh Google